Tips

Tips Melakukan Selfie Maksimal Saat Liburan

selfie-472x394-template

selfie-472x394-template

Istilah ‘selfie’ yang populer belum lama ini sebenarnya sudah lama beredar lho, travelers. Pertama kali mencuat pada tahun 2005, ‘selfie’ menjadi istilah tersendiri di kalangan pengguna MySpace pada kurun 2006 hingga 2009, meskipun saat itu selfie dimaksudkan untuk menyebut profile picture di akun MySpace.

Tapi, teknologi kamera smartphone yang terus berkembang serta tren social media yang semakin menggila akhirnya membawa kata ‘selfie’ menjadi salah satu istilah paling populer selama dua tahun belakangan.

Perlu digarisbawahi nih, travelers, selfie sendiri berarti adalah foto diri yang kita ambil sendiri, biasanya menggunakan smartphone. Jadi, jangan salah pengertian ya, meskipun kamu foto seorang diri, tapi kalau kamu meminta tolong orang lain untuk mengambil fotonya, berarti bukan selfie.

Nah, tidak heran kalau banyak traveler semakin rajin melakukan selfie ketika liburan. Apalagi kalau mereka traveling sendiri atau hanya berdua. Tapi, gimana sih caranya supaya bisa mengambil selfie yang bagus saat liburan? Pegipegi sudah merangkum dari berbagai sumber hanya untuk kamu 😉

Siap setiap waktu

Kamu harus punya insting ‘menangkap’ momen yang sulit terulang ketika liburan. Selfie yang bagus adalah ketika kamu berhasil mengambil foto dengan latar belakang matahari terbenam, atau tepat ketika hewan liar di kebun binatang yang kamu kunjungi sedang beraksi, dan sebagainya. Intinya, kamu harus cepat bereaksi ketika melihat ada kesempatan bagus melakukan selfie.

Atur frame foto

Ketika liburan, latar belakang pemandangan adalah hal penting untuk masuk ke dalam foto kamu. Tapi, kamu juga perlu memastikan kalau wajah kamu tertangkap jelas di foto ya. Memang, hal ini cukup sulit jika kamu memiliki lengan pendek. Tapi, kamu bisa kok mengubah sudut foto sehingga wajah serta latar belakang pemandangan bisa tertangkap dengan baik. Atau, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti monopod, atau yang lebih dikenal sebagai ‘tongsis’.

Atur kamera smartphone

Sebelum mengambil foto apapun, pastikan kamu tahu setting apa yang harus digunakan dan setting mana yang tidak boleh digunakan. Sebaiknya kamu pelajari dulu kapan saat yang tepat menggunakan flash, night mode atau setting lainnya.

Filter dan teknik edit lainnya

Filter diperlukan untuk memperbaiki kualitas foto yang kurang baik. Tapi, jangan sampai kamu terlalu berlebihan menggunakan filter ya. Tidak selamanya filter atau teknik edit lainnya di kamera smartphone membuat foto kamu lebih bagus. Penggunaan filter berlebihan justru bisa membuat foto terlihat aneh dan tidak nyata.

Kreatif

Melakukan selfie tidak berarti kamu harus terus-menerus mengambil foto wajah kamu, apalagi dengan satu ekspresi saja. Kamu bisa mengambil foto tangan, kaki atau anggota tubuh lain dengan cara yang menarik dan bisa menceritakan kisah liburanmu.

Share atau simpan?

Kamu bebas saja melakukan selfie 100 kali di tempat yang sama. Tapi, tidak semuanya harus kamu share di social media kan? Kamu harus bijak menentukan foto mana yang ingin kamu bagikan di social media dan foto mana yang sebaiknya kamu simpan saja di ponsel. Satu hingga dua selfie yang bagus setiap hari rasanya sudah cukup untuk kamu share dengan teman-teman di social media.

Tuh, sudah tau kan gimana caranya melakukan selfie yang keren saat liburan? Sekarang, saatnya mencari lokasi selfie yang asyik untuk liburan berikutnya nih. Yuk langsung cari di Pegipegi!

 

 

(Visited 229 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top