Tips

Tips Mengikuti Cooking Class Di Vietnam

Travelers, kalau kamu penggemar kuliner, pasti tahu kan kalau makanan Vietnam kini makin populer seperti halnya makanan Thailand, Jepang, dan Korea. Nah kalau kamu ada rencana jalan-jalan ke Vietnam, tidak ada salahnya kok mengintip bagaimana mereka mengolah makanan hingga begitu lezat dengan ikut cooking class atau kelas memasak. Dengan dikawal oleh para chef profesional, setidaknya kamu akan punya pengalaman dan mendapat ilmu baru saat pulang nanti. Simak yuk tips dari Pegipegi saat kamu ikut cooking class di Vietnam.

Foto 1 Cooking Class in Vietnam

Seperti yang kamu tahu, kuliner dari Vietnam lebih banyak dipengaruhi oleh kuliner Cina. Ini tidak mengherankan karena di sana banyak dijumpai etnis Cina. Sebagian besar menunya juga berupa olahan mie atau bihun. Jadi klop banget kalau kamu termasuk orang yang suka dengan menu yang berhubungan dengan mie.

Kalau kamu sudah terbiasa atau pernah mencicipi kuliner Vietnam, kamu tentu tidak akan kaget dengan rasa dan aroma yang akan kamu buat. Kuliner paling populer yang kemungkinan besar akan kamu pelajari tentu saja menu pho, yaitu menu rice noodle soup yang dicampur dengan Hanoi beef.

vietnam cooking class

Sebelum ikut cooking class, kamu juga disarankan untuk mengerti bahasa Inggris. Ini penting lho travelers karena pesertanya dari berbagai negara dan bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa internasional. Jadi kemungkinan besar sang chef akan memakai bahasa Inggris. Kamu juga mesti sudah mengerti kosakata tentang bumbu-bumbu serta kosakata yang umum di bidang kuliner.

Selain itu, biar tahu tentang cooking class di Vietnam, kamu juga mesti melakukan riset kecil-kecilan terlebih dulu tentang di mana kamu akan mengikutinya. Sebagian besar orang memang memilih kota Hanoi karena fasilitas dan akomodasinya lebih lengkap dibandingkan dengan kota lain. Kalau dari informasi mulut ke mulut, kamu bisa coba mampir tempat cooking class di Red Bridge School dan Hanoi Cooking Centre.

Foto 3 Cooking Class in Vietnam

Tips cooking class selanjutnya tentu saja berapa lama kamu akan ikut. Kalau ingin tuntas, kamu bisa ikut full-day yang biasanya diadakan mulai pukul 08.00 – 15.00. Acaranya tidak monoton kok travelers karena kamu akan diajak melakukan berbagai macam aktivitas, seperti pergi ke pasar di pagi hari untuk membeli bahan-bahan yang nanti diperlukan. Di sana kamu juga akan diajak melihat pertanian herbal organik yang dijalankan oleh masyarakat lokal. Seru, kan?

Cooking class-nya sendiri biasanya dilakukan selama 4 jam dengan berbagai macam variasi menu yang diajarkan oleh sang chef. Mulai dari yang sederhana, seperti rice noodle untuk membuat pho, menyiapkan bahan-bahan untuk membuat barbeque, memilih sayur-sayuran, sampai mendekorasi makanan. Kuliner yang akan dibuat juga bervariasi. Bisa saja kamu diajari cara membuat grilled chicken dan banana flower salad, dan claypot fish with dill.

Foto 4 Cooking Class in Vietnam

Saat cooking class, kamu juga akan diajari teknik memasak yang umum dilakukan untuk memasak kuliner khas Vietnam. Seperti memotong, menggulung, menggoreng, dan memilih bahan-bahan untuk mengolah menu-menu Vietnam. Semua dibuat dalam kondisi segar karena diperoleh langsung dari pasar lokal. Dan hasilnya pun sangat tasty.

Saat ikut cooking class, kamu juga mungkin berkesempatan berinteraksi dengan peserta yang berasal dari negara lain. Itu artinya kamu dapat sharing tentang kuliner dengan mereka. Bahkan bisa sama-sama mencicipi hasil karya mereka dalam mengikuti cooking class kuliner Vietnam. Pasti asyik kan, travelers? Selamat menikmati!

 

Mau langsung menjajal cooking class di Vietnam ataupun negara lain? Reservasi hotelnya langsung aja dari Pegipegi 🙂

 

(Visited 233 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top