Tips

Tidur Maksimal Saat Liburan? Ini Caranya

Saat liburan, kamu pastinya ingin memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk mengeksplorasi destinasi liburan kamu. Apalagi kalau destinasinya adalah luar negeri, yang notabene gak bisa sebulan sekali kamu kunjungi.

Tapi, hal ini cukup membuat dilema ya, travelers. Pasalnya, kalau terlalu semangat menjelajah destinasi liburan, bisa dipastikan kamu bakal kekurangan waktu tidur. Rasa lelah karena kurang tidur tentunya akan membuat aktivitas liburan kamu kurang menyenangkan.

sleep-B-472x394

Nah, supaya kamu bisa tetap liburan menyenangkan tanpa harus mengorbankan waktu tidur, coba deh simak tips yang Pegipegi rangkum dari HuffPost Travel di bawah ini:

Request Saat Booking

Kecuali kamu menginap di homestay atau kamar dormitory, kamu bisa mengajukan permintaan khusus saat melakukan reservasi hotel. Misalnya, pesanlah kamar yang jauh dari lift atau tangga sehingga kamu tidak akan terganggu dengan keramaian. Atau, kamu juga bisa memesan kamar yang menghadap ke barat supaya tidak terkejut dengan sinar matahari pagi yang masuk.

Saat di Pesawat

  • Jika penerbangan kamu siang, usahakan kamu tetap terjaga di siang hari. Pasalnya, tidur siang bakal membuat kamu terjaga di malam hari dan akhirnya waktu istirahat kamu berkurang. Kalaupun kamu harus tidur siang, batasi waktunya selama 25-30 menit.
  • Rajin minum air putih. Jangan dulu minum kopi, alkohol atau minuman bersoda saat masih di pesawat karena minuman itu justru akan membuat kamu dehidrasi. Dehidrasi adalah hal terakhir yang kamu butuhkan saat tiba di kota yang sama sekali baru karena kamu harus menyesuaikan diri secara cepat.
  • Jika kamu benar-benar merasa lelah, kamu bisa istirahat sejenak ketika baru tiba di penginapan. Tidur selama 90 menit sudah cukup untuk mengembalikan energi, namun tidak terlalu lama sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terjaga semalaman.

Tips Saat di Penginapan

Tidak semua orang punya budget untuk menginap di hotel berbintang yang menjanjikan kenyamanan istirahat. Tapi, kamu bisa menyiasati hal ini dengan beberapa trik kok, travelers:

  • Agar istirahat kamu maksimal, kamu perlu perasaan tenang bahwa barang-barang bawaanmu tetap aman. Ini penting, terutama untuk kamu yang memilih kamar dormitory. Pastikan kamu mengunci koper setiap kali meninggalkan kamar atau akan tidur. Selain itu, kamu juga bisa menyembunyikan uang, kartu kredit dan paspor di dalam baju yang kamu kenakan sehingga akan sulit bagi siapapun untuk mengambilnya tanpa membuat kamu terbangun.
  • Periksa temperatur kamar. Pastikan temperatur kamar kamu tidak terlalu dingin atau terlalu panas agar kamu bisa beristirahat dengan nyaman.
  • Menurut penelitian, mandi air panas kira-kira satu jam sebelum tidur malam bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak. Jadi, tidak ada salahnya kamu berendam air panas sebelum tidur guna melemaskan otot-otot tubuhmu.

Menyiasati Jet Lag

Jika kamu bepergian ke luar negeri yang memiliki perbedaan waktu cukup jauh, kamu akan merasakan jet lag yang lumayan parah. Tapi, hal ini sebenarnya bisa kamu siasati beberapa minggu sebelum kamu berangkat.

Kira-kira 2 minggu sebelum keberangkatan, kamu bisa memajukan atau memundurkan waktu tidur kamu sesuai dengan destinasi kamu. Pertama-tama, coba majukan atau mundurkan waktu 15 menit dulu. Setelah 3-4 hari, tambah lagi hingga 30 menit, dan seterusnya hingga mendekati perbedaan waktu di tempat tujuan kamu.

Jangan lupa, ketika boarding, langsung sesuaikan waktu di jam dan ponsel kamu dengan zona waktu tempat tujuan jadi kamu bisa beradaptasi lebih cepat.

 

Gimana, travelers, gak terlalu susah ya cara untuk memaksimalkan waktu tidur saat liburan? Jadi, langsung aja deh pikirkan kemana tujuan liburan berikutnya dengan cari inspirasi di Pegipegi.

(Visited 302 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top