Tips

Tips Memilih dan Memakai Parfum Saat Traveling

Parfum berfungsi untuk memberikan aroma wangi untuk tubuh manusia, ruangan, atau obyek. Karena sifatnya bisa membuat wangi, tentunya parfum bisa menambah kepercayaan diri, terutama buat perempuan. Parfum bisa digunakan kapan aja, salah satunya ketika traveling. Supaya momen traveling kamu berkesan, tentunya kamu harus memilih dan memakai parfum dengan tepat. Yuk, simak tips dari pegipegi berikut ini.

Kenali tipe-tipe parfum

tipe-parfum

foto: makeupandbeautytips.blogspot.com

Ada lima tipe parfum yang dibedakan dari konsentrat. Makin besar konsentratnya, wanginya makin tahan lama dan harganya lebih mahal. Kelima tipe parfum tersebut adalah:

  1. Parfum: Memiliki konsentrat 20-30%. Sisanya adalah alkohol. Parfum memiliki konsentrat paling besar dibandingkan tipe parfum lainnya. Dengan konsentrat setinggi itu, wangi parfum bisa bertahan selama 6-8 jam.
  2. Eau de Parfum (EDP): Konsentrat EDP adalah 15-20%. Aromanya bertahan 4-5 jam.
  3. Eau de Toilette (EDT): Dengan konsentrat 5-15%, wangi EDT bisa bertahan 2-3 jam.
  4. Eau de Cologne (EDC): EDC hanya memiliki konsentrat 2-4%, jadi wanginya hanya bertahan 2 jam.
  5. Eau Fraiche: Eau Fraiche memiliki konsentrat yang paling sedikit, yaitu 1-3% dan wanginya hanya bertahan 2 jam.

Kamu bisa menilai sendiri, sepadat apakah aktivitas traveling kamu. Jika sangat padat, tentulah kamu butuh tipe parfum dengan konsentrat paling tinggi, sehingga aromanya bisa tahan lebih lama. Jadi, kamu nggak perlu sering-sering menyemprot parfum.

Cocokan dengan tempat traveling

1. Business traveling 

parfum-buah

foto: kathrynmenue.wordpress.com

Jika business traveling kamu lebih banyak menghabiskan waktu di luar kantor, sebaiknya kamu menggunakan parfum dengan wangi yang ringan dan segar. Misalnya, fruity atau airy. Karena, ketika bercampur dengan keringat, aromanya masih enak. Ketika kamu lebih banyak berada di dalam ruangan, kenakan parfum yang menenangkan dan elegan, misalnya parfum dengan aroma woody yang bisa memberikan kamu rasa percaya diri saat presentasi atau bertemu banyak orang.

woody-perfume

www.youtube.com

2. Traveling ke hutan

parfum-untuk-traveling-ke-hutan

foto: www.stylebarista.com

Saat traveling ke hutan, cocok banget jika kamu menggunakan parfum dengan aroma tropis, bunga, atau buah-buahan yang manis, lembut, dan menenangkan. Aroma seperti itu bakal bikin tubuh kamu bebas dari bau matahari.

orange

foto: www.99perfume.com

3. Traveling ke pegunungan

amber

www.fragrancex.com

Untuk traveling ke pegunungan, aroma parfum amber dan vetiver bisa bikin kamu langsung terasa fresh! Aromanya juga cocok dengan suasana pegunungan yang sejuk dan alami.

vetiver

foto: www.fragrantica.com

4. Traveling ke pantai

mandarin

foto: www.basenotes.net

Saat ke pantai, gunakan parfum dengan aroma citrus fruity yang menyegarkan. Soalnya, aroma tersebut mampu menghilangkan bau tak sedap akibat keringat. Mood kamu juga bakal jadi ceria jika menggunakan parfum dengan aroma citrus fruity, seperti jeruk mandarin, lemon, atau lime. 

lemon

foto: www.thegreenhead.com

Cara memakai parfum agar tahan lama

Memang sih, ketahanan aroma parfum tergantung dari konsentrat parfum itu sendiri. Tapi, hal itu juga tergantung dari cara kita memakainya, travelers! Supaya aroma parfum tahan lama, perhatikan cara pakai berikut ini.

foto: www.ayeey.com

1. Semprotkan parfum sebelum kamu mengenakan pakaian dan makeup

Supaya parfum langsung mengenai kulit tubuh kamu. Parfum yang mengenai kulit tubuh secara langsung, aromanya bakal lebih tahan lama, ketimbang parfum yang disemprotkan di pakaian. Soalnya, parfum akan terkena panas alami dari tubuh kamu. Menyemprotkan parfum di pakaian juga kurang aman, karena kadang ada parfum yang bikin permukaan pakaian jadi kekuningan.

2. Jangan menggosok parfum

Semprotkan parfum dari jarak sekitar 15-25 cm dari kulit tubuhmu. Karena, semprotan ringan bakal bikin aroma parfum jadi merata di tubuh. Jangan menggunakan parfum dengan cara digosok, karena bakal menghancurkan molekul wewangian dari parfum.

3. Semprotkan di tempat-tempat terbaik

Tempat terbaik untuk menyemprotkan parfum agar tahan lama adalah di titik-titik nadi tubuh, di mana kamu bisa merasakan denyut jantung. Misalnya, di belakang telinga, leher di bawah tenggorokan, dalam pergelangan tangan, dalam suku, dan belakang lutut. Ketika parfum semprotkan di dalam pergelangan tangan, biasanya kamu bakal menempelkan kedua pergelangan tangan. Nah, pada saat menempelkannya, jangan sampai digosok, ya. Supaya aroma parfum nggak berubah.

4. Lembapkan kulit sebelum menyemprotkan parfum

Ternyata, aroma parfum lebih tahan lama pada kulit berminyak ketimbang kulit kering. Jika kamu memiliki kulit kering, gunakan hand body atau body lotion dulu untuk melembapkannya. Setelah itu, kamu bisa menyemprotkan parfum.

5. Semprotkan parfum pada sisir

Sebelum menyisir rambut, jangan lupa untuk menyemprotkan parfum ke sisir yang akan kamu gunakan. Dengan menggunakan cara ini, setiap kamu bergerak atau melewati seseorang, wangi parfum akan lebih mudah tercium.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nah, mudah sekali kan memilih parfum untuk traveling! Kamu juga jadi tahu cara menggunakan parfum agar tahan lama. Saat ini, banyak juga parfum yang dijual dengan packaging traveling size, sehingga nggak akan membuat barang bawaanmu makin berat. Tunggu apa lagi? Langsung aja, yuk, rencanakan traveling kamu dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.kafkaesqueblog.com/

(Visited 538 times, 1 visits today)

Comments

To Top