Destinasi

Tiga Telaga Jernih di Gunung Ciremai, Kuningan

Tiga Telaga Jernih di Gunung Ciremai, Kuningan

Kepengin liburan ke tempat wisata yang nggak terlalu dipadati pengunjung? Yuk, cobain berenang di telaga yang berdekatan dengan Gunung Ciremai, travelers! Nggak hanya indah, tapi juga bikin tubuh segar dan menyenangkan. Nggak perlu bingung mencari telaga yang tepat, karena pegipegi sudah kumpulkan tiga telaga di dekat Gunung Ciremai yang pastinya bakal bikin pengalaman berlibur makin berkesan.

Telaga Nilem

Foto dari instagram @rajaregar, @ditaaapus dan @niningsuningsih38

Foto dari instagram @rajaregar, @ditaaapus dan @niningsuningsih38

Telaga Nilem berlokasi di Desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan. Jaraknya kurang lebih 32,3 kilometer dari pusat kota Kuningan atau sekitar 18,7 kilometer dari pusat kota Cirebon. Indahnya Telaga Nilem dikelilingi pepohonan rindang yang membuat udara sekitar telaga terasa sejuk dan asri. Kedalamannya pun bertingkat, mulai dari semata kaki, hingga sekitar 3-4 meter.

Makanya, ketika berenang di Telaga Nilem, kamu wajib berhati-hati karena dasar telaga berisi bebatuan. Jangan sampai terpeleset apalagi terluka. Tapi untungnya siapa pun boleh bermain di Telaga Nilem karena telaga ini memang dibuka untuk umum. Kamu cukup membayar Rp 10 ribu* pada hari biasa, atau Rp 13.500* pada akhir pekan.

Telaga Nila

Foto dari instagram @gishele, @itmamalfath dan dikadityap

Foto dari instagram @gishele, @itmamalfath dan dikadityap

Terletak di Desa Jerukleueut, Sindangwangi, Majalengka, Telaga Nila memiliki panjang kurang lebih 80 meter dan lebar 20-23 meter. Jika berniat bermain ke Telaga Nila, sebaiknya datang saat ketinggian airnya sedang tinggi. Maklum, saat airnya surut, telaga ini akan berubah menjadi kehijauan.

Berhubung masih jarang ada yang ke sini, kawasan Telaga Nila pun masih terjaga kealamiannya. Fasilitas yang tersedia pun hanya warung kecil di bibir telaga. Yang patut diperhatkan, berenang di sini mesti ekstra hati-hati karena telaga ini kedalamannya mencapai 10 meter. Jika ingin ke sini, kamu pun cukup membayar tiket masuk Rp 5 ribu* per orang.

Telaga Herang

Foto dari instagram @ade2aje, @mhaul_apt dan ngabolangngabolang.blogspot.co.id

Foto dari instagram @ade2aje, @mhaul_apt dan ngabolangngabolang.blogspot.co.id

Berada di lokasi yang sama dengan Telaga Nila, luas kolam Telaga Herang lebih besar. Nama Telaga Herang sendiri berasal dari bahasa Sunda, artinya danau kecil yang jernih. Airnya yang bening menyegarkan bersumber dari mata air Gunung Ciremai.

Saat ke sini pengunjung pun akan dimanjakan dengan fasilitasnya yang cukup lengkap seperti tempat ibadah, warung, rumah makan dan kamar mandi. Biaya masuk ke telaga ini sama seperti Telaga Nila yaitu Rp 5 ribu* per orang.

Perhatikan peraturan berikut!

  1. Dilarang melakukan akrobatik dalam air.
  2. Dilarang melakukan tindakan yang merusak seperti mencabut, mencoret, atau mematahkan.
  3. Dilarang mencemari air telaga dari berbagai macam bahan kimia, seperti sampo, sabun atau pasta gigi.
  4. Dilarang buang air kecil atau besar di telaga.
  5. Dilarang menangkap ikan yang hidup di telaga.
  6. Dilarang meninggalkan sampah atau barang bawaan di sekitar telaga.

Foto sumber dari akun instagram @limparaditya

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Udah nggak sabar yah, berenang dan seru-seruan di tiga telaga berair jernih rekomendasi dari pegipegi? Langsung aja, travelers, buat perencanaan liburan kamu ke tempat wisata di atas. Masalah transportasi dan juga akomodasi, kamu bisa cari hotel murah di sekitar Cirebon di pegipegi. Sekalian pesan tiket kereta api murah ke Cirebon juga yah, lewat pegipegi!

cari hotel murah di cirebon pesan tiket kereta api murah ke cirebon

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Download aplikasi pegipegi di Google Play atau App Store agar transaksi lebih cepat dan lebih mudah! Miliki potongan harga tiket kereta api, tiket pesawat dan kamar hotel saat ini juga. Semoga selamat sampai tujuan, travelers!

apps-store

google-play

(Visited 3,771 times, 2 visits today)

Comments

To Top