Event & Festival

Tradisi Makan Bedulang, Pesta Rakyat Belitung yang Bersahaja

Pulau Belitung dikenal sebagai destinasi wisata yang cantik dan unik. Selain memiliki banyak spot alam, khususnya pantai, yang mempesona, Belitung turut hadir dengan beragam kebudayaan masyarakat, salah satunya tradisi Bedulang.

Sebagai informasi, Bedulang adalah tradisi makan bersama masyarakat Belitung yang sudah turun temurun. Digelar tiap kali hari raya Islam seperti Idul Fitri dan Maulid Nabi datang, Bedulang memiliki prosesi makan mengikuti tata cara adat dan etika khas Belitung.

Tiap empat warga saling berhadapan mengelilingi sebuah dulang (nampan bundar) yang berisikan makanan. Keempatnya harus duduk dengan bersila selama menikmati hidangan yang telah tersaji di nampan tersebut.

Biasa digelar di masjid maupun balai desa, tiap nampan berisikan lima hingga tujuh jenis makanan lezat yang diolah oleh warga sekitar. Ragammnya antara lain sayur ikan dalam mangkuk model kuno, ikan nila goreng garing, oseng-oseng, sate ikan, ayam ketumbar, sambal serai, dan lalapan.

Tata caranya nggak cuma berlaku pada proses menikmati makan saja. Pada saat penyajian, para warga memiliki beberapa peran penting, mulai dari kordinator acara atau Mak Panggong hingga Tukang Ngisi Air (petugas air minum). Semuanya melaksanakan tugas sesuai dengan adat dan etika yang berlaku di sana.

Soal Cara Duduk

Tradisi makan Bedulang ini memang sudah ada di Belitung sejak masuknya kebudayaan Islam. Tradisi ini dipertahankan masyarakat sekitar guna menghormati kebersamaan satu sama lainnya.

Tradisi ini pun bukan sekedar bagian dari upacara adat saja. Tetapi juga komunikasi informal antar anggota keluarga maupun warga, sehingga kebersamaan pun terjalin dari titik yang paling dasar.

Berbagai acara yang bersifat sakral seperti pernikahan hingga syukuran pun menggunakan tradisi Bedulang sebagai alat komunikasinya. Jadi, selain dapat menjaga kerukunan, komunikasi antara warga satu dan lainnya tetap mencair.

Satu hal lagi yang paling diperhatikan dari tradisi ini adalah cara duduk.  Jika para lelaki wajib menyilangkan kaki di bagian betis, maka kaum hawa wajib menekuk kaki kiri ke dalam dan kaki kanan ditekuk keluar

Nah, kira-kira ingin ikutan tradisi makan Bedulang ini di Belitung? Pesan tiket pesawat dan cari hotel murah lewat Pegipegi!

cari tiket pesawat ke Belitung cari hotel murah di Belitung

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top