Tips

Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

maxresdefault (1)

Jika kamu pengin mengabadikan momen traveling kamu, tapi kamu nggak punya kamera profesional, gunakan aja kamera ponsel kamu. Asal digunakan secara maksimal, kamera ponsel pun bisa menghasilkan gambar jernih dan berkualitas. Apalagi, di zaman sekarang ini, sudah banyak kamera canggih dengan tingkat resolusi yang tinggi.

Pilih ponsel dengan resolusi kamera yang tinggi

Kamera ponsel dengan resolusi yang tinggi memiliki detail lebih banyak dan bisa dicetak lebih besar. Hasil cetakan fotonya nggak kalah bagus dari kamera profesional. Tapi, kamera dengan resolusi yang tinggi bakal bikin memory card ponsel cepat habis. Usahakan setelah mengambil banyak foto, foto-fotonya langsung ditransfer ke hardisk atau laptop.

Rutin membersihkan lensa

Karena ponsel sering banget dipakai, otomatis banyak kotoran dan debu yang menempel, terutama di bagian lensa kamera. Dan itu bisa bikin hasil foto kamu jadi kurang bagus. Jadi, bersihkan lensa kameramu dengan rutin, ya. Kamu bisa gunakan kain lembut, atau gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata jika terkena minyak.

keep-your-lens-clean

www.eventstag.com

Hindari zooming

Zooming pada kamera ponsel akan membuat hasil fotomu terlihat pecah. Jadi, hindari zooming agar foto bisa memiliki detail yang maksimal. Jika ingin mengambil gambar lebih jelas, lebih baik kamu yang mendekat pada obyek. Dijamin hasil foto nggak akan mengecewakan.

Manfaatkan cahaya matahari

Cahaya matahari akan memberikan pencahayaan yang luar biasa pada hasil fotomu, ketimbang menggunakan flash. Karena, flash hanya akan membuat foto kamu, terutama foto pemandangan alam terlihat flat atau datar.

nature-sunset-person-woman

www.beachcamera.com

Pegang ponsel sestabil mungkin

Pada saat kamu mengambil obyek dengan kamera ponsel, usahakan agar tangan kamu tetap stabil saat mengambil foto. Kamera ponsel biasanya mengalami shutter lag, yaitu jeda antara saat kamu memencet dan saat kamera mulai mengambil foto. Kenali waktu jeda kamera ponsel kamu supaya kamu tetap bisa memegang kamera dengan stabil.

iphone-pic

http://baboodigital.com/

Ambil foto dari sudut yang nggak biasa

Jika kamu mengambil foto dari sudut yang biasa-biasa aja, hasilnya juga akan biasa-biasa aja. Cobalah memotret dari sudut yang nggak biasa. Misalnya dengan cara jongkok untuk memotret dari sudut yang lebih rendah daripada obyek foto. Itulah yang membuat hasil fotomu terlihat beda dari orang kebanyakan.

Jepret obyek berkali-kali

Supaya kamu punya banyak perbandingan foto. Jadi, kamu punya banyak pilihan dan bisa memilih foto yang terbaik. Karena, nggak ada ruginya juga kan kalau kamu jepret foto banyak-banyak menggunakan kamera ponsel. Itulah keunggulan kamera zaman sekarang, berbeda dengan kamera zaman dulu yang masih menggunakan roll, di mana jumlah jepretan fotonya sangat terbatas.

Pilih aplikasi foto yang bagus

Saat ini sudah banyak aplikasi foto yang bagus. Kamu bisa menggunakan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Ada banyak filter yang menarik dan kamu juga bisa mengatur tingkat brightness-nya. Bahkan, kamu juga bisa langsung mengambil gambar dari aplikasi tersebut. Tapi, sebaiknya kamu mengambil gambar dari kamera ponsel yang sudah tersedia dulu aja. Setelah itu barulah di-edit menggunakan aplikasi foto. Hasil fotonya biasanya lebih bagus. Dan jangan gunakan filter yang berlebihan, ya!

Analog-Camera-for-iOS-teaser-001

www.idownloadblog.com

Jika kamu sudah tahu tentang tips fotografi menggunakan kamera ponsel, berarti kamu sudah siap banget buat traveling! Langsung aja siapkan destinasimu dengan memesan tiket pesawat dan hotel murah di pegipegi.com.

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

(Visited 1,354 times, 1 visits today)

Comments

To Top