Tips

Tips tetap sehat selama traveling ke luar negeri

Jalan-jalan ke luar negeri? Amboi, indahnya! Tapi gimana kalo tiba-tiba migrain atau asma kamu kumat pas lagi naik kereta keliling Eropa atau waktu sedang berfoto narsis di depan Taj Mahal? Wah, enggak banget deh. Namanya sakit memang kerap datang tak diduga, travelers. Namun, tentunya kita memiliki beragam cara pencegahan agar jangan sampai sakit datang saat kita sedang asyik menikmati suasana traveling. Kita simak yuk, tips – tips dari pegipegi.com berikut ini!

foto: awayishome.com

foto: awayishome.com

1.     Rencanakan semuanya
Biasakanlah dirimu untuk selalu membuat rencana sebelum berangkat traveling kemana pun, termasuk ketika jalan-jalan ke luar negeri. Dengan membuat rencana kamu akan mengetahui hotel atau penginapan yang sebaiknya kamu pilih, tempat makan terdekat dengan hotel, fasilitas kesehatan di sekitar hotel, dan lain sebagainya. Ini bermanfaat untuk mengantisipasi jika  kamu sudah jalan – jalan dan mendadak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2.     Tetap makan rutin dan nutrisi seimbang
Jangan mentang-mentang kamu sedang jalan ke luar negeri trus kamu meninggalkan kebiasaanmu di Tanah Air, travelers. Tetaplah makan tiga kali sehari, meski lidahmu kurang cocok dengan cita rasa kuliner di negara yang kamu kunjungi. Nggak ada nasi? Jangan galau! Makanan yang terbuat dari kentang, telur dan gandum bisa kamu pilih sebagai pengganti nasi, kok. Usahakan juga nutrisimu tetap seimbang, meski kamu harus menghemat pengeluaran untuk makan. Asupan sayur dan buah – buahan usahakan tetap kamu jaga agar kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral terpenuhi.

3.     Bawa cairan pencuci tangan
Setiap harinya, tak terhitung kuman dan bakteri yang hinggap di kulit kita dan berpotensi menyebabkan diare beserta gangguan perut lainnya. Untuk mengantisipasi, bawalah selalu cairan pencuci tangan di dalam backpackmu dan gunakan setiap kali kamu mau makan.

4.     Banyak minum air putih
Tubuh yang cukup mendapat air putih akan lebih tahan terhadap serangan virus dan tetap bugar di berbagai kondisi cuaca.
Sebelum berangkat, bawa dua tempat air minum sehingga kamu bisa mengisinya dengan air sebelum pergi ke suatu tempat. Ini dapat kamu terapkan jika ingin menghemat ongkos daripada harus membeli air kemasan setiap kali bepergian.

5.     Pilih-pilih makanan/ minuman
Jalan-jalan ke luar negeri nggak lengkap tanpa mencicipi masakan khas negara yang kita kunjungi. Tapi berhati-hatilah, travelers. Nggak semua makanan cocok untuk pencernaanmu, jadi pastikan kamu tahu terbuat dari apakah makanan/ minumanmu sebelum memakan/ meminumnya, serta siapkan obat pertolongan pertama seperti obat diare/karbon aktif yang dapat menolongmu saat saat darurat tersebut.

6.     Vaksinasi
Lakukan vaksinasi untuk meminimalisir resiko tertular penyakit yang sedang jadi tren di negara tujuanmu. Vaksin anti radang selaput otak untuk kamu yang mau jalan ke Jepang, vaksin anti tipus dan flu burung kalo mau jalan ke negara-negara Asia Selatan, vaksin anti yellow fever kalo mau traveling ke Afrika, Amerika Selatan dan Amerika Tengah, dan berbagai jenis vaksi lain yang direkomendasikan. Memang akan menambah ongkos liburanmu, tapi jika dibandingkan dengan risiko yang mungkin kamu alami, tentunya ini sangat menghemat biaya untuk perawatan kesehatanmu.

7.  Berolahraga ringan secara teratur

Olahraga menjaga tubuhmu tetap bugar, travelers. Jadi, meski asyik mengunjungi satu objek wisata ke lainnya, jangan lupakan untuk tetap berolah gerak, paling tidak 30 menit dalam sehari. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup berenang ataupun yoga ringan yang tak menguras tenagamu terlalu banyak karena kamu tentunya perlu tenaga tambahan untuk berkeliling di obyek wisata nantinya.

Nah, selamat jalan-jalan ke luar negeri, travelers! Pastikan semua terencana, lebih baik lagi jika kamu membeli tiket pesawat dan booking hotel jauh – jauh hari agar mendapatkan harga yang murah dan kepastian memperoleh tempat tinggal.

(Visited 105 times, 1 visits today)

Comments

To Top