Tips

Trik Beli Oleh-oleh saat Liburan

Apa kalimat pertama yang diucapkan orang saat tahu kita pergi traveling? “Jangan lupa oleh-oleh, ya!” pasti jadi salah satu jawabannya. Maklum, tradisi yang satu ini memang sudah jadi ‘kewajiban’. Atas dasar itikad baik, rasanya nggak enak jika belum beli oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Tapi tentu saja, keputusan untuk membeli oleh-oleh atau nggak, menjadi hak masing-masing travelers. Nah, buat kamu yang memang terbiasa membeli oleh-oleh saat traveling tapi nggak ingin pengeluaran jadi membengkak, yuk, simak trik ala pegipegi berikut ini!

1. Riset kecil-kecilan
Saat proses menyusun itinerary, sempatkan juga untuk cari tau tentang oleh-oleh khas dari kota atau negara yang akan kamu kunjungi. Mulai dari makanan, aksesori, sampai barang kerajinan khas setempat. Nggak ada salahnya juga untuk cari tahu tempat mana saja yang menawarkan harga murah dan komplet. So, di satu tempat kamu bisa belanja sekaligus dan nggak perlu keliling lagi—hemat waktu dan tenaga. Satu yang pasti, hindari membeli oleh-oleh di bandara karena harganya meningkat drastis!

2. Siapkan bujet khusus
Sebelum pergi traveling, biasakan kamu sudah membuat anggaran biaya untuk masing-masing kebutuhan. Mulai dari akomodasi, transportasi, makan, hiburan, shopping, dan juga membeli oleh-oleh. Belilah sesuai kebutuhan, sesuaikan dengan bujet yang ada. Sementara untuk barang titipan, usahakan untuk meminta uangnya terlebih dahulu sebelum kamu berangkat traveling. Memangnya mau, makan cuma sekali sehari gara-gara uang habis untuk beli barang titipan teman? Apalagi risiko nggak langsung dibayar, tuh!

www.huffingtonpost.com

www.huffingtonpost.com

3. Buat daftar penerima 

Begitu sampai di tempat tujuan, jangan buang waktu berlama-lama mengingat siapa saja yang harus dibelikan oleh-oleh. Biasakan untuk membuat daftar nama yang akan kita belikan oleh-oleh. Hal ini juga untuk menghindari kemungkinan ada yang tertinggal belum dibelikan oleh-oleh. Mulai dari keluarga, sahabat, sampai rekan kerja di kantor. Paling aman, sih, membeli souvenir berupa gantungan kunci, magnet kulkas dan kaus oblong bertema daerah atau negara yang kamu kunjungi, tuh. Untuk rekan kerja, belikan camilan dan cokelat kemasan besar pastinya jadi favorit, tuh.

blog.roverimages.com

blog.roverimages.com

4. Jangan langsung beli

Sesampainya di tempat beli oleh-oleh, biasakan untuk cari tau harga pasar. Jangan langsung memborong di tempat pertama yang kamu kunjungi. Biasanya, sih, toko yang paling strategis dan berada di depan akan mematok harga lebih tinggi daripada toko yang ada di belakang. Berkelilinglah untuk membandingkan harga, usahakan menawar saat membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus.

5. Sentuhan personal
Sudah lelah, keluar uang, barangnya nggak disukai si penerima, rugi, kan. Untuk menghindarinya, biasakan untuk nggak asal-asalan saat membeli oleh-oleh. Belilah barang yang kamu tahu akan disukai atau dibutuhkan si penerima. Punya adik penggemar klub sepakbola tertentu, belikan merchandisenya. Untuk sahabat yang selalu tampil stylish, pasti senang dapat oleh-oleh aksesori unik khas setempat.

ksmtour.com

ksmtour.com

6. Teliti sebelum membeli

Jangan langsung tergiur ketika ditawari barang yang harganya jauh di bawah harga pasaran. Cek dulu kondisi barang atau makanan yang akan kamu beli. Bisa jadi souvenir yang ditawarkan kondisinya sudah rusak, misalnya cat terkelupas, ada goresan, atau retak. Sedangkan untuk makanan, pastikan belum melewati tanggal kedaluwarsa dan kemasannya tertutup rapat agar nggak merepotkan saat kamu membawanya pulang.

bluegoldtravel.com

bluegoldtravel.com

7. Sadar diri

Inginnya, sih, membeli oleh-oleh untuk semua orang—apalagi jika bujet memang cukup besar. Tapi jangan sampai kamu kerepotan dan traveling jadi terganggu gara-gara kerepotan beli oleh-oleh. Kebayang nggak sepanjang traveling, bukannya menikmati tempat wisata yang ada, kamu malah kerepotan menenteng tas belanja yang isinya oleh-oleh. Belum lagi saat packing pulang, koper nggak muat lagi, akhirnya terpaksa ditenteng. Ingat, maskapai penerbangan umumnya membatasi barang yang dibawa ke kabin pesawat. Risikonya, bayar kelebihan bagasi, atau barang ditinggal di bandara. Rugi!

Nah, sudah siap, kan, dengan strategi untuk membeli oleh-oleh? Jangan lupa, pesan hotelnya di pegipegi, ya! Karena cuma di sini yang bisa kasih harga termurah.

(Visited 664 times, 1 visits today)

Comments

To Top