Tips

Tips Traveling Yang Boleh Dilanggar

Sebagai traveler, kamu tentu sering mencari tahu tips-tips terbaru untuk mendukung kegiatan traveling kamu. Tapi, jangan salah, tidak semua tips hukumnya wajib lho. Ada beberapa tips populer yang sebenarnya boleh kamu langgar. Apa saja sih?

“Jangan pesan hotel dari jauh-jauh hari”

hotel reception comp_0

“Bersikaplah spontan! Coba berpetualang!” Mungkin begitu nasihat dari sejumlah forum travel. Tapi, hati-hati lho, bisa jadi kamu malah tidak punya tempat menginap karena ternyata daerah yang kamu kunjungi sedang ada acara besar yang menyebabkan kamar-kamar hotel penuh. Memang, bersikap fleksibel dibutuhkan dalam traveling, tapi pastikan kamu sudah tahu dimana akan menginap supaya tidak buang waktu untuk mencari hotel on the spot.

“Lewatkan tempat-tempat ‘turis'”

touristy spots

Saat ini, semakin banyak traveler menghindari atraksi wisata terkenal yang banyak didatangi turis. Lebih baik mencari tempat yang belum dikenal banyak orang, karena lebih terkesan eksklusif. Tapi, di beberapa kesempatan, kita memang menjadi turis. Walaupun kita juga senang mencari tempat-tempat ‘rahasia’ yang belum diketahui kebanyakan turis, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata terkenal. Kalau kamu baru pertama kali ke Bali, sayang sekali kalau tidak mengunjungi Pantai Kuta bukan?

“Jangan susun jadwal terlalu padat”

leisure

Sebagian penulis travel menyarankan untuk menyusun jadwal yang ringan saat kamu berlibur, jadi kamu punya banyak waktu untuk bersantai dan bersikap spontan. Walaupun secara teori prinsip ini memang menyenangkan, tapi terkadang kita tidak punya banyak waktu dan bujet saat liburan. Kalau kamu tidak bisa mengambil cuti terlalu lama untuk travel, silakan susun jadwal sebaik-baiknya supaya kamu bisa mendatangi tempat-tempat wisata sebanyak mungkin.

“Pilih hotel di pinggiran kota untuk menghemat”

hotel-rural-uson

Memang, kadang kamu bisa menghemat cukup banyak dengan memilih penginapan yang cukup jauh dari pusat kota tujuan kamu. Tapi, kalau kamu hanya punya sedikit waktu untuk liburan, cara ini justru membuang waktu kamu yang berharga. Lagipula, uang yang kamu keluarkan akhirnya sama saja karena kamu harus membayar ongkos transportasi dari tempat penginapan ke pusat kota.

“Jangan bicara dengan orang asing”

local interactions

Sejak kecil, kita diberitahu kalau mengobrol dengan orang asing adalah berbahaya. Tapi, mengobrol dengan warga setempat adalah kesempatan bagus untuk kamu memiliki teman baru, mendapat rekomendasi soal tempat-tempat rahasia yang belum diketahui banyak turis serta merasakan pengalaman otentik di destinasi kamu. Tentu saja, kamu harus pintar memilih teman baru supaya tidak terjebak dalam keadaan yang tidak diinginkan.

“Jangan makan jajanan di jalan”

food carts2

Tidak perlu menghindari jajanan lokal di jalanan karena kamu takut terserang penyakit saat liburan. Tapi, supaya kamu tetap sehat ketika traveling, pilih jajanan dengan hati-hati. Pilih tempat jajanan yang banyak didatangi warga lokal dan jangan ke tempat jajanan yang terlihat kotor dan tidak sehat. Merasakan jajanan lokal termasuk bagian dari petualangan saat berlibur lho!

(Visited 122 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top