Tips

Tips Mudah Untuk Packing di Segala Jenis Liburan!

Travelers, di musim libur ini, pasti kalian sudah tidak sabar ya untuk berpergian bersama keluarga atau teman terdekat? Tapi, sebelum berangkat liburan, kita sering merasa malas untuk packing karena kesulitan memilih barang-barang yang harus dibawa. Sebenarnya packing adalah hal yang mengasyikkan lho, apabila kamu tau cara packing yang benar. Berikut adalah beberapa tips yang sudah Pegipegi rangkum. Simak ya!

 

1. Tentukan Tujuan Wisata dan Kebutuhan

Tentukan tujuan wisata dan kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tau tentang destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Cari informasi lengkap mengenai kondisi cuaca saat itu dan lingkungan tempat tujuan, jangan sampai kamu salah membawa kostum, ya!

Setelahnya kamu pastikan perlengkapan yang harus dibawa dan yang sesuai dengan kondisi tujuan wisata kamu. Lebih baik kamu list satu persatu perlengkapan yang kamu perlukan, kemudian dari list tersebut sortir lah beberapa perlengkapan yang memang benar-benar penting saja. Jangan bawa terlalu banyak aksesoris ataupun sepatu yang akan menghabiskan banyak tempat di koper kamu. Untuk busana, batasi maksimal 3 set pakaian dari jumlah hari liburan kamu. Dan apabila membawa pakaian yang berbahan jeans membuat bawaan kamu menjadi berat, cukup bawa satu saja, sisanya kamu bisa ganti dengan pakaian lain yang berbahan katun. Pakaian berbahan katun atau kaos selain lebih ringan juga lebih mudah dalam hal perawatannya.

 

2. Memilih Koper

Memilih Koper

Sebelum berpergian, sebaiknya kamu teliti dulu kondisi koper yang kamu miliki. Sebuah koper biasanya memiliki umur sekitar 10 tahun, cek bagian roda, resleting hingga ketahanan bahan koper. Apabila kondisi masi baik, sekarang saatnya kamu menentukan besar koper yang akan di bawa dan jumlahnya.

Banyak orang yang mengatakan bahwa semakin besar koper yang kamu bawa, maka akan semakin besar pula hasrat untuk memasukkan barang ke dalamnya. Oleh karena itu, kamu harus pandai-pandai memilih. Apabila tujuan wisata kamu memang untuk berbelanja maka membawa koper yang besar tidaklah masalah, tetapi apabila tujuan wisata kamu lebih ke alam, dianjurkan tidak membawa koper yang terlalu besar.

Dan satu lagi, apabila memungkinkan, coba deh gabung keperluan 2 anggota keluarga dalam satu koper. Contohnya 1 koper untuk keperluan ayah dan anak perempuan dan 1 koper lagi untuk keperluan ibu dan anak laki-laki, atau kombinasi diantara jumlah individu yang ada di keluarga kamu. Selain lebih menghemat tempat, menggabungkan keperluan pada satu koper juga dapat meringankan barang bawaan selama liburan berlangsung.

 

3. Menyusun Isi Koper

Menyusun Isi Koper

Nah, setelah tau benar akan perlengkapan yang harus dibawa serta koper yang tepat, sekarang saatnya kamu menyusun perlengkapan tersebut dalam koper. Supaya koper kamu dapat menampung semua barang bawaan, berikut adalah tips yang bisa kamu coba.

Tips pertama untuk pakaian agar tidak memakan tempat adalah dengan menggulungnya. Dan tenang saja, karena meskipun digulung pakaian ini akan tetap rapi.

Tips kedua untuk peralatan mandi, sebaiknya kamu tempatkan pada tas kecil berbahan plastik yang tahan air sehingga tidak membasahi seisi koper. Untuk beberapa peralatan mandi seperti shampoo atau sabun, kamu bisa menaruhnya pada botol kecil saja untuk menghemat tempat.

Tips ketiga untuk perlengkapan kecil seperti pakaian dalam, kaos kaki, jenis obat-obatan, charger hape, perlengkapan make-up, kamu bisa langsung masukkan saja dalam selipan rongga yang kosong.

Tips keempat, bawalah beberapa hal kecil ini yang biasanya tidak kamu sadari akan sangat bermanfaat pada liburanmu, yaitu seperti kantong plastik, karet gelang, pensil/bolpoin, serta selotip.

Terakhir, jangan lupa untuk mengikat segala perlengkapan setelah packing selesai. Pastikan semuanya terikat dengan benar agar segala keperluan kamu tetap rapi sampai tempat tujuan.

 

Bagaimana, mudah dan cepat kan, travelers? Jangan lupa untuk sediakan space kosong untuk barang belanjaan di tempat tujuan wisata kamu! Semoga liburan kamu menyenangkan, ya!

Dan bagi yang belum memiliki rencana berlibur, segera serbu tiket dan penginapan murah yang disediakan oleh Pegipegi.

 

 

(Visited 3,745 times, 4 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top