Tips

Tips Traveling Aman di Negeri Orang

Sedang merencanakan liburan ke luar negeri? Sebaiknya jangan hanya memikirkan masalah akomodasi, transportasi dan logistik saja, travelers. Kamu juga harus mengantisipasi keamanan sejak dini supaya kamu bisa menikmati liburan dengan nyaman dan tenang.

Untuk itu, Pegipegi sudah merangkum hal-hal yang harus kamu persiapkan atau lakukan agar tetap aman saat liburan ke luar negeri.

Berikan salinan itinerary kamu kepada keluarga atau teman dekat

Travel-Itinerary

Ada baiknya kamu mengirim email atau memberikan copy itinerary kamu selama liburan kepada keluarga atau teman dekat sebelum berangkat. Selain membuat keluarga kamu tenang karena tidak perlu menelepon setiap hari untuk menanyakan kabar, keamanan kamu juga lebih terjamin karena orang-orang terdekat bisa dengan cepat bertindak jika sampai terjadi sesuatu pada diri kamu.

Pisahkan uang kamu

Jangan simpan kartu kredit dan uang tunai di tempat yang sama. Simpan sebagian uang tunai kamu di dompet dan simpan sebagian lainnya di tempat lain yang aman. Kartu kredit kamu juga bisa diletakkan di tempat berbeda sehingga meminimalisir risiko jika kamu kehilangan salah satu dompet atau kantong penyimpanan.

Scan paspor dan dokumen penting

Kehilangan dokumen-dokumen penting bakal membuat liburan kamu seperti mimpi buruk. Tapi, jika kamu membuat copy dari dokumen itu sebelum berangkat liburan, setidaknya kamu bisa mempercepat proses penggantian dokumen. Ada baiknya menyimpan soft copy dokumen-dokumen tersebut secara online, sehingga (kalau kamu begitu ceroboh dan menghilangkan salinannya) kamu masih bisa mengandalkan internet untuk mencetaknya.

Siapkan asuransi perjalanan

wpid-67f8d12f7123394ba3a2c4ba3b231393

Kecelakaan atau kondisi sakit bisa terjadi dimana saja, dan tidak semua asuransi pribadi bisa meng-cover biaya medis di luar negeri. Jika kamu berencana bepergian untuk waktu yang cukup lama, ada baiknya kamu mencari informasi lengkap seputar asuransi perjalanan yang cocok untuk kebutuhan serta bujet kamu.

Pelajari budaya dan norma setempat

Setiap negara punya budaya serta norma tersendiri. Meskipun bagi kamu ‘bermain-main’ dengan bayi orang yang tidak dikenal di jalan adalah hal normal, tidak demikian bagi orang-orang asing seperti warga Amerika Serikat atau Eropa yang terkenal lebih menjaga privasi. Atau memakai pakaian terbuka saat berjalan-jalan di negara Timur Tengah. Pelajari dulu kebudayaan negara yang akan kamu datangi supaya kamu tidak menyinggung masyarakat setempat.

Jangan melewati jalan pintas

Meskipun kamu mulai nyaman di negara tempat kamu berlibur, jangan ‘sok tahu’ dan mencari jalan pintas untuk memangkas waktu. Demi keamanan kamu sendiri, lebih baik  tetap berada di jalur yang sudah diketahui dan ramai dilalui orang.

Simpan nomor-nomor telepon darurat

EmergencySign

Jangan lupa untuk mencari tahu nomor-nomor telepon yang bisa dihubungi pada saat situasi darurat seperti: kantor kedutaan terdekat, kantor polisi atau pemadam kebakaran, rumah sakit atau klinik terdekat, keluarga atau kerabat (kalau ada).

Jaga kesehatan

Jika kamu memiliki obat resep khusus yang harus dikonsumsi, pastikan obat itu termasuk legal di negara tujuan kamu. Kamu juga bisa mendatangi rumah sakit untuk mendapatkan suntikan khusus jika negara tujuan kamu menyarankannya.

Jangan membelai hewan liar

AP_romanian_stray_dogs_jef_130913_16x9_992

Walaupun kamu seorang pecinta binatang, tapi sebaiknya kamu menahan diri untuk tidak membelai-belai hewan liar di negara lain. Meski terkesan sepele, tapi hal ini bisa saja membahayakan keselamatan kamu.

Tuh, tipsnya berguna kan, travelers? Jadi sudah siap liburan ke luar negeri dong….pilih dulu hotel-hotelnya di sini yuk!

(Visited 233 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top