Tips

Tips memilih lokasi liburan akhir tahun bersama keluarga

perencanaan-keuangan-liburan-keluarga

Menyambut tahun baru yang tinggal hitungan hari, travelers pasti sudah sibuk menyiapkan momen liburan, apalagi yang sudah berkeluarga.
Merencanakan liburan dengan keluarga memang gampang-gampang susah, karena bukan hanya soal anggaran yang lebih besar dibandingkan liburan sendiri, menghabiskan waktu bersama keluarga juga harus menyesuaikan lokasi dengan keinginan seluruh anggota keluarga. Jangan sampai nih, momen liburan justru membuat salah satu anggota keluarga gak mood.
Untuk menghindari situasi tak mengenakkan, pegi-pegi memberikan beberapa tips memilih lokasi liburan akhir tahun bersama keluarga. Simak!

perencanaan-keuangan-liburan-keluarga

1. Musyawarah bersama anggota keluarga
Seperti yang sudah disinggung di atas, berlibur bersama keluarga bukan perkara gampang, terutama dalam menentukan lokasi. Nah, supaya tidak terjadi cek-cok dengan anggota keluarga, ada baiknya bermusyawarah dulu sebelum menentukan lokasi. Kita harus bisa memberikan kesempatan yang sama kepada anggota keluarga untuk menyuarakan opininya menentukan tempat mana yang ingin dikunjungi. Kalau sudah begitu, akan mendapat gambaran tempat mana yang akan dikunjungi atau bisa juga dikemukakan alternatif tempat wisata lainnya.

2. Memanfaatkan situs travelling
Jika masih kebingungan menentukan tempat wisata, gak ada salahnya memanfaatkan situs travelling untuk membantu kamu mencari ide tempat wisata yang akan dikunjungi. Sekarang ini kan sudah banyak review mengenai lokasi wisata di situs-situs travelling jadi dengan mudah bisa ditemukan lokasi travelling, baik itu pantai, gunung atau tempat wisata sejarah.
Atau bisa juga mengunjungi Travel Fair yang biasanya menjamur menjelang akhir tahun yang bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi. Akan ada banyak paket wisata atau promo dari tempat wisata maupun maskapai saat pameran wisata .

3. Menyesuaikan dengan budget
Jika sudah menentukan lokasi yang akan dikunjungi, saatnya menyesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan, apakah cocok atau tidak. Maklum, berlibur dengan keluarga membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Besar kecilnya anggaran yang dimiliki sangat berpengaruh dengan penentuan lokasi liburan keluarga, fasilitas juga transportasi yang digunakan.

4. Mencoba tempat wisata baru
Biasanya travelers memiliki tempat wisata favorit yang sering dikunjungi bersama keluarga. Tapi gak ada salahnya liburan kali ini memilih tempat wisata baru agar semua anggota keluarga bisa merasakan pengalaman di tempat baru. Rasa bosan pun jadi bisa dihindari dengan memilih lokasi baru.

5. Menyusun itinerary
Lokasi wisata telah ditentukan, anggaran sudah disiapkan, jadi sekarang saatnya menyusun itinerary atau jadwal perjalanan di tempat lokasi. Menyusun itinerary ini akan sangat berguna dalam memanfaatkan waktu liburan supaya bisa maksimal mengunjungi objek wisata. Tentukan objek wisata mana saja yang akan dikunjungi selama hari pertama, kedua dan seterusnya, jadi akan sangat membantu dalam efisiensi waktu selama liburan.

6. Segera pesan tiket transportasi dan booking hotel
Jangan lupa, sebelum berlibur sebaiknya memesan tiket transportasi bahkan kalau bisa jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Kalau beruntung, traveler bisa mendapat tiket dengan harga promo, jadi sekalian berhemat kan?
Urusan memesan hotel juga penting dalam menyiapkan liburan bersama keluarga, sebelum kamu kehabisan tempat menginat terutama saat peak season seperti sekarang.

Bagaimana traveler, sudah cukup tips dari pegi-pegi untuk menentukan lokasi liburan dengan keluarga? Semoga membantu!

(Visited 723 times, 1 visits today)

Comments

To Top