Tips

Tips Hemat Keliling Asia Tenggara

passport-compass-travel-map-1000

Travelers tercinta ingin jalan-jalan ke luar negeri, namun khawatir impian itu tak segera terwujud akibat tabungan yang tak kunjung memenuhi perencanaan anggaran liburan? Jangan buru-buru putus asa, travelers, karena toh Malaysia dan Singapura sudah termasuk wilayah luar negeri meski hanya berjarak beberapa mil saja dari Pulau Batam. Jadi, mengapa tidak mengubah sedikit rencana kamu demi tercapainya impian? Kami punya sedikit tips bagi travelers untuk merencanakan perjalanan keliling Asia Tenggara dengan biaya ‘miring’.

1. Saat yang tepat

Karena negara-negara di Asia Tenggara memiliki iklim yang hampir sama dengan Indonesia, jadi kamu tak perlu khawatir akan menghadapi musim apa di negara tujuan nanti. Pastikan waktu keberangkatan kamu tidak bersamaan dengan perayaan, musim liburan atau festival tertentu karena tiket pesawat ke negara yang bersangkutan pasti akan menjadi sangat mahal. Pesanlah tiket jauh-jauh hari dan hindari bepergian pada hari Minggu. Perencanaan yang tepat juga dibutuhkan agar kamu mengetahui berapa lama kamu akan mengunjungi suatu negara sebelum berangkat menuju negara tujuan berikutnya.

2. Akomodasi 

Pilih penginapan yang berada dekat transportasi publik. Jika kamu bepergian seorang diri, pilihlah hostel atau guest house yang berisi 5-10 orang pada satu kamar. Di beberapa negara ada yang menyediakan Female Dorm Room dan loker yang bisa dikunci sehingga kamu tak perlu mengkhawatirkan barang bawaan. Atau kamu bisa tidur sejenak di beberapa public area seperti airport jika ingin menghemat ongkos. Singapura dan Malaysia termasuk negara yang aman bagi backpacker dengan kantong tipis.

3. Barang bawaan.

Selalu membawa hanya 1 backpack yang berisi semua keperluan kamu sendiri. Bawalah baju yang mudah dicuci dan diangin-anginkan sehingga kamu dapat memakainya kembali. Pakaian dalam sekali pakai mungkin praktis, namun bisa saja harganya akan mahal di beberapa lokasi tertentu.

4.    Makan
Pastikan kamu memilih tempat makan yang menyediakan makanan yang bersahabat untuk perut kamu (untuk itu kamu harus pastikan kondisi tubuh Anda benar-benar sehat pada saat memulai perjalanan). Cobalah makanan khas suatu negara di pasar tradisional karena harganya pasti akan jauh lebih murah daripada makanan khas yang dijual di restoran. Restoran cepat saji bisa jadi pilihan terakhir, tapi ingat jangan makan fastfood setiap hari ya.

5.    Visa
Seluruh negara di Asia Tenggara (Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina dan Brunei Darussalam) bebas dikunjungi oleh WNI tanpa harus memiliki visa kunjungan dengan jangka waktu yang berbeda-beda. Kamu bisa mengunjungi Singapura, Malaysia dan Thailand tanpa visa kunjungan selama 30 hari. Demikian juga dengan Filipina dan Brunei yang membebaskan kunjungan tanpa visa selama masing-masing 21 hari dan 14 hari.

6.    Kenalan
Berkenalan dan perbanyaklah teman di negara-negara yang kamu kunjungi (dianjurkan agar kamu juga telah melakukannya jauh-jauh hari sebelum berangkat). Kamu bisa menghemat biaya dengan menginap di rumah teman selama kunjungan di suatu negara. Jagalah komunikasi yang baik dengan para kenalan karena kamu tidak tahu kapan akan membutuhkan bantuan mereka.

Semoga tipsnya bermanfaat yaa… Selamat bepergian, travelers!

(Visited 1,100 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top