Tips

Traveling Sehat untuk si Penderita Asam Urat

Untuk penderita penyakit tertentu, pastinya butuh persiapan khusus saat traveling supaya bisa tetap menikmati indahnya liburan. Termasuk untuk kamu yang memiliki penyakit asam urat. Kamu tetap bisa menikmati traveling dengan aman dan sehat. Apa yang harus dilakukan, nih? Simak terus bareng Pegipegi, yuk!

Kenali gejala asam urat

Bagi kamu yang sudah mengalaminya, pasti nggak asing dengan gejala asam urat. Namun, masih cukup banyak yang tidak mengetahui gejalanya. Penyakit yang satu ini harus diwaspadai, lho, karena tidak hanya menyerang orang tua. Laki-laki dengan usia 30-an cukup rentan dengan penyakit ini.

Gejala paling umum dari asam urat adalah nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian tubuh. Yang paling sering terasa nyeri adalah sendi lutut, jari tangan, pergelangan kaki, dan jari kaki. Rasa sakitnya bisa berlangsung selama 3-10 hari dan pembengkakan nggak hanya terjadi di sendi, tapi juga di daerah sekitar sendi dan kulit yang memerah.

Apa penyebabnya?

Asam urat bisa terjadi pada orang yang sering mengonsumsi makanan laut, daging merah, jeroan, dan minuman beralkohol. Asam urat juga kerap terjadi pada orang yang sudah menderita diabetes, hipertensi, obesitas, penyakit ginjal yang sudah kronis, dan orang-orang yang memiliki riwayat penyakit asam urat di keluarganya.

Jadi, untuk kamu yang akan traveling dalam waktu dekat, disarankan untuk menghindari alkohol, daging merah, jeroan, dan makanan laut supaya asam urat tidak kambuh. Siapkan camilan yang rendah akan purin, salah satunya kacang almond. Konsumi sayuran dan buah-buahan segar juga bisa dijadikan pilihan tepat untuk si penderita asam urat. Hal ini bisa kamu bisa konsultasikan lagi pada dokter.

Minum air putih cukup dan olahraga

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga harus minum air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah dehidrasi. Produksi kristal-kristal monosodium urat berlebih yang diekskresikan oleh ginjal akan membuat ginjalmu keletihan.

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang memiliki asam urat yang tinggi adalah kelebihan berat badan. Untuk menciptakan berat badan ideal, salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Sebelum liburan, luangkan waktu untuk olahraga dengan rutin, ya! Agar tidak kelelahan, jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup.

Siapkan obat-obatan dan salep

Untuk mengatasi asam urat yang tiba-tiba kambuh, sebaiknya kamu membawa obat-obatan dan salep lengkap yang disarankan oleh dokter.

Sudah nggak takut lagi kan traveling meski mengalami asam urat? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

(Visited 239 times, 1 visits today)

Comments

To Top