Tips

Tips Memilih Koper Untuk Liburan ke Luar Negeri

koper

koper

Seringkali travelers dipusingkan dengan masalah barang bawaan sebelum melakukan perjalanan, terutama jika tujuannya ke luar negeri.

Menggunakan ransel atau membawa koper biasanya menjadi perdebatan sebelum travelers terbang ke negeri orang. Ransel atau backpack sah-sah saja asalkan kamu mau sedikit repot membawa bawaan yang mungkin cukup berat, tapi kalau mau lebih santai dan gak ribet, menggunakan koper sepertinya menjadi opsi paling ideal.

Tapi, kamu juga tidak bisa sembarangan memilih koper nih, travelers. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli koper untuk liburan ke luar negeri:

  1. Bahan koper

Koper dengan bahan lembut, biasanya nilon, polyester atau nilon, adalah jenis yang paling mudah disesuaikan daya tampungnya. Tidak hanya itu, koper dengan bahan ini juga lebih ringan dibandingkan yang berbahan keras.

Tapi kalau kamu bosan dengan bahan lembut ini, koper berbahan keras juga bisa menjadi pilihan.  Kelebihan koper jenis ini adalah bisa melindungi barang mudah pecah lebih baik dibandingkan koper bahan lembut. Yang terpenting, pastikan kualitas kopernya bagus ya.

  1. Ukuran

Ukuran juga menjadi hal penting dalam mempertimbangkan sebelum membeli koper. Pilihlah koper sesuai dengan lamanya perjalanan kamu di luar negeri. Kalau hanya bepergian dalam waktu singkat selama 3-4 hari, koper berukuran 55-66 cm seharusnya cukup untuk membawa barang bawaan kamu. Sedangkan koper berukuran lebih besar, seperti 70-82 cm akan lebih cocok digunakan saat kamu melakukan perjalanan lebih lama, misalnya tujuh hari atau lebih.

Kamu juga harus mengecek peraturan maskapai yang bakal kamu tumpangi soal ukuran koper. Apakah koper kamu bisa dibawa ke dalam kabin atau memang harus dimasukkan ke dalam bagasi.

Travelers juga bisa memilih koper yang dapat memperbesar daya tampung. Saat ini banyak ditawarkan koper-koper yang memungkinkan adanya ruang tambahan hingga 30 persen.

  1. Roda

Koper jenis Upright (beroda dua) ideal digunakan jika isinya bukan benda-benda berat. Koper jenis ini juga lebih mudah ditarik bila berjalan di atas permukaan yang tidak rata dibandingkan koper jenis Spinner (beroda empat), yang memang lebih cocok digunakan di atas permukaan yang lebih halus.

Tapi, koper jenis Spinner justru menawarkan kemudahan bergerak tanpa terpengaruh oleh berat beban di dalamnya. Tidak hanya itu, jenis ini juga memungkinkan kamu membawa beberapa tas (misal tas tangan atau tas laptop) pada waktu bersamaan dengan lebih mudah.

  1. Pengamanan koper

Pilihlah koper dengan kunci pengaman TSA (Travel Sentry Approved).  Gembok yang memenuhi standar TSA mulai dijual pada 2003, tapi untuk koper yang terdapat pengaman TSA baru mulai diperkenalkan pada 2004.

Apa sih TSA itu? Travel Sentry adalah organisasi yang membangun dan mengelola standar yang digunakan dalam keamanan perjalanan. Konsep kunci TSA digunakan oleh Transportation Securuty Administration, bagian dari Department of Homeland Security Amerika Serikat.

AS bukan satu-satunya negara yang memerlukan kunci TSA ini. Sistem ini juga digunakan negara lain seperti di Kanada, bandara Narita dan Haneda di Jepang, Belanda, dan lain-lain.

Nah, kalau kamu membawa barang-barang yang dianggap mencurigakan, gembok TSA ini dapat dibuka oleh bagian bea cukai yang bertugas dengan menggunakan kunci universal pada proses pemeriksaan tanpa merusak kunci maupun kopernya.

Lepas dari itu semua, kunci TSA ini juga diyakini membuat isi koper kamu lebih aman. Kamu gak mau kan tiba-tiba mendapati koper rusak karena dibobol oknum tak bertanggung jawab?

  1. Pemilihan warna dan motif

Melihat koper dengan warna ngejreng mungkin bikin kamu mengerutkan dahi. Tapi justru warna-warna yang tidak umum ini akan memudahkan kamu menemukan koper saat dalam antrean di bandara. Koper dengan motif leopard atau motif unik lainnya bisa jadi pilihan supaya milik kamu gak tertukar dengan yang lain!

Bagaimana travelers, sudah siap membeli koper baru untuk liburan kamu ke luar negeri?

(Visited 9,411 times, 5 visits today)

Comments

To Top