Tips

Tips Travel Keliling Dunia

travelling-around-the-world-in-a-budget

Backpacking in Europe

Kamu akhirnya memutuskan melakukan perjalanan keliling dunia. Tentunya kamu diliputi antusiasme luar biasa untuk menjelajah berbagai negara dengan ragam budaya dan panorama yang indah. Tapi, sebelum memulai perjalanan, ada baiknya kamu simak dulu beberapa tips ini supaya impian kamu benar-benar terwujud:

1. Jangan pergi hanya untuk mengumpulkan cap paspor

Kalau kamu baru pertama kali melakukan perjalanan seperti ini, buat rencana yang sederhana dan masuk akal. Traveling keliling dunia berarti mengenal budaya setiap negara yang dikunjungi, artinya kamu harus menghabiskan waktu di setiap negara setidaknya selama satu minggu.

Memang, perjalanan seperti ini memakan waktu yang tidak sedikit. Karena itu, kamu harus benar-benar membuat rencana yang matang. Jangan terburu-buru karena kamu ingin mengumpulkan cap paspor banyak negara dalam waktu singkat. Perjalanan keliling dunia adalah kesempatan kamu mendapatkan pengalaman berarti mengenal budaya negara-negara lain, dan kamu tidak bisa melakukannya dalam waktu yang sempit.

2. Buat rencana, tapi tetap bersikap fleksibel

Dalam melakukan perjalanan besar seperti ini, rencana jelas sangat dibutuhkan. Ini membuat kamu lebih fokus selama perjalanan. Tapi, terkadang muncul situasi tak terduga yang mungkin tidak sesuai dengan rencana kamu. Misalnya, kamu berniat mengelilingi Thailand selama dua minggu sebelum menuju Kamboja. Tapi, kamu begitu tertarik dengan budaya dan makanan Thailand dan ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi di sana. Silakan, lakukan saja, jangan terlalu kaku mengikuti jadwal kalau memang hal itu penting bagi kamu.

3. Tinggalkan laptop dan tablet kamu di rumah

Memang, ini bisa menjadi tantangan berat untuk kamu yang begitu tergantung dengan gadget. Bagaimana kalau kamu ingin posting foto di Instagram? Atau ‘memamerkan’ petualangan kamu di Path? Percaya atau tidak, kamu tidak butuh semua itu. Satu smartphone sudah cukup untuk menghubungkan kamu dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Kamu juga bisa sesekali mengecek social media. Tapi, terlalu banyak gadget akan menghalangi kamu merasakan pengalaman otentik di setiap negara yang kamu kunjungi. Ingat, pengalaman nyata jauh lebih berarti lho ketimbang mendokumentasikannya ke social media.

4. Vaksinasi

Terkadang, penulis travel profesional juga melupakan tips ini. Tapi, sebaiknya jangan sampai kamu lupa untuk melakukan vaksinasi supaya kondisi tubuh kamu selalu optimal dalam melakukan perjalanan.

5. Jangan jadi ‘travel snob’

Banyak traveler enggan menginjakkan kaki di obyek-obyek wisata populer seperti Menara Eiffel di Paris, Tembok China di Beijing atau Kolosium di Roma dan lebih memilih mengeksplorasi tempat-tempat yang tidak tercantum dalam peta. Tapi, ada alasannya obyek-obyek wisata populer itu selalu menjadi incaran turis. Karena mereka memang istimewa dan keindahannya bisa diapresiasi semua orang. Kamu punya banyak waktu mengeksplorasi tempat-tempat ‘liar’ yang tidak masuk dalam peta. Tapi, percayalah, kamu akan menyesal kalau tidak mengunjungi Menara Eiffel ketika berada di Paris.

Sudah memutuskan negara mana saja yang akan kamu kunjungi, travelers? Coba cek tiket pesawatnya di sini yuk!

(Visited 196 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top