Event & Festival

Tradisi menyambut Tahun Baru paling unik dari seluruh dunia

7-tradisi-tahun-baru-yang-unik-di-berbagai-belahan-dunia-rev-1

Pesta perayaan Tahun Baru udah berlalu. Gimana, travelers, sukseskah acara pergantian tahun yang kamu rencanakan? Nggak usah terlalu sedih kalo malam Tahun Baru kemarin sedikit ‘kelabu’ gara-gara hujan, kena macet, atau faktor lainnya. Toh kamu masih bisa merancang pesta akhir tahun yang lebih oke lagi di penghujung tahun 2015 nanti.

Nah, berikut adalah beberapa tradisi Tahun Baru paling aneh plus unik dari berbagai tempat di seluruh dunia, yang bisa kamu pake sebagai ide untuk pesta perayaan tahun baru 2016 mendatang.

1.    Membuka pintu lebar-lebar, Filipina
Semua orang pasti kepengen mendapat rejeki, keberuntungan, nasib dan segudang hal-hal baik lainnya di tahun baru, ya nggak sih? Masyarakat di Filipina akan membuka semua pintu di rumah menjelang malam tahun baru agar semua energi negatif dan hal-hal buruk keluar dari rumah, serta mengundang datangnya hal-hal baik dan energi positif untuk masuk ke dalam rumah mereka.

2.    Minum ‘jus abu’, Rusia
Jujur aja deh, siapa di antara kalian yang nggak pernah nyontek waktu ulangan? Dulu waktu masih sekolah, Pegipegi dan beberapa teman yakin kami akan bisa mengerjakan semua soal ulangan dengan menuliskan materi ulangan di selembar kertas, membakar trus memakannya. Aneh? Nyatanya, penduduk Rusia benar-benar melakukan hal ini, travelers. Di malam tahun baru mereka menuliskan semua keinginan mereka di selembar kertas, lalu membakarnya dan memasukkan abu kertas itu sebagai campuran dalam vodka trus meminumnya. O ya, minuman jus abu ini musti diminum sebelum meniup terompet tahun baru. Kalo dilanggar bisa-bisa keinginan mereka nggak akan terkabul!

3.    Melewatkan malam di kuburan, Chile
Tradisi yang menguji nyali ini dilakukan masyarakat Chile yang tinggal di Talca, yaitu sebuah kota di Chile tengah. Meski berbau horor, namun mereka menganggapnya sebagai prosesi yang harus dijalankan jika ingin merayakan tahun baru bersama anggota keluarga yang telah meninggal. Areal pemakaman dibuka beberapa saat menjelang tengah malam agar warga yang ingin bermalam tahun baru di situ bisa datang dan menyiapkan properti yang dibutuhkan. Lilin-lilin dinyalakan di sekitar pemakaman dan para pengunjung dapat menikmati lantunan musik klasik sambil bertahun baru bersama almarhum ayah, ibu atau nenek mereka.

4.    Berenang di danau, Jerman
Berenang di malam tahun baru? Kayaknya biasa banget, ya travelers. Tapi gimana kalo acara berenang ini dilakukan para kakek dan nenek yang memakai kostum lucu-lucu? Kebayang ‘kan serunya! Ya, travelers, beberapa warga lanjut usia di Berlin, Jerman, diberitakan menyambut malam tahun baru kemarin dengan berenang rame-rame di Danau Oranke. Belum jelas sejak kapan tradisi ini mulai dilakukan, tapi yang jelas berenang rame-rame di malam tahun baru bukan tradisi milik warga Jerman saja, travelers.

Sekitar 1000 orang merayakan pergantian tahun dengan rame-rame menceburkan diri ke perairan Pantai Utara Schveningen, Belanda, tepat di jam 12 malam. Sementara di Roma, Italia, empat orang melompat dari Jembatan Cavour yang berketinggian 17 meter untuk terjun ke sungai di tengah hawa yang dingin menusuk tulang.

5.    Melemparkan mebel dari jendela, Afrika Selatan
Tahun baru, perabot baru. Sepertinya itulah yang membuat orang-orang di Afrika Selatan melakukan tradisi ini. Tapi tradisi ini berubah menjadi malapetaka buat orang lain karena perabot lama harus dilemparkan lewat jendela. Dan akibatnya banyak pejalan kaki yang terluka kena meja, kursi atau apapun yang dilemparkan secara serampangan. Kepolisian Afrika Selatan pun jadi kewalahan akibat meningkatnya laporan kecelakaan karena pelemparan perabot di setiap malam pergantian tahun.

Tradisi ini sekarang dinyatakan terlarang di Afrika Selatan, dan mereka yang masih melakukannya akan ditangkap dan dijatuhi hukuman.

6.    Memakai baju putih, Brazil
Perayaan tahun baru di Brazil bukan hanya hura-hura super heboh di Pantai Copacabana, travelers. Pesta pantai itu membuat satu tradisi lain yang dilakukan warga Brazil saat menyambut tahun baru seperti terpinggirkan. Mereka memakai baju berwarna putih di malam tahun baru untuk menyimbolkan harapan untuk masa mendatang. Di malam tahun baru para warga Brazil berjalan kaki menuju pantai dan melemparkan bunga ke laut sambil memanjatkan doa untuk kehidupan yang lebih baik.

7.    Ciuman massal, Italia
St Mark Square di Venesia, Italia, memang terkenal berkat kemegahan pesta kembang apinya. Tapi tradisi yang satu ini sepertinya lebih heboh, travelers. Ribuan orang berciuman di lapangan Kota Piazza begitu lonceng tahun baru berdentang, sebagai tanda sambutan mereka yang penuh cinta pada datangnya tahun baru. Sayangnya belum ada keterangan jelas apakah mereka yang berciuman ini adalah pasangan kekasih atau bukan. Runyam juga ‘kan kalo terpaksa berciuman dengan orang yang nggak kita kenal sama sekali?

Kalo kamu suka tradisi tahun baru yang mana, travelers?

(Visited 549 times, 1 visits today)

Comments

To Top