Tips

Tips Sehat saat Traveling

Picnic with grated carrots and tabbouleh

Melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, melihat dan bertemu orang-orang serta kejadian atau pemandangan yang mengagumkan, itulah daya tarik traveling bagi mereka yang menggemarinya. Namun kondisi satu tempat jelas berbeda dengan tempat lainnya, belum lagi kondisi stamina yang tidak stabil akibat kelelahan bisa saja menyergap sewaktu-waktu. Berikut adalah beberapa tips dari kami tentang bagaimana menjaga kesehatan tubuh saat kamu sedang melakukan traveling.

1. Selalu ingat untuk bergerak

Salah satu resiko kesehatan yang muncul saat seseorang melakukan perjalanan jauh adalah terjadinya penggumpalan darah di kaki akibat terlalu lama duduk, kurang cairan dan tidak melakukan aktifitas jalan kaki ketika keberangkatan pesawat atau kereta api mengalami penundaan. Jika kamu melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil, manfaatkan rest area untuk beristirahat dan menggerakkan anggota tubuh barang sejenak. Peregangan kaki juga perlu kamu lakukan saat kamu bepergian menggunakan pesawat dengan durasi lebih dari 3 jam.

2. Air putih

Air putih berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan mencegah dehidrasi, terutama jika kamu melakukan traveling di musim panas dimana suhu cuaca cenderung meningkat. Kamu juga perlu mengkonsumsi air putih saat melakukan perjalanan jarak jauh dengan pesawat, karena udara dalam pesawat lebih kering dari udara normal dan mengakibatkan dehidrasi. Jika tubuh mendapat cukup cairan maka kamu akan terhindar dari jetlag dan masalah kesehatan lainnya.

3. Mengenal lingkungan sekitar

Selalu bekali diri kamu dengan pengetahuan tentang tempat yang akan kamu kunjungi. Dan saya kira hal itu tidak sulit karena kita bisa mendapatkan apa saja yang ingin kita ketahui dengan melakukan pencarian di search engine.  Mempelajari tentang geografis, tempat makan yang paling banyak dikunjungi, kebiasaan penduduk setempat, alamat instansi penting (kantor polisi, rumah sakit, terminal, stasiun, perpustakaan, dll.) sama pentingnya dengan  mengetahui tentang obyek wisata menarik dan event spesial di wilayah tersebut.

4. Stok obat dan cairan pencuci tangan

Kamu boleh dan direkomendasikan untuk melengkapi diri dengan obat-obatan yang biasa kamu konsumsi untuk penyakit khusus yang kamu derita, multivitamin atau suplemen makanan juga disarankan untuk dibawa. Usahakan untuk menjaga tangan bebas dari kuman dengan membawa cairan pencuci tangan yang bisa didapatkan dengan mudah di pasar swalayan atau toko-toko kelontong.

5. Cukup istirahat

Tempat yang kamu kunjungi ternyata sangat menarik dan kamu bertemu dengan banyak kawan baru di sana. Kamu sering bepergian bersama kawan-kawan dan nongkrong di suatu tempat sampai pagi. Kalau hanya sesekali sih mungkin tidak apa-apa. Tapi tubuh kamu perlu istirahat karena perjalanan kamu belum berakhir. Sesudah traveling kamu mungkin harus kembali bekerja atau kuliah, sehingga kondisi tubuh yang tetap fit diperlukan ketika kamu menghadapi kembali rutinitas sehari-hari.

(Visited 328 times, 1 visits today)

Comments

2 Comments

Comments

To Top