Tips

Tips Membawa Hewan Peliharaan Naik Pesawat

Pengin traveling, tapi dilema karena hewan peliharaan di rumah nggak ada yang jagain? Apalagi, kalau kamu pengin liburan atau mudik dalam jangka waktu yang cukup lama. Daripada dilema, mending bawa aja hewan peliharaan kamu traveling dengan pesawat!

Apa aja sih prosedurnya?

1. Cari informasi dari maskapai

Setiap maskapai tentunya memiliki peraturan tersendiri, apakah boleh mengajak hewan peliharaan naik pesawat atau tidak. Biaya yang ditetapkan pun bisa jadi berbeda. Carilah maskapai yang memperbolehkan kamu untuk membawa hewan peliharaan dan sesuaikan dengan bujet.

2. Pilih ingin menggunakan cargo atau bagasi

Cargo (foto dari: http://travel.tribunnews.com)

Mengurus cargo hewan peliharaan agar bisa naik pesawat harus dilakukan minimal delapan jam sebelum keberangkatan. Jasa cargo lebih murah ketimbang menggunakan bagasi. Namun, kamu akan lebih mudah untuk mengawasi si kesayangan jika menggunakan bagasi.

Kabin (foto dari: http://bali.tribunnews.com)

Untuk pelayanan bagasi, kamu harus menyiapkan kandang yang layak, di mana hewan peliharaan akan mudah bergerak. Kandang yang disetujui oleh pihak maskapai adalah kadang yang terbuat dari kaca serat atau kerangka plastik yang kaku. Rodanya harus dilepas atau ditutup dengan lakban.

3. Siapkan bujet untuk tiket pesawatnya

Meskipun bobotnya ringan seperti bobot bawang bawaan, tetap aja kamu harus menyiapkan bujet untuk tiket pesawat hewan peliharaan yang kamu bawa.

4. Siapkan dokumen lengkap

Siapkan dokumen berikut minimal satu hari sebelum keberangkatan.

  • Surat keterangan dari dokter hewan yang menyatakan bahwa hewan peliharaan kamu sehat dan nggak punya penyakit menular
  • Surat izin pengangkutan dari badan karantina hewan
  • Surat pembebasan tanggung jawab (saat penerimaan di bandara)

Persiapan sebelum bepergian

  • Sebelum bepergian dengan pesawat bersama hewan peliharaan, biasakan ia hidup di kandang selama lima hari sebelum penerbangan.
  • Berikan hewan peliharaanmu makanan ringan dan air selambatnya dua jam sebelum penerbangan, soalnya selama penerbangan, hewan peliharaan nggak boleh makan dan minum.
  • Jangan sembarangan menggunakan obat bius hewan, karena harus sesuai prosedur dokter hewan.

Nah, sudah tahu kan prosedur dan persiapannya? Bagi kamu yang ingin mengajak hewan peliharaan terbang keliling Indonesia, yuk, pesan tiket pesawat dan hotel murah hanya di Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

Foto utama: http://edition.cnn.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 1,209 times, 23 visits today)

Comments

To Top