Tips

Tips Merencanakan Liburan Bersama Orangtua

travel_ortu

Liburan bersama orangtua memang menyenangkan waktu kita masih kecil atau remaja. Tapi, ketika kita sudah dewasa, atau bahkan sudah menjadi orangtua juga, pilihan untuk liburan bareng orangtua mungkin jarang muncul di pikiran ya, travelers.

Memang, ketika sudah dewasa, kita lebih senang menghabiskan waktu bersama teman atau pasangan. Pasalnya, selera yang berbeda terkait destinasi dan aktivitas liburan berpotensi menyulut pertengkaran. Apalagi kalau kamu tipe backpacker yang senang mengunjungi tempat-tempat yang jauh dari peradaban dan kenyamanan.

Tapi, sekali-sekali menyenangkan orangtua gak ada salahnya lho, travelers. Apalagi kalau ingat betapa senangnya mereka mengajak kita liburan saat kita masih kecil.

Tentu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan sesuaikan ketika liburan bersama orangtua. Mau tahu apa aja? Simak yuk tips yang udah Pegipegi rangkum dari berbagai sumber!

Siapkan asuransi perjalanan

Sebenarnya, walaupun tidak mengajak orangtua, kamu juga perlu menyiapkan asuransi perjalanan untuk diri kamu sendiri. Tapi, dengan mengajak serta orangtua, masalah asuransi perjalanan bukan lagi menjadi pilihan, melainkan kewajiban. Pastikan asuransi perjalanan yang kamu ambil bisa meng-cover jika terjadi kasus medis mendadak.

Selain menyiapkan asuransi perjalanan, kamu juga hars ingat untuk mengepak obat-obat pribadi mereka, jika ada. Catat juga nama-nama obat mereka guna mengantisipasi seandainya kamu perlu membeli obat lagi di tempat tujuan. Jika kamu bepergian ke negara dengan bahasa selain Inggris, kamu juga bisa menerjemahkan resep obat ke dalam bahasa setempat.

Pertimbangkan akses di destinasi liburan

Berbeda dengan kamu yang masih dalam kondisi sehat, orangtua kamu belum tentu punya kondisi bugar. Jadi, ada baiknya kamu melakukan riset tentang transportasi umum dan kondisi jalanan di destinasi yang kamu tuju. Kalau orangtuamu harus menggunakan alat bantu berjalan seperti kursi roda, pastikan tempat kamu liburan punya sarana yang bagus untuk akses tersebut. Kalau transportasi umum di tempat kamu liburan kurang memadai, ada baiknya kamu mencari info untuk menyewa supir selama berada di sana.

Pilih hotel yang nyaman

Menginap di hostel berbujet rendah bareng teman-teman memang seru. Tapi, gak mungkin dong kamu mengajak mama tercinta untuk ikutan menginap di kamar dormitory dan bergabung dengan traveler lain dari berbagai negara. Sebaiknya kamu memilih hotel yang menyediakan kamar ber-AC untuk kenyamanan mereka serta lift supaya mereka tidak perlu banyak berjalan dari lobi menuju kamar.

Terbang nyaman

Jika orangtuamu memerlukan alat bantu seperti kursi roda, pastikan kamu sudah menyertakan keterangan tersebut saat memesan tiket. Dengan begitu, orangtua kamu bisa merasa nyaman saat harus boarding dan menunggu waktu penerbangan (apalagi kalau bandaranya memiliki ukuran luas).

Santai

Kalau bersama teman-teman kamu bisa mengunjungi lebih dari lima atraksi wisata dalam satu hari, kamu harus lebih santai ketika liburan bareng orangtuamu. Nikmati saja satu atau dua obyek wisata di pagi dan siang hari sebelum mengembalikan energi dengan makan siang. Kamu bisa melanjutkan mengunjungi satu lagi obyek wisata di sore hari, atau sekadar berjalan-jalan santai.

Sabar

Ini hal terpenting yang harus kamu ingat saat bepergian bersama orangtua. Kondisi fisik mereka yang sudah menurun mungkin saja membuat kamu harus berjalan lebih lambat atau menghabiskan waktu lebih lama di satu atraksi wisata. Mungkin juga mereka membuat kamu kesal karena harus terus mengulang kata-katamu. Tapi, ingat travelers, hal ini di luar kehendak mereka. Kamu harus menjadi pihak yang berlapang dada. Bayangkan saja betapa cerahnya senyum orangtuamu karena bisa liburan bersama anak tercinta mereka.

Nah, travelers, itu beberapa tips yang patut diperhatikan sebelum mengajak orangtua liburan. Semoga bermanfaat buat kamu yang berencana mengajak orangtua jalan-jalan ya!

(Visited 1,003 times, 1 visits today)

Comments

To Top