Kuliner

Ternyata, Ini Arti Nama Arema Pada Bakwan Malang

Jalan-jalan ke kota Malang nggak lengkap kalau belum berburu bakso bakwan. Yap, sajian berkuah yang satu ini lahir dan besar di kota Apel.

Sajian yang lebih akrab di sebut bakwan Malang ini sangatlah legendaris. Saking legendarisnya, penjual bakwan Malang tersebar di banyak kota kecil maupun besar Indonesia!

Berbeda dengan bakso kuah pada umumnya, bakwan Malang punya isi yang lebih kaya, lho. Selain ada bakso sapi yang empuk, kamu bisa menikmati renyahnya pangsit goreng, bakwan rebus, siomay hingga bakso goreng dalam satu mangkuk.

Disajikan dengan kuah kaldu ayam yang gurih, bakwan Malang nikmat dinikmati dengan atau tanpa mie, lho. Kerupuk udang atau kulit jadi teman yang pas buat mencicipi lezatnya semangkuk bakwan Malang di siang hari.

Asal Usul Arema

Bagi yang memperhatikan, para penjaja bakwan Malang selalu menyisipkan kata Arema pada nama dagangan mereka. Yang kita tahu, Arema sendiri merupakan kesebelasan sepakbola terbesar di kota Malang.

Namun, nama Arema punya sejarah tersendiri, lho. Dari penuturan sejarah, Arema berasal dari nama seorang legenda kota Malang bernama Patih Kebo Arema.

Ia merupakan seorang Panglima besar yang diutus Raja Kartanegara untuk menjaga Kerajaan Singosari dari pemberontakan musuh. Prestasi yang paling diingat adalah saat ia menghalau pemberontakan dari Kelana Bhayangkara.

Nggak cuma itu. Berkat keberaniannya, Kebo Arema turut menggusur Kerajaan Pamalayu di Jambi dalam usaha memperluas kekuasaan Kerajaan Singosari ke Selat Malaka.

Inilah yang menjadi alasan nama Arema sangat lekat dengan kota Malang. Meskipun demikian, buku sejarah nggak mencatat siapa yang pertama kali memajang nama Arema sebagai merek bakwan Malang.

Kuah Rempah

Selain kaya akan isi, bakwan Malang dikenal punya kuah kaldu yang sangat gurih. Saking gurihnya, banyak orang yang mengira kuah kaldu bakwan Malang mengandung banyak MSG (micin).

Ternyata, sensasi gurih bakwan Malang murni datang dari kuah kaldunya, lho. Berbagai macam rempah seperti bawang merah, bawang putih, merica dan garam hadir di dalam kuah. Sehingga zat MSG hanya jadi pelengkap saja.

Resep ini yang dipertahankan kedai bakwan Malang besar di berbagai kota. Sebut saja Bakso Kota Cak Man, Bakso Malang Tanjung Duren 18 atau Bakso Malang Cak Su Kumis.

Agar bujet liburan kamu ke Bandung terjangkau, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Malang lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke Malang  pesan tiket kereta api murah ke Malang  cari hotel murah di Malang

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top