Tips

Tips memilih penginapan murah Di Raja Ampat

Raja Ampat kini menjadi salah satu surga dunia bagi mereka yang hobi sekali menikmati alam bawah air. Tidak hanya spektakuler, pemandangan bawah lautnya juga begitu eksotis dan membuat banyak diver enggan untuk naik ke atas. Bahkan, Raja Ampat dijadikan sebagai satu dari 10 titik perairan terbaik dan menjadi situs diving dengan spot menantang di seluruh dunia. Bukan hanya itu, flora dan fauna-nya pun sangat beragam sehingga sampai sekarang banyak ditemukan spesies baru.

Foto 1 Tips Memilih Penginapan di Raja Ampat

Nah, kalau kamu berniat mengeksplorasi Raja Ampat, kamu tentu perlu tempat untuk menginap kan? Untuk masalah penginapan, kamu jangan khawatir karena akhir-akhir ini, pembangunan di Raja Ampat sangat pesat. Kalau punya kantong tebal, pasti kamu tidak akan bingung dan bebas bermalam di mana saja. Beda kalau kantong kamu tipis namun bersikeras untuk bisa menjelajahi alam bawah laut Raja Ampat. Kalau kamu termasuk tipe yang terakhir, Pegipegi punya tips memilih penginapan yang murah di Raja Ampat. Yuk, kita simak sama-sama.

Travelers, tentu tahu kan kalau salah satu cara termurah untuk menikmati Raja Ampat adalah dengan cara backpaker? Kamu hanya perlu tempat menginap di malam hari dan menjelajahi tempat ini dari pagi hingga sore atau bahkan malam hari. So, penginapan hanya dijadikan sebagai tempat istirahat dan mandi.

Foto 2 Tips Memilih Penginapan di Raja Ampat

Tips lain, carilah penginapan atau hotel-hotel murah lewat internet sebelum berangkat. Kamu juga perlu melakukannya jauh-jauh hari agar lebih leluasa mendapatkan tempat. Satu hal lagi, rencanakanlah liburan ke Raja Ampat saat bukan waktu puncak, yaitu liburan anak sekolah, khususnya dari bulan Juni – Agustus. Selain tarifnya mahal, pengunjungnya juga semakin banyak sehingga kamu tidak akan leluasa.

Selain itu, desa wisata di Raja Ampat juga lumayan banyak dan hampir sebagian dari mereka menawarkan homestay atau penginapan buat para backpaker yang ingin menikmati Raja Ampat, seperti desa Sawinggrai, Yenwaupnor, Arborek, dan Yenbuba. Desa wisata ini mendukung perkembangan pariwisata daerah agar lebih ramai dan dikenal wisatawan.

Foto 3 Tips Memilih Penginapan di Raja Ampat

Karena merupakan rumah-rumah penduduk, tarifnya pun terjangkau. Kalau kamu menginap di Sawinggrai, disana travelers bisa menikmati riangnya suara burung di pagi hari dan sore hari. Kalau pengin akomodasi lengkap, per malamnya adalah Rp500.000 dengan fasilitas 3 x makan, bonus rekreasi seperti memberi makan ikan, snorkeling, dan juga menonton aksi burung cendrawasih menari. Sensasi tinggal di desa nelayan yang serba sederhana akan membuatmu bisa menikati alam Raja Ampat sepenuhnya.

Di kampung Saporkren juga tidak kalah cantik. Di sini terdapat jembatan Biru – Merah Muda yang terlihat begitu indah dimana pada bagian atas terdapat tebing, sedangkan di bagian bawah kita bisa melihat ikan berwarna-warni dengan air yang begitu jernih.

spiky soft coral and diver

Desa wisata lain yang bisa kamu pilih adalah Arborek, yaitu desa wisata yang menobatkan dirinya sebagai desa wisata unggulan dan pelopor sehingga dijadikan percontohan. Daya tarik utama Arborek tidak lain adalah airnya yang jernih dan terkadang berwarna kebiru-biruan. Ikannya yang bebas berenang sama sekali tidak diganggu oleh penduduk. Di sini kamu bisa snorkeling dengan bebas di bawah dermaga. Cantik sekali. Kalau mau paket lengkap, tarifnya adalah Rp350.000 per malam dengan fasilitas makan, menjelajahi desa, dan snorkeling.

Ada juga homestay di sekitar Pantai Saleo dengan tarif Rp 250.000 per malam. Bahkan di Waisai travelers bisa menemukan penginapan bertarif Rp150.000 per malam. Tapi jangan berharap dapat fasilitas lengkap ya karena memang akomodasinya seadanya. Kalau kamu berkunjung berkelompok, biayanya tentu bisa ditekan. Penginapan yang paling lengkap ada di Pulau Misool. Tipe apa saja bisa kamu temukan, seperti kelas melati, resort mewah, atau homestay milik para penduduk.

Nah travelers, sudah siap liburan ke Raja Ampat? Selamat berpetualang!

(Visited 1,304 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top