Tips

Tips Touring Asik dengan Motor

touring-berkelompok

Travelers, mengunjungi tempat baru memang menyenangkan ya. Kalau pengin nyaman, pilihannya tentu dengan naik mobil atau bahkan ikut travel agent karena kita terima beras. Tapi kalau pengin suasana berbeda, kamu bisa pilih motor lho. Nah jika kamu hobi naik motor, nggak ada salahnya kok menjelajahi tempat wisata dengan kendaraan roda 2. Kamu bisa melakukannya sendiri atau bareng komunitas bikers. Tapi sebelum berangkat, kamu wajib menyiapkan semua dengan cermat biar tidak timbul masalah di tengah jalan. Nih Pegipegi punya rekomendasinya buat kamu. Simak baik-baik ya.

1. Cek kondisi motor

cek-kondisi-motor-sebelum touring

Pertama, sebelum berangkat yang pertama harus dicek tentu saja kondisi motor. Kan nggak lucu kalau sudah lama nggak servis kamu langsung cabut begitu saja. Ini penting banget dilakukan lho travelers. Kalau tidak bisa melakukannya sendiri, mendingan kamu pergi ke tempat servis motor langganan. Mereka akan memeriksa semua onderdil hingga yang paling detail agar semua bisa berfungsi.

2. Rencanakan dan atur barang bawaan 

Setelah kondisi motor prima, kamu juga perlu menyiapkan barang bawaan. Kalau acara touring hanya seharian, kamu tidak perlu bawa banyak bekal. Tapi kalau harus menginap, tentu kamu harus memikirkan barang untuk bersih-bersih, seperti sabun, odol, sikat gigi, dan handuk. Sedangkan baju cukup satu setel saja karena kamu hanya perlu untuk ganti setelah seharian berkeringat. Namun kalau harus menginap beberapa hari, pertimbangkan untuk membawa 2 setel untuk ganti. Siapkan juga makanan ringan, air minum, dan jaket yang dapat menahan angin, sekaligus menghangatkan tubuh.

 

3.Rencanakan akomodasi (penginapan, dkk)

Kalau berniat menginap saat touring, kamu juga perlu merencanakan akomodasi, seperti dimana akan menginap. So, jauh-jauh hari harus mencari penginapan atau hotel. Perlu diperhatikan juga untuk mencari penginapan yang memberi layanan laundry agar kamu tidak menyimpan baju kotor.

 

4. Bawa Peta, Kompas & GPS, siapkan rute!

Foto 2 Tips Touring

Jangan lupa bawa peta, kompas, dan GPS. Ini penting lho travelers karena kamu akan touring ke tempat-tempat baru yang bisa saja menggunakan jalur alternatif untuk mempersingkat perjalanan atau rute yang harus ditemu memang demikian. Dengan peta, kamu bisa mencari jalan keluar kemana akan pergi sehingga ada patokan yang jelas. Kalau punya GPS juga makin bagus karena bisa membantu. Namun jangan berharap banyak pada GPS karena bisa jadi lokasi yang kamu tuju tidak ditemukan. Cara manual dengan memanfaatkan peta dan kompas malah lebih aman.

Ketika semua sudah siap, kini kamu dapat meluncur untuk touring. Travelers, saat berangkat kamu disarankan untuk memulai pagi-pagi atau setelah subuh karena saat itu hari masih gelap, lalu lintas masih lowong, dan yang pasti udara masih segar. Helm, sarung tangan, kacamata, penutup hidung dan penutup telinga juga harus dipakai untuk kenyamanan saat berkendara. Pastikan semuanya terpasang dengan baik agar kamu bisa fokus melihat jalan tanpa harus mengotak-atik helm, dan perangkat keselamatan lain.

5. Patuhi rambu lalu lintas & peraturan kelompok

sinyaup

Mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan selalu bersama dalam satu kelompok dengan sobat-sobatmu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalian juga bisa saling memberi kode bila membutuhkan sesuatu atau ingin mengatakan sesuatu.

Berhentilah untuk beristirahat ketika badan sudah merasa lelah atau sudah mengantuk. Jangan memaksakan diri melanjutkan perjalanan kalau kondisi tidak fit karena ini berbahaya, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Kalau perjalanan masih jauh, kamu bisa beristirahat dulu di pom bensin sambil mengecek kendaraan. Namun kalau hari telah gelap, kamu harus segera menginap untuk bisa beristirahat agar esok hari dapat melanjutkan perjalanan.

Bagaimana travelers? Sudah jelas kan. Melakukan touring memang mengasyikan. Tapi kuncinya semua keadaan harus terkendali sehingga kamu bisa menikmati petualangan dengan sepeda motor kesayanganmu. Selamat berpetualang!

(Visited 1,505 times, 1 visits today)

Comments

To Top