Kuliner

Tongseng Codot, Kuliner Ekstrem Tapi Sehat dari Yogyakarta

Yogyakarta selalu mampu menarik minat para wisatawan buat datang. Nggak cuma soal pariwisata kotanya, tetapi juga kuliner lezatnya dan unik.

Tapi, Yogyakarta nggak cuma dikenal dengan aneka gudeg-nya lho. Kota Pelajar ini juga punya koleksi kuliner ekstrem yang pasti bikin bulu kuduk merinding, salah satunya Tongseng Codot!

Buat yang belum tahu, tongset codot merupakan kuliner tradisional Yogyakarta yang menggunakan daging kelelawar sebagai bahan utamanya. Masakan ini bisa kamu temui di Selatan kota Yogyakarta, atau sekitar daerah Bantul di mana peminatnya cukup banyak, lho!

Foto: Tribunnews

Sepanjang jalan utama kota Bantul, berjejer warung makan tongseng codot yang selalu ramai pembeli. Apalagi, kalau sudah masuk momen liburan panjang.

Gimana nggak ngantri, bayangkan, daging kelelawar yang sudah dikuliti kemudian digoreng dengan bumbu rempah manis-gurih sebelum dihidangkan hangat dengan nasi putih. Terdengar ekstrem, tapi percaya deh rasanya nyantol di lidah banget!

Foto: daftarwisatajogja

Bagaimana dengan harganya? Murah dibanding dengan macam tongseng lainnya seperti ayam maupun kambing. Satu porsi tongseng codot dibanderol Rp 7,000-8,000 belum termasuk nasi hangatnya.

Banyak Khasiatnya

Meski termasuk kuliner ekstrem, tongseng codot punya banyak khasiatnya, lho! Khususnya buat kesehatan tubuh.

Medis menyebut daging kelelawar bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asma. Di mana, kandungan zat kitotefin dan omega 3 bakal membantu melancarkan sistem pernafasan, terutama pada area tenggorokan sampai ke bagian dalam.

Foto: kompas

Selain itu, daging kelelawar bisa jadi obat ampuh untu menyembuhkan alergi, baik dalam maupun kulit. Kandungan dua zat tersebut bakal memancing tubuh untuk memproduksi antibodi yang siap menangkal segala racun jahat dari luar.

Jadi, nggak cuma nikmat, tongseng codot sangat bersahabat buat kesehatan kita. Nah, kira-kira tertarik buat menyantap tongseng kelelawar?

Foto utama: kooliner

Pengin cobain kuliner ekstrem di Yogyakarta? Yuk, liburan aja ke Yogyakarta! Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat berkuliner!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto utama:

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top