Kuliner

Tren Kopi Pesisir Kebumen yang Siap Mendunia

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Nggak heran, perkebunan kopi tersebar luas di banyak daerah, nggak cuma di dataran tinggi, tetapi juga dataran rendah seperti pesisir pantai.

Seperti yang hadir di Kota Kebumen, Jawa Tengah. Sejak lima tahun terakhir, industri perkebunan kopi pesisir pantai di kota ini makin berkembang dengan pesatnya.

Dengan lokasi perkebunan yang hanya berada di tanah setinggi 10-15 meter dari permukaan laut, kopi pesisir yang dihasilkan oleh para petani di Kebumen memiliki rasa yang nggak kalah nikmatnya. Mulai dari aroma hingga tekstur biji kopi terkesan berkelas.

Soal jenisnya, kopi pesisir memiliki varian yang cukup menjanjikan, terutama soal kualitas. Kamu bisa mendapatkan biji kopi terbaik untuk robusta, arabica, liberica, java, dan excelsa di Kebumen, tepatnya di Desa Kucangan, Kebumen.

Berkat penemuan tersebut, kopi pesisir khas Kebumen bisa jadi andalan baru di sektor ekskpor kopi ke luar negeri. Nggak heran, jika Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kebumen mulai bekerjasama dengan para petani kopi untuk membudidayakan kopi pesisir khas Kebumen.

Beda Rasa, Beda Selera

Banyak yang bertanya, bedanya kopi pegunungan sama kopi pesisir apa sih? Untuk menjawabnya, kamu harus mencicipi sendiri keduanya, sih.

Namun yang pasti, menurut para petani, kopi pesisir punya aroma yang lebih kuat. Jika kopi jenis liberica yang ditanam di pegunungan punya aroma seperti sayur, maka kopi pesisir punya aroma tanah yang lebih pekat.

Pada tingkat kemasaman, kopi pesisir jauh lebih kuat ketimbang pegunungan. Namun, kadar kafein kopi pesisir jauh lebih rendah, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi dengan takaran yang lebih banyak.

Untuk cara penyajiannya, sama saja, kok. Yang beda terletak di harganya yang jauh lebih murah ketimbang kopi pegunungan. Dengan kocek Rp 2.000, kamu sudah dapat secangkir kopi pesisir berbagai jenis dengan tambahan gula maupun susu.

Yuk, main ke Kebumen dan coba magisnya kopi pesisir di sana!

Yang mau main ke Kebumen, mampir dulu ke Yogyakarta. Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 50 times, 1 visits today)

Comments

To Top