Tips

Trik Atasi Sakit Telinga di Pesawat

Berencana bepergian dengan pesawat dalam waktu dekat? Buat kamu yang nggak terbiasa, jangan keburu resah membayangkan nggak nyamannya perjalanan dengan pesawat. Telinga terasa sakit, badan pegal-pegal, belum lagi sakit kepala dan perut kembung. Nah, supaya perjalanan naik pesawat terasa nyaman, mulai dari tinggal landas, selama di pesawat ataupun saat mendarat, simak tip ala pegipegi berikut ini, ya!

Sebelum melakukan penerbangan
Travelers, cara-cara di bawah ini dapat dilakukan untuk mencegah rasa nggak nyaman saat bepergian dengan pesawat. Memang, sih, kalau kamu sudah berencana berangkat sejak jauh-jauh hari, bisa lebih memperhatikan kesehatan. Tapi jika kamu harus pergi mendadak—apalagi sedang nggak enak badan, ada baiknya lakukan hal-hal di bawah ini, ya!
1. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, konsumsi vitamin C minimal 3 hari sebelum berangkat. Kekebalan tubuh akan terbentuk dan terasa lebih fit saat bepergian jauh.
2. Untuk menghidari dehidrasi, cukupi cairan tubuh dengan rajin minum air putih, serta mengonsumsi buah-buahan segar. Bisa juga diolah menjadi jus seperti apel, jeruk, semangka, mangga dan lainnya.

expertfitnesstips.wordpress.com

expertfitnesstips.wordpress.com

3. Sebelum berangkat, hindari mengonsumsi alkohol karena membuat tubuh mengalami dehidrasi. Sedangkan minum prebiotik sehari sebelum bepergian justru dianjurkan karena bisa membantu melancarkan pencernaan.
4. Kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk di pesawat sebaiknya dikurangi karena ini bisa mengganggu aliran darah dan berisiko pembekuan darah. Efek jangka sampingnya, kaki terasa pegal, duduk pun jadi nggak nyaman sepanjang perjalanan.
5. Jika kamu mengalami masalah hidung tersumbat atau infeksi saluran pernapasan, jangan lupa bawa semprotan dekongestan sesuai resep dokter. Semprotkan 30 menit – 1 jam sebelum lepas landas untuk meredakan hidung tersumbat dan terhindar dari nyeri telinga.

Mengatasi rasa nyeri di telinga saat penerbangan
Membahas soal rasa nyeri pada telinga yang umum terjadi saat naik pesawat, ternyata penyebabnya karena perubahan tekanan udara saat pesawat lepas landas atau ketika akan mendarat. Untuk penumpang yang memiliki telinga sensitif, hal ini bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah dari hidung ke telinga. Udara ini kemudian terperangkap pada bagian rongga telinga sehingga menimbulkan rasa sakit. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan cara-cara di bawah ini:
1. Telan ludah, minum air, atau mengunyah permen karet saat pesawat lepas landas dan akan mendarat. Hal ini bisa membantu membuka tabung eustachius (saluran penghubung telinga bagian tengah dan bagian belakang), karena otot-otot pada bagian tersebut akan diaktifkan.

www.foxnews.com

www.foxnews.com

2. Untuk mengurangi rasa nyeri pada telinga, kamu juga bisa pakai penutup telinga yang bantalannya empuk agar keseimbangan pada gendang telinga tidak terganggu akibat terjadi perbedaan tekanan udara selama lepas landas dan mendarat.

www.aliexpress.com

www.aliexpress.com

3. Cara terakhir bila rasa nyeri masih melanda walau kamu sudah melakukan cara-cara di atas, jepit hidung dengan satu tangan. Selanjutnya, hembuskan napas dari paru-paru dengan mulut tertutup supaya tekanannya sampai ke saluran penghubung telinga bagian tengah dan bagian belakang agar penyumbatannya terbuka.

(Visited 1,025 times, 1 visits today)

Comments

To Top