Destinasi

Ternyata ‘Kampung’ Sinterklas Ada Di Finlandia

pajakyla

Siapa sih yang tidak kenal Sinterklas? Sosok kakek bijak berjanggut panjang dengan setelan baju merah ini sudah lama menjadi salah satu tradisi Natal

Tapi, tau gak sih kalau mitos yang mengatakan bahwa rumah Sinterklas ada di Kutub Utara itu ternyata tidak sepenuhnya benar. Kampung halaman Sinterklas yang sesungguhnya rupanya berada di Finlandia, tepatnya di desa Rovaniemi, ibukota Lapland, provinsi paling utara negara Skandinavia itu.

Desa di Lingkar Arktik ini sebenarnya sempat hancur akibat ulah tentara Nazi pada 1944 lalu. Namun, setelah dibangun kembali oleh arsitek lokal Alvar Aalto, Rovaniemi kini menjadi terkenal karena merupakan kediaman resmi Sinterklas.

santa-finland_1207504i

Apa saja yang tersedia di kediaman resmi Sinterklas ini? Yah, tentunya satu hal yang harus ada adalah kantor tempat Sinterklas bekerja. Selain itu, Rovaniemi juga memiliki kantor pos yang menerima sekitar 700 ribu surat setiap tahunnya dari anak-anak di seluruh dunia. Lucu ya melihat para pekerja kantor pos mengenakan seragam layaknya kurcaci asisten Sinterklas.

186025

Bukan hanya itu lho, kamu juga bisa melihat parade rusa kutub menarik kereta Sinterklas Rovaniemi, rumah tempat Sinterklas membungkus hadiah Taman Sinterklas yang dibuka setiap tahun mulai 23 November hingga 11 Januari.

reindeer-lapland-safaris-rovaniemi

Untuk menuju Rovaniemi, kamu harus mencapai Helsinki terlebih dulu sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api (sekitar 9-12 jam perjalanan) atau bus (14 jam perjalanan) menuju daerah utara. Atau, kalau kamu ingin perjalanan yang praktis, kamu bisa memesan penerbangan menuju Bandara Rovaniemi yang terletak sekitar 8 kilometer dari Desa Sinterklas.

Waah….melihat kemeriahan Rovaniemi, rasanya semakin tidak sabar menyambut Natal ya?

 

(Visited 717 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top