Berita

Tidur Terlalu Lama Bisa Sebabkan Mimpi Buruk Lho!

Travelers, apakah kamu sering mimpi buruk belakangan ini? Well, tampaknya, kamu harus kembali memperhatikan dan mengantur ulang kualitas tidur kamu, deh!

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Oxford di Inggris memunculkan fakta menarik soal mimpi buruk. Penelitian yang dilakukan oleh Stephanie Rek tersebut menjelaskan jika mimpi buruk dipicu lantaran durasi tidur yang terlalu lama. Kok bisa?

Lewat sebuah survey kepada 846 orang, Rek dan timnya menganalisis beberapa penyebab terjadinya mimpi buruk. Sebagian besar orang mengaku mendapatkan mimpi buruk usai tertidur lelap selama lebih dari sembilan jam.

Foto: greatist

Rek pun mengaitkan fenomena ini dengan rapid eye movement (REM) dalam tidur. Di mana tubuh mengalami peningkatan detak jantung, tekanan darah tanpa ada gerakan dari otot yang mendorong otak untuk mulai bekerja dengan keras.

REM sendiri mengisi sepertiga terakhir aktivitas tidur di malam hari kita atau di 1-2 jam terakhir. Jadi, jika kamu tertidur lebih dalam dari durasi sembilan jam, maka kemungkinan kamu mengalami mimpi buruk pun lebih besar.

Tentukan Konten Mimpi

Tapi, fakta tersebut nggak sendirian, kok. Penelitian tersebut juga menyebutkan jika rasa cemas yang berlebihan sebelum tidur dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya mimpi buruk, lho!

“Mencemaskan hal-hal yang akan terjadi di waktu ang akan datang sangat berhubungan dengan frekuensi terjadinya mimpi buruk,” kata Rek yang memiliki enam orang dalam timnya tersebut.

Foto: huffpost

Terkadang, rasa cemas nggak sepenuhnya bertanggung jawab atas mimpi buruk yang datang. Di beberapa kasus, mimpi buruk lah yang mengganggu tidur kamu dan membuat durasi tidur keesokan harinya jauh lebih lama lantaran kamu terlalu cemas.

Jadi, sangatlah dianjurkan untuk tidak membawa segala macam kecemasan dalam tidur kamu. Dengan artian, kamu bisa menentukan isi konten mimpi kamu sejak sebelum tidur, kok.

Intinya sih, tidur cukup 8-9 jam saja per hari untuk mendapatkan khasiat yang lebih baik!

Foto: best-waist-trainer

Daripada tidur terus, mending liburan! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 101 times, 1 visits today)

Comments

To Top