Berita

Tradisi Mudik Cuma Ada di Indonesia?

Nggak berasa, ya, kalau sebentar lagi sudah mau Lebaran! Berarti untuk kamu yang punya kampung halaman, bakal melakukan tradisi mudik dong? Setiap tahun rutin melakukan mudik, apakah kamu tahu soal asal-usul mudik? Cari tahu bareng Pegipegi, yuk!

Sudah ada sebelum zaman Kerajaan Majapahit

Mudik adalah tradisi yang berasal dari para petani Jawa. Pada zaman kerjaaan, mereka yang merantau akan pulang ke kampung halaman untuk membersihkan makam leluhurnya. Momen tersebut juga dimanfaatkan untuk meminta rezeki dan keselamatan.

Pada tahun 70-an barulah ada istilah mudik Lebaran. Ketika itu, Jakarta adalah satu-satunya kota besar yang menjadi tempat para perantau untuk mencari kerja dan mengubah nasib. Pada saat perayaan Idul Fitri, mereka pun mendapatkan liburan yang cukup panjang dan bisa mudik ke kampung halaman.

Berasal dari Bahasa Jawa

Tradisi mudik sepertinya memang cuma ada di Indonesia. Bahkan ada yang berpendapat bahwa mudik berasal dari Bahasa Jawa yang merupakan singkatan dari mulih dilik. Kedua kata tersebut kalau diterjemahkan berarti pulang sebentar. Istilah mudik juga dihubungkan dengan kata ‘udik’ yang berarti kampung, dusun, atau desa. Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa mudik berasal dari Bahasa Betawi yang artinya ‘menuju udik’ atau menuju kampung.

Gimana dengan rencana mudik kamu? Yuk, segera rencanakan dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

Comments

To Top