Destinasi

Tradisi Unik Valentine di Seluruh Dunia

choco

Travelers, tanggal 14 Februari memang selalu menarik perhatian karena dirayakan sebagai Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. Memang, tidak semua kalangan ikut merayakan hari yang disebut hari sarat romantisme itu. Tapi, komersialisasi Hari Valentine tak ayal membuat seluruh dunia seolah ‘tenggelam’ dalam buket mawar merah, cokelat dan kartu ucapan cinta.

Tapi, saat ini kita tentunya tidak akan memperdebatkan soal Valentine yang komersil atau layak tidaknya Valentine dirayakan di negeri Timur.

Pegipegi mau mengajak kamu menengok sejumlah perayaan Valentine yang unik di negara-negara lain. Misalnya, warga Slovenia yang justru sibuk bekerja di perkebunan anggur atau ladang untuk menyambut 14 Februari, atau warga Finlandia yang menjadikan Valentine sebagai perayaan Persahabatan.

Simak satu-satu yuk!

Jepang

choco

Berbeda dengan tradisi Valentine pada umumnya, di Jepang, wanita lah yang memberikan cokelat kepada laki-laki pada tanggal 14 Februari. Hadiah cokelat ini juga dibedakan menjadi Giri-choko, atau cokelat pertemanan yang biasa diberikan kepada teman, rekan kerja atau atasan laki-laki; dan Honmei-choko, yang diberikan kepada pacar, suami atau laki-laki yang mereka sukai.

Satu bulan kemudian, tepatnya pada 14 Maret atau White Day, laki-laki diharapkan balik memberikan cokelat kepada wanita yang memberi mereka cokelat pada hari Valentine. Bukan hanya itu, laki-laki diharapkan mengembalikan hadiah itu setidaknya dengan nilai dua atau tiga kali lebih tinggi, jika mereka memang menyukai si wanita atau menghargai teman wanitanya.

Korea Selatan

jajangmyeon

Tradisi Valentine di Korea Selatan mirip dengan masyarakat Jepang, di mana wanita memberikan cokelat pada tanggal 14 Februari dan laki-laki membalasnya pada 14 Maret. Tapi, warga Korea Selatan punya tradisi khusus untuk mereka yang single. Pada 14 April, atau disebut Black Day, mereka yang tidak menerima apapun pada hari Valentine atau White Day akan pergi ke restoran Cina untuk makan mi hitam (jajangmyeon) dan ‘merenungi’ status single mereka.

Slovenia

fields10

Di Slovenia, Valentine akan disambut dengan warga yang berbondong-bondong mendatangi ladang atau kebun anggur mereka. Pasalnya, St. Valentine merupakan salah satu santo musim semi di Slovenia. Konon, tanaman akan mulai tumbuh pada tanggal 14 Februari, sehingga hari Valentine menandakan hari pertama warga Slovenia kembali ke ladang atau kebun anggur. Perayaan cinta sendiri akan dirayakan setiap tanggal 12 Maret, atau Hari St. Gregory.

Inggris

bay leaves

Wanita-wanita di Inggris Raya punya tradisi kuno yang sarat takhyul terkait perayaan Valentine. Pada tanggal 14 Februari, kaum wanita akan menempelkan empat lembar daun salam di ujung bantal-bantal mereka serta memakan telur, di mana kuning telurnya dikeluarkan dan diganti dengan garam. Tradisi ini dipercaya akan membuat mereka memimpikan calon suami mereka. Selain itu, wanita juga biasa menuliskan nama pacar atau laki-laki yang mereka sukai di kertas dan menaruhnya di bola-bola tanah liat yang akan mereka hanyutkan di air. Biasanya mereka akan menuliskan beberapa nama dan menunggu kertas mana yang akan muncul lebih dulu dari air. Nama yang keluar lebih dulu itu diyakini akan menjadi suami mereka di masa yang akan datang.

Finlandia

friends

Jika di kebanyakan negara Valentine dirayakan sebagai hari untuk pasangan, warga Finlandia justru menyambut 14 Februari sebagai “Ystävänpäivä” atau Hari Persahabatan. Pada hari ini, para sahabat akan mengirimkan kartu atau hadiah kepada satu sama lain. Meski begitu, banyak juga pasangan yang menjadikan 14 Februari sebagai hari pertunangan ataupun pernikahan mereka.

Wales

love-spoons

Berbeda dengan sebagian besar negara yang merayakan Valentine pada 14 Februari, warga Wales punya hari cinta tersendiri yang jatuh pada 25 Januari. Disebut sebagai Hari Dwynwen (santo para pecinta), masyarakat Wales terbiasa menghadiahkan ‘sendok cinta’. Konon, tradisi ini diawali oleh kaum laki-laki Wales (diyakini adalah pelaut) yang senang mengukir sendok kayu dengan indah sebelum memberikannya kepada wanita yang ingin mereka dekati atau nikahi. Desain ukiran mereka pun memiliki arti tersendiri. Contohnya, ukiran berbentuk kunci melambangkan hati si pria, roda melambangkan kerja kerasnya, sementara manik-manik menggambarkan jumlah keturunan yang diinginkan si laki-laki.

(Visited 297 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top