Tips

Tips Trekking untuk Pemula

Kamu termasuk traveler yang suka tantangan dan senang mencoba hal-hal baru? Mengapa tidak mencoba trekking sebagai kegiatan pengisi waktu pada liburan kamu berikutnya? Selain membuat tubuh jadi makin sehat, kamu akan merasakan dan mendapat berbagai pengalaman berharga di sepanjang perjalanan!

foto: www.balitrekkingtour.com

foto: www.balitrekkingtour.com

Tapi, karena masih pemula dan belum banyak pengalaman yang ada kaitannya dengan trekking, ada baiknya kamu baca tips yang telah kami rangkum dari berbagai sumber di bawah ini agar perjalanan kamu makin menyenangkan.

1. Berlatih
Jangan coba-coba melakukan trekking di gunung berketinggian ekstrim jika pengalaman trekkingmu masih nol. Lebih baik coba lakukan trekking di rute jarak pendek untuk mengetahui seberapa jauh kekuatan fisikmu. Sesudah itu coba lakukan trekking di tempat-tempat yang jaraknya lebih jauh, misalnya ke dalam hutan atau berjalan menyusuri pantai. Lambat laun kamu akan menemukan cara mengatur tenaga dan pernafasan, sehingga langkah kakimu akan menjadi lebih cepat dan tidak terlalu sering berhenti untuk istirahat.

2. Alas kaki
Inilah sebab mengapa perencanaan sebelum melakukan trekking adalah hal yang penting. Dengan membuat perencanaan ke mana kamu akan melakukan trekking, dengan sendirinya kamu mengetahui daerah yang akan kamu tuju, apakah termasuk hutan basah, pegunungan atau pantai. Gunakan alas kaki yang sesuai dengan medan tujuan agar perjalanan tidak terhambat. Misalnya ketika kamu ingin trekking ke dalam hutan, hindari memakai sandal jepit atau sandal gunung untuk menghindari resiko kaki digigit lintah. Lebih baik, pilihlah alas kaki yang memiliki daya cengkram kuat seperti sepatu boots. O ya, jangan lupa memeriksa alas kaki yang kamu gunakan dan pastikan tidak ada bagian yang mengalami kerusakan.

3. Pakaian
Tips selanjutnya adalah kamu perlu memperhatikan pakaian yang kamu gunakan saat melakukan trekking. Kalau kamu mau trekking di sekitar hutan yang terletak di pegunungan, jelas nggak mungkin kalau hanya pakai tank top atau celana pendek saja. Selain mengenakan celana panjang khusus untuk kegiatan outdoor dan kaus, tentu saja kamu harus memakai jaket dan topi agar tidak kepanasan. Tapi perhatikan juga jenis jaket yang kamu pakai, karena kamu bisa kepanasan dan kelelahan jika jaket yang kamu bawa terlalu tebal.

4. Olahraga
Modal utama bagi setiap pecinta trekking adalah kaki, dan penting bagimu untuk melatih kekuatan kaki setiap saat. Kaki yang kuat bukan hanya membuat kamu berjalan jauh kemana saja kamu suka, namun juga meringankan beban kawan seperjalanan. Misalnya saja, kamu melakukan trekking secara berkelompok dan kalian harus berisitrahat beberapa kali karena kamu cepat merasa lelah. Hal ini bisa saja merugikan rekan-rekan seperjalanan karena mungkin mereka tidak menyiapkan cukup bekal dan peralatan untuk berkemah di dalam hutan. Beberapa jenis olah raga yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat daya tahan kaki adalah berenang, jogging atau scot jump.

5. Bekal dan peralatan
Selain membawa makanan dan minuman, kamu juga perlu membawa losion anti nyamuk, peta, alat komunikasi dan juga senjata (hanya jika kamu berencana melakukan trekking di suatu lokasi yang belum terjamah tangan manusia sebelumnya, dan kamu benar-benar memiliki pengetahuan tentang cara menggunakannya). Alat komunikasi yang sebaiknya kamu bawa adalah walkie talkie atau ponsel dengan daya jangkauan sinyal yang kuat. Bawalah tenda dan peralatan tidur praktis seperti sleeping bag jika kamu berencana bermalam di tengah perjalanan.

Nah, travelers, sukses dengan trekking kalian ya! Untuk mencari tiket pesawat murah, jangan lupa kunjungi Pegipegi supaya bisa mendapat harga terbaik….

(Visited 465 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top