Destinasi

Terpesona Sendratari Ramayana di Prambanan

Sendratari Ramayana Prambanan

Kalau nonton konser live music artis dunia emang nggak bisa diekspresikan ya gimana rasanya. Spektakuler, heboh, dan seperti mimpi kalau yang manggung adalah artis idola. Tapi apakah nonton Sendratari Ramayana juga bisa dinikmati? Hmm, apa sih sendratari ramayana? Nah kalau kamu baru pertama kali mendengarnya, berarti kamu kuper banget. Biarpun pagelaran ‘drama’ tradisional ini tidak se-populer konser musik penyanyi internasional, tapi coba saja kamu datang sendiri ke area Candi Prambanan untuk menyaksikan betapa mempesonanya acara ini.

Nonton live Sendratari Ramayana

Pementasan sendratari ramayana sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu. Pada jaman itu, seni dan hiburan tidaklah se-meriah sekarang sehingga kreasi para seniman dalam bentuk drama kolosal klasik dari kisah ramayana atau cerita lain dari India yang dikemas dalam tradisi dan budaya Jawa cukup banyak digemari oleh masyarakat luas.

Sendratari Ramayana Prambanan

foto: farmagazine.squarespace.com

Musik gamelan yang dimainkan secara live akan menyambutmu setibanya di venue pagelaran sendratari ramayana Candi Prambanan. Kalau kamu baru pertama kali nonton, mungkin perlu adaptasi dulu karena selama ini mungkin kamu sudah terbiasa nonton dance modern dengan gerakan cepat, dan kini harus menyaksikan atraksi dengan gerakan lambat dan lemah gemulai.

Pentas sendratari ramayana banyak didominasi oleh tarian Jawa. Penonton akan banyak menyaksikan gerakan-gerakan lembut yang menggambarkan karakter yang dimainkan, misalnya tentang bagaimana Rama mempersunting Dewi Sinta, penculikan Sinta, Hanoman Obong, serta peperangan yang harus dilakoni untuk mempertahankan kehormatan diri.

Dengan iringan gamelan serta sinden yang mendendangkan tembang-tembang Jawa, kamu akan larut bersama penonton lain dalam tiap babak yang dimainkan. Biarpun tidak ada dialog sama sekali, tapi kamu masih bisa memahami jalan cerita yang dimainkan dalam sendratari ramayana melalui gerakan tari, hentakan suara gending, serta sinopsis cerita yang dapat dilihat saat memasuki gerbang pertunjukan.

 

Sendratari_Ramayana_di_Candi_Prambanan_copy

foto: jogjatrip.com

Saat lakon sedang dimainkan, kamu pasti akan terpesona dengan alur cerita, background golden temple dari Candi Prambanan, kostum yang dikenakan oleh para penari, gerakan yang lembut, serta lighting yang mengangumkan. Kalau kamu punya kamera atau perekam video, kamu wajib mengabadikannya untuk kenang-kenangan agar kamu bisa memutarnya kapan saja.

Acara menonton sendratari ramayana makin menyenangkan kalau kamu datang pas musim kemarau di saat langit dihiasi ribuan bintang dan bulan purnama bersinar penuh. Suasana makin romantis karena di belakang tempat pentas ada Candi Prambanan yang tersorot lampu. Ada banyak pesan moral yang tersirat dalam pentas seni tari tradisional ini, seperti kepercayaan, keteguhan hati, patriotisme, sifat kesatria, pengorbanan, kesetiaan, perang, trik dan tipu muslihat, cinta dan romantisme.

Pendukung acaranya juga profesional banget karena tiap pergantian adegan dilakukan secara smooth, bahkan bisa dibilang sudah berkelas internasional. Kamu juga nggak akan bosan untuk menyaksikannya hingga akhir cerita. Nah, kalau lagi beruntung, kamu bisa menonton sendratari ramayana full story. Nggak setiap saat lho karena kalau hari biasa yang dimainkan hanya sebagian saja.

 

Tempat pementasan dan harga tiket sendratari ramayana

Tempat pementasan tari kolosal akan dipentaskan di Teater Terbuka Candi Prambanan kalau cuacanya sedang bersahabat, yaitu antara bulan Mei – Oktober. Sedangkan untuk pertunjukan indoor yang diselenggarakan di Teater Trimurti biasanya dilakukan saat musim hujan, yaitu dari bulan Nopember – April. Dengan begitu, pemain dan penonton tidak perlu tergopoh-gopoh berlarian saat hujan turun.

Pertanyaan selanjutnya adalah, gimana dengan harga tiket untuk bisa menikmati pentas sendratari ramayana? Travelers, ada beberapa jenis tiket yang dijual, misalnya harga tiket untuk indoor teater (Nopember – April) adalah special class seating Rp250.000*, first class seating Rp175.000*, second class seating Rp100.000*, dan student class seating Rp30.000*. Sedangkan untuk teater terbuka mulai dari Mei – Oktober untuk VIP class seating Rp350.000*, special class seating Rp250.000*, first class seating Rp175.000*, second class seating Rp100.000*, dan student seating adalah Rp30.000*, dimana sendratari ramayana ini dimulai dari pukul 19.30 – 21.30

 

http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://farmagazine.squarespace.com/storage/rama%252520sinta01_fg.pandhuagie.jpg%253F__SQUARESPACE_CACHEVERSION%253D1354873268022&imgrefurl=http://farmagazine.squarespace.com/heat-n-beat/2012/12/7/sendratari-ramayana-raih-rekor-dunia.html&h=1000&w=1500&tbnid=z1KUfR7Xf-I7GM:&docid=zMKcUiX1k3nnHM&hl=en&ei=XZUXVousGIKIuASctJXIBg&tbm=isch&ved=0CB8QMygEMARqFQoTCMvOgdeVtcgCFQIEjgodHFoFaQ

Picture taken from www.farmagazine.squarespace.com

Oh ya, jangan dikira antusiasme masyarakat untuk menyaksikan sendratari ramayana sudah pupus lho karena untuk bisa mendapatkan tiketnya saja sudah harus dilakukan jauh-jauh hari mengingat banyak sekali peminatnya, misalnya saja rombongan karyawan, anak sekolah, turis mancanegara, dan masyakat umum lainnya. Bahkan untuk lebih menjaring wisatawan dari luarnegeri, penyelenggara menyediakan brosur dalam berbagai bahasa, seperti bahasa Korea, Jepang, Perancis, Jerman, dan Inggris. So, semua turis mancanegara pun bisa menikmati tiap adegan dalam sendratari ramayana.

Tips : Kalau kamu datang rombongan, ada baiknya datangnya lebih awal karena tidak ada nomor tempat duduk. So kalau terlambat bisa jadi tempat duduk yang tersedia berpencar-pencar.

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 1,019 times, 3 visits today)

Comments

To Top