Tips

Tips traveling murah ke Singapura

The Helix Bridge

Singapura, negara tetangga yang kerap jadi pilihan utama para backpacker yang ingin menjajal nge-trip ke luar negeri. Negaranya yang kecil, bersih, nyaman dan sudah maju dibandingkan Indonesia menjadi alasan utama mengapa si Negeri Singa ini sering dijadikan ajang ‘uji nyali’ banyak traveler sebelum menjelajah lebih jauh.

Traveling ke Singapore

Pemandangan dari Merlion

 

Di tengah maraknya trend traveling seperti sekarang ini, bertualang ke luar negeri bukan lagi sekadar mimpi. Dengan banyaknya maskapai yang royal memberikan tiket promo, terbang ke negeri orang bukan hal mustahil, bagi siapa pun. Syaratnya hanya satu, berani!

Yup, memang dibutuhkan keberanian ekstra buat kamu yang ingin mencoba traveling lebih jauh, gak sekadar di dalam negeri. Perbedaan budaya dan bahasa kerap menjadi penghalang kaum backbacker untuk menguji keberaniannya bertualang ke luar negeri. Belum lagi asumsi jalan-jalan negara orang butuh budget lumayan besar yang bikin ngeri kalangan traveler dengan anggaran pas-pasan.

Padahal, traveling ke luar negeri banyak manfaatnya buat si pelancong loh, terutama bagi yang suka melakukan solo traveling. Gak cuma bisa mengagumi kemajuan negeri orang, kamu juga bisa dapat teman baru saat perjalanan, belajar budaya negara yang dikunjungi yang bisa kamu terapin saat balik ke Tanah Air.

Nah, buat kamu yang keukeuh ingin melancong ke luar negeri, gak ada salahnya kok menguji diri sendiri nekat demi menghilangkan rasa penasaran.

Buat pemula, backpacking ke Singapura dianggap menjadi destinasi sempurna. Lokasinya yang gak terlalu jauh dari Indonesia, perbedaan budaya yang gak begitu mencolok serta banyaknya wisatawan dari Tanah Air bakal membuat kamu betah jalan-jalan ke Negeri Singa.

Singapura merupakan negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya. Luasnya cuma 710,2 km2, lebih kecil dari Jakarta yang memiliki luas 140 km2. Karena wilayahnya yang gak terlalu luas inilah, kamu gak butuh waktu banyak buat mengelilingi Singapura. Liburan akhir pekan bisa kamu manfaatin untuk menjelajah Negeri Singa, kalau sulit mendapat cuti untuk berlibur saat weekday.

Menikmati ‘murahnya’ Singapura

Meski diklaim sebagai negara dengan biaya hidup tinggi, Singapura termasuk yang ramah buat para pelancong. Di sini cukup banyak tempat-tempat cantik yang bisa diakses gratis wisatawan.

  1. Buat yang baru pertama ke Singapura, wajib hukumnya datang ke Merlion Park. Siapa sih yang gak tahu patung ikan berkepala singa yang udah kesohor di kalangan backpacker? Sepertinya gak lengkap kalau kamu ke Singapura tanpa foto dengan latar belakang di Merlion ini. Akses ke Merlion juga gampang dicapai dan kamu gak perlu merogoh kocek sepeser pun untuk menikmati keindahannya.
  1. Berjalan sedikit dari Merlion Park dengan menyusuri jembatan The Helix Bridge, kamu bakal disuguhkan pemandangan spektakuler berupa menara kembar tiga atau yang lebih dikenal dengan Marina Bay Sands. Bangunannya unik, seperti kapal pesiar dan menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berfoto di sini. Kalau sudah malam, kamu bisa menjadi saksi betapa Singapura memanjakan wisatwannya dengan pertunjukan Wonder Full: Light & Water Spectacular. Gak cuma gratis, suasana romantis pun bisa kamu dapetin di sini.

    The Helix Bridge

    The Helix Bridge. Foto: www.thousandwonders.net

  1. Masih di kawasan Marina Bay Sands, kamu kembali bakal dibuat takjub dengan kemajuan si negara tetangga. Gimana enggak, di balik bangunan nan megah tersebut, terdapat sebuah taman yang gak kalah eloknya, yakni Gardens by the Bay. Di sini kamu bisa leluasa menjelajahi taman seluas 100 hektar tanpa dipungut biaya dan asyik berfoto di sekitarnya. Kalau punya budget lebih, naik ke Supertree Grove ataupohon raksasa dan melintasi jembatan Skyway boleh juga. Kamu hanya perlu merogoh kocek lima dollar aja kok.
  1. Seperti yang udah disinggung di atas, menyambangi negeri orang adalah momen tepat buat traveler belajar hal baru. Itulah yang bisa kamu dapetin saat berkunjung ke Singapura yang memiliki bendungan Marina Barrage. Gak cuma cantik dan sedap dipandang mata, tempat ini memiliki fungsi vital sebagai pusat sistem pengairan Singapura. Di dalamnya, kamu bisa tahu bagaimana negara kecil seperti Singapura bisa menjaga keseimbangan dengan alam.
  1. Satu lagi tempat yang wajib kamu kunjungi saat backpacking ke Singapura adalah Sentosa Island, kawasan resort dan tempat wisata yang sudah sangat populer di Singapura. Di sinilah Universal Studios Singapore berada yang selalu menjadi tujuan para pelancong. Buat kamu yang datang dengan anggaran pas-pasan, gak perlu khawatir. Meski gak bisa menikmati permainan di Universal Studios, kamu masih boleh kok berfoto di depan ikon-nya Universal Studiis, yakni sebuah globe raksasa.

Souvenir atau oleh-oleh khas Singapura

Orchard Road Singapore

foto: lightslant.wordpress.com

Puas berjalan-jalan mengunjungi tempat-tempat cantik di Singapura, saatnya buat kamu membeli oleh-oleh buat orang tercinta. Kalau wisata saja maunya gratis, berarti kamu juga harus jeli dalam memilih buah tangan.

Terkenal dengan tempat belanjanya orang Indonesia, Singapura punya kawasan Orchard Road. Di sini berjejer toko dan mall yang menjual barang-barang ber-merk. Sayangnya, belanja di sini bisa bikin kantong kamu jebol. Nah, untuk menyiasatinya kamu bisa datang ke Bugis Street, tempat belanja yang wajib dikunjungi.

Di sini kamu bisa belanja oleh-oleh mulai dari pakaian, aksesoris sampai makanan. Barang-barang di sini harganya miring dan lokasinya pun gak jauh dari Orchard Rd, cuma 15 menit dengan berjalan kaki.

Buat pecinta cokelat, datang ke Mustafa center juga wajib masuk daftar itinerary kamu. Di sini kamu bisa nemuin aneka cokelat khas Singapura maupun dari negara lain dengan harga terjangkau. Asyiknya lagi, tempat ini buka 24 jam loh.

Tips traveling hemat ke Singapura

Makin tertarik terbang ke Singapura tapi masih galau? Tenang, pegipegi bakal kasih kamu beberapa tips biar liburan kamu ke Negeri Singa tetap menyenangkan meski dengan anggaran pas-pasan. Ada tiga hal penting yang wajib kamu perhatikan sebelum mengangkat ransel terbang ke Singapura, yakni tiket pesawat, penginapan serta transportasi selama di sana.

Untuk urusan tiket, kamu gak perlu takut lagi keluar uang banyak. Saat ini naik pesawat dengan harga terjangkau sudah bukan lagi sekadar mimpi. Banyak kok maskapai penerbangan yang royal memberikan diskon buat calon penumpangnya. Memang sih, periode keberangkatan yang ditawarkan biasanya lumayan jauh dari tanggal pemesanan. Tapi, gak ada salahnya kan memesan tiket jauh hari, sambil kamu juga terus nabung buat trip ke Singapura.

Sementara untuk urusan tidur, yang namanya backpacker, buang jauh-jauh pikiran menginap di hotel mewah, apalagi di Singapura yang harga sewanya selangit. Untuk itu, menginap di hostel murah bisa menjadi pilihan buat menekan budget liburan. Tenang, di Singapura banyak pilihan hostel murah namun tetap aman dan bersih.

Kalau di Indonesia kamu malas pakai transportasi umum dan lebih suka naik taksi, maka di Singapura hal itu haram kamu lakukan. Naik taksi sama aja menghabiskan sebagian besar anggaran kamu. Maka menggunakan bus atau MRT bisa jadi solusi buat menghemat uang. Atau kalau jarak dari satu tempat tujuan ke tempat lainnya gak terlalu jauh, ada baiknya kamu jalan kaki sambil menikmati setiap sudut Singapura. Selain makin irit, sisi positif lainnya adalah olahraga, sambil mengambil sudut sudut cantik untuk dipotret.

So, liburan ke Singapura yang katanya memiliki biaya hidup tinggi gak perlu mahal kan?

 

(Visited 2,306 times, 1 visits today)

Comments

To Top