Tips

Terserang Bell’s Palsy Saat Traveling?

Bell’s Palsy adalah penyakit kelainan syaraf. Di mana syaraf pengontrol wajah yang posisinya berada di sekitar satu jari di depan telinga kiri atau kanan kita nggak berfungsi dengan baik. Akibatnya, salah satu bagian wajah seperti tertarik (mencong). Kelopak mata penderita Bell’s Palsy juga nggak bisa menutup dengan baik, sehingga bola mata akan berair terus, sebaliknya akan kering di malam hari jika sedang tidur. Selain itu, penderita juga mengalami kesulitan berbicara karena mulut atau bibir yang tertarik ke satu sisi.

Berbeda dengan stroke

Sekilas, gejala Bell’s Palsy hampir sama seperti stroke, tapi ternyata nggak begitu. Bell’s Palsy hanya menyerang syaraf wajah, sehingga fungsi tubuh berjalan normal. Sedangkan, stroke menyerang syaraf otak dan bikin fungsi tubuh nggak berjalan normal.

Ada beberapa kasus di mana Bell’s Palsy menyerang syaraf otak, sehingga penderita nggak mampu berbicara dengan jelas seperti orang yang terkena stroke. Tapi, pikirannya masih sangat jernih dan ia masih bisa berkomunikasi dengan cara menulis.

bell palsy

www.abcnews.go.com

Karena AC atau udara dingin?

Hingga saat ini, belum ada hasil penelitian yang pasti mengenai penyebab timbulnya Bell’s Palsy. Tapi, penyakit ini lebih sering dikaitkan dengan hembusan AC atau terpaan udara dingin yang menerpa wajah secara langsung. Misalnya saat mengendarai motot atau duduk di bawah hembusan AC. Tapi, bukan berarti penyebab utamanya adalah angin.

Karena, penelitian yang terbaru menyebutkan bahwa penyebab Bell’s Palsy adalah virus bernama Herpes Simpleks yang membuat saraf bagian tepi wajah membengkak dan terjepit. Sehingga bentuk wajah jadi nggak simetris. Virus tersebut selalu ada, bisa menyerang siapa aja, dan dihantarkan lewat udara. Biasanya saat tubuh kita dalam kondisi lemah, baik secara fisik atau pun mental.

bell palsy2

www.livestrong.com

Hati-hati saat traveling

Karena virus berbahaya itu dihantarkan lewat udara, kamu perlu waspada jika terlalu lama berada di ruangan ber-AC, sering terkena semburan AC atau kipas angin yang langsung mengenai wajah, sering mengendarai motor tanpa helm yang tertutup rapat, atau sering mandi air dingin di malam hari. Jadi, usahakan jangan sampai wajah kamu terkena semburan AC atau kipas angin secara langsung, ya! Gunakan juga helm yang tertutup rapat saat mengendarai motor dan jangan sering mandi air dingin di malam hari.

Mencegah Bel’s Palsy juga bisa kamu lakukan saat taveling, terutama saat naik gunung. Karena, suhu rendah, angin kencang, dan tekanan atmosfir yang rendah berpotensi tinggi menyebabkan kamu terserang Bell’s Palsy. Jadi, waktu naik gunung, lebih baik gunakan penutup atau masker wajah supaya wajah kamu nggak langsung terkena angin yang membawa virus.

naik gunung

www.inkfry.com/

Cara mengatasi Bell’s Palsy

Jika kamu terlanjur terserang Bell’s Palsy, jangan langsung panik. Tapi, segeralah berobat ke rumah sakit. Karena, jika terus-terusan panik dan stres, tubuh kamu akan membaca rasa panik dan stres, sehingga kondisi mental kamu akan lebih parah. Bahkan, bisa menyebabkan depresi karena penyakit ini memang merusak penampilan seseorang. Yang lebih parahnya lagi sih, jika sampai menyerang syaraf otak dan menyebabkan penderita lumpuh (seperti yang pegipegi jelaskan sebelumnya).

Pengobatan yang biasanya dilakukan adalah fisiotherapy, di mana wajah penderita akan dikompres dengan lampu sinar dan diberi kejutan listrik di sekitar wajah. Namun, kamu juga bisa menggunakan alternatif pengobatan lain, misalnya akupuntur. Sebaiknya sih, pilih salah satu alternatif pengobatannya dan jangan dicampur.

Waktu pengobatan, baik fisiotherapy, maupun akupuntur biasanya memakan waktu 2 – 3 bulan, ada juga yang tahunan. Semua itu tergantung dari ketelatenan. Selama masa pengobatan, usahakan agar wajah nggak terkena angin secara langsung. Kamu juga harus menghindari stres agar imunitas tubuh kamu nggak menurun, makan makanan bergizi, memperbanyak senam wajah, dan banyak tertawa.

Acupuncture

www.inkfry.com/

Kamu boleh cemas sama Bell’s Palsy. Tapi, jangan sampai bikin kamu trauma traveling atau naik gunung, ya! Tetaplah melakukan hobimu sambil berjaga-jaga. Dan rencanakan traveling-mu dengan memesan tiket pesawat dan hotel murah lewat pegipegi.com!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

(Visited 400 times, 1 visits today)

Comments

To Top