Tips

Tips Hutang Cuti Liburan di Kantor

Belum genap setahun kerja, tapi kamu pengin ambil cuti untuk traveling bareng teman. Sebenarnya, hal itu melanggar peraturan karena hak cuti cuma bisa digunakan untuk karyawan yang sudah bekerja selama setahun. Tapi, kalau kamu benar-benar ingin mencoba ambil hutang cuti, pegipegi mau kasih beberapa tips.

Jangan berbohong

Coba ajak atasanmu bicara. Usahakan jangan terlalu mepet waktunya. Minimal sebulan sebelum kamu berangkat traveling. Karena, minta cuti aja harus dua minggu sebelumnya. Apalagi kalau mau ambil hutang cuti yang urusannya lebih ribet. Ceritakan dengan jujur bahwa kamu ada rencana traveling dalam waktu dekat. Hindari berbohong karena jika nantinya kamu ketahuan berbohong, atasanmu nggak akan percaya lagi denganmu.

200257397-002

www.huffingtonpost.com

Minta izin baik-baik

Setelah kamu bercerita soal rencana traveling kamu, cobalah minta izin hutang cuti dengan atasan secara baik-baik. Biasanya sih, jika kamu meminta izin dengan baik-baik, atasan bakal mengizinkan kamu untuk hutang cuti. Tapi, itu semua biasanya tergantung juga dari sikap kamu sehari-hari. Kalau kamu biasanya bertanggung jawab terhadap pekerjaan, sopan, dan nggak pernah melanggar peraturan, atasan kamu bakal kasih izin.

Tetap punya attitude baik

Kalau sudah diizinkan, bukan berarti setelah itu kamu bisa bekerja dengan seenaknya. Tetaplah berlaku baik di kantor, selesaikan pekerjaan kamu tepat waktu, dan jaga hubungan baik dengan atasan serta rekan kerja. Pastinya, atasan kamu bakal terus mengingatkan agar kamu menyelesaikan kewajiban kamu sebelum traveling. Nah, inilah saat yang tepat untuk membuktikan bahwa kamu memang bisa dipercaya.

Jika ada pekerjaan yang harus digantikan oleh rekan kerja yang lain ketika hari H, coba komunikasikan baik-baik dengan orang itu agar mau membantu kamu. Dan jangan lupa tawarkan niat baik untuk membantu pekerjaannya ketika kamu sudah kembali bekerja. Kalau kamu sudah punya niat setulus itu, siapa yang bakal menolak untuk membantu, sih?

Lembur demi menyelesaikan kewajiban

Masih ingat kan dengan pepatah “Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”? Pepatah itu juga berlaku saat kamu harus lembur demi menyelesaikan kewajibanmu agar bisa traveling dengan tenang. Nggak mau kan ketika lagi main banana boat, tapi pikiran cemas sama deadline yang harus dikirim beberapa jam lagi.

Selain bikin liburan kamu jadi nggak asyik, hubungan kamu dengan atasan dan rekan kerja pasti jadi buruk karena kamu merepotkan mereka dengan pekerjaanmu yang belum selesai. Jadi, nggak masalah dong kalau kamu harus pulang malam berhari-hari karena urusan lembur? Toh, nantinya kamu juga bakal bersenang-senang tanpa memikirkan deadline sama sekali.

o-OVERWORK-facebook

www.huffingtonpost.com

Beli oleh-oleh sebagai ucapan terima kasih

Ke mana pun kita pergi liburan, biasanya beli oleh-oleh sudah jadi tradisi. Karena atasan kamu sudah memberikan izin untuk hutang cuti, nggak ada salahnya buat membelikan beliau oleh-oleh sebagai tanda terima kasih. Juga buat rekan kerja yang sudah meng-handle pekerjaanmu selama kamu traveling. Asalkan kamu memberi dengan ikhlas, orang juga nggak akan peduli dengan nilai atau harga oleh-oleh tersebut.

hasil kerajinan rotan lombok

www.pergiberwisata.com

Ternyata, ambil hutang cuti di kantor nggak sesulit yang kamu bayangkan, kan? Semua itu kembali lagi ke kebijakan kantor masing-masing, sih. Soalnya, ada beberapa kantor yang nggak bisa kompromi sama sekali. Jika kamu sudah bisa ambil hutang cuti, jangan lupa siapkan destinasimu dengan memesan tiket pesawat murah di pegipegi.com. Juga pesan hotel murahnya di sini. Selamat liburan!

(Visited 341 times, 1 visits today)

Comments

To Top