Tips

Tips memilih kamera untuk semua aktivitas travelingmu

tips memilih kamera untuk traveling

Kalau hobi traveling, rasanya nggak afdol ya kalau nggak punya kamera. Memang benar sih sekarang jamannya smartphone yang bisa dipakai untuk menangkap momen indah tapi saat liburan, membidik gambar dengan kamera jauh lebih menyenangkan dan memuaskan. Setuju? Biar barang berharga ini tahan lama, fleksibel saat dibawa, cocok di semua medan, dan awet ketika dipakai buat jalan-jalan, ada beberapa hal yang perlu kalian tahu ketika memilih kamera karena gambar bagus tentu akan memberi kenangan indah baik saat melakukan aktivitas indoor maupun outdoor. Nah kali ini, Pegipegi mau kasih tips memilih kamera untuk semua jenis aktivitas saat traveling. Yuk disimak bareng-bareng.

 

tips memilih kamera untuk traveling

foto: goproempire.com

Tahan Air

Travelers, kalau kamu hobi berpetualang dan mengeksplorasi alam, kamu tentu perlu kamera yang ramah terhadap semua kondisi cuaca. Baik saat cuaca cerah maupun saat musim hujan. Apalagi kalau hobi snorkeling dan diving. So kamu wajib punya kamera tahan air atau bisa dipakai untuk petualangan underwater. Kan asik kalau kita bisa mengabadikan berbagai gaya dan selfi saat menyelam.

 

Sudut Lensa Lebih Besar

Buat penggila kamera, pasti tahu kalau hampir sebagian besar action camera punya sudut lensa sekitar 1200 – 1700 sehingga memberi view yang lebih besar dan stabil. Beda dengan kamera biasa yang didesain untuk posisi statis sehingga objek yang tertangkap ya itu-itu saja. Kalau kamu benar-benar petualang sejati, pertimbangkanlah untuk memiliki action camera yang didesain khusus untuk semua gerakan sehingga dapat menangkap gambar lebih luas. Dengan begitu kalian bisa menjangkau semua objek dari berbagai sudut.

 

Kecil dan Praktis Saat Digunakan

Tiap action camera memiliki susunan program tersendiri yang dapat mengakomodasi standar sekitar ¼ – 20 tripod sehingga memiliki fleksibilitas lebih untuk memenuhi kebutuhan saat mengambil gambar. Bahkan bisa cukup kecil ketika harus mengambil gambar atau video secara diam-diam. Sedangkan kalau travelers pengin mengambil gambar saat berjalan, bersepeda, hiking atau bahkan berlayar dengan perahu, action camera bisa memberi keuntungan lebih karena praktis, alias tidak merepotkan. Kalian bisa mengalungkannya di dada, tubuh atau pinggang sehingga bisa bergerak bebas saat harus mengambil gambar bergerak. Ini tentu lebih menguntungkan dibanding kalau harus memakai kamera biasa karena kalian bisa ketinggalan momen istimewa disekitarmu.

 

Mudah Terhubung dan Di-Share

Seperti yang kita tahu kalau kamera biasa ataupun DSLR menggunakan SD Card atau Compact Flash (CF) untuk memori dan kita bisa mengakses gambarnya lewat PC, laptop, atau higher-end camera yang built-in wifi. Sedangkan sebagian besar action camera, wifi dapat dikontrol lewat smartphone atau tablet sehingga makin mudah diakses dan di-share. Bahkan untuk action camera dengan sinyal wifi lemah, sebagian besar menggunakan SD card seperti yang bisa dilakukan oleh smartphone atau tablet. Jadi benar-benar praktis untuk sharing ‘kan?

 

Bisa Digunakan Sebagai Dashboard Camera

Bila saat traveling harus menyewa mobil, motor ataupun sepeda, memang lebih menguntungkan menggunakan action camera sebagai dashboard camera. Disamping bisa menangkap alur jalan yang kita lalui, dashboard camera juga dapat membantu mendapatkan alibi saat pemilik rental meng-klaim bahwa kamu merusak mobil atau motor mereka. Jadi selagi berkendara, kalian bisa mendapatkan view bagus sekaligus membuktikan kalau kamu menggunakan kendaraan yang disewa dengan hati-hati.

 

Travelers, sekarang tahu kan bagaimana memilih kamera yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas traveling. Nah kalau kamera yang kamu incar harganya cukup mahal, mending nabung dulu. Setuju ‘kan?

(Visited 787 times, 1 visits today)

Comments

To Top