Destinasi

Terhanyut dalam nada di Saung Angklung Mang Udjo

Saung Angklung Udjo sudah jadi langganan destinasi wisata di Bandung karena menawarkan nilai budaya dan seni khas Sunda. Tamunya tidak hanya orang Indonesia saja lho tapi juga sering terlihat bule-bule yang anteng menyimak pertunjukan seru yang ditampilkan oleh anak-anak saat sedang ‘manggung’ di Saung Angklung Mang Ujdo. Apa kamu juga penasaran suasana meriah di Saung Angklung Udjo?

Saung angklung udjo

foto: thescribblesblog.wordpress.com

Lokasi Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka 118, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini lokasinya ada di kota sehingga mudah sekali dijangkau dari berbagai arah. Kamu juga bisa naik kendaraan pribadi dengan mengikuti rute: Keluar Tol Pasteur – lurus terus hingga melewati Jembatan Pasopati – lurus terus hingga melewati 2 perempatan besar – Jalan Padasuka belok kiri (ada plang besar) – masuk sekitar 500 meter menuju lokasi Saung Angklung Udjo (ada sebelah kanan).

Kalau mau pergi ke Saung Angklung Udjo dengan angkutan umum juga bisa kok. Nggak peduli datang dari Jakarta atau kota lain, kamu bisa memulainya dari Terimal Leuwi Panjang, dengan rute : Terminal Leuwi Panjang – naik angkot ke Terminal Cicaheum. Kalau baru pertama datang ke Bandung, cara paling aman ya bertanya pada supir lokasi Saung Angklung Udjo agar mau menunjukan di mana harus turun. Oh ya, karena dari jalan utama jaraknya lumayan jauh, kamu bisa naik ojek ke Saung Angklung Udjo. Gampang ‘kan?

 

Atraksi panggung Saung Angklung Udjo

Sebenarnya, Saung Angklung Udjo ini awalnya adalah sanggar seni tradisional yang dijalankan oleh Udjo Ngalegena di tahun 1966 dan kini tongkat estafet diteruskan oleh anak-anak beliau. Untuk dapat menyaksikan pentas seni di Saung Angklung Udjo, tiap pengunjung yang datang dikenai biaya tiket masuk Rp60.000* per orang untuk hari Senin – Jum’at dan Rp75.000* per orang untuk hari Sabtu – Minggu. Sedangkan anak-anak di bawah 12 tahun membayar Rp 40.000* dengan bonus mendapatkan souvenir angklung mini yang cantik dan welcome drink.

Saung Angklung Udjo mulai buka pukul 08.00 – 16.00 dan biasanya pertunjukan akan dimulai jam 15.30 – 17.30 dan berlangsung sekitar 1,5 – 2 jam. Setelah masuk, kamu tinggal mencari tempat duduk yang nyaman agar bisa menonton pertunjukan yang tersaji sehingga kamu dapat menyatu dengan irama dan lakon yang dimainkan.

Suasana asri, sejuk, dan rindang di Saung Angklung Udjo sangat kental terasa. Dan kalau masih ada waktu, kamu bisa berkeliling dulu untuk melihat-lihat cara membuat angklung, atau bahkan membeli souvenir yang tidak akan jauh dari tema angklung. Menjelang pukul 15.30, tribun pengunjung pun mulai ramai. Apalagi kalau kamu datang saat akhir pekan atau liburan anak-anak sekolah.

Pertunjukan yang disajikan di Saung Angklung Udjo benar-benar atraktif serta kental dengan budaya tanah Sunda. Mengingat yang berkunjung tidak hanya orang Indonesia, penyelenggara pun menyampaikan sinopsis dalam 3 bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Inggris, dan Belanda. Sedangkan pementasannya dipersembahkan dengan 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Inggris sehingga semua orang bisa paham dengan pertunjukan di atas panggung.

Pertama-tama yang dipentaskan adalah seni wayang golek yang dimainkan oleh dalang dengan durasi waktu sekitar 15 menit. Biarpun tidak tahu artinya, tapi karena penyampaiannya penuh dengan humor, tak jarang ada pengunjung yang ikut nyengir menyaksikan boneka kayu tersebut beraksi. Acara selanjutnya adalah Heleran, yaitu permainan angklung yang dilakukan oleh anak-anak. Makin menarik kala seorang anak dinaikan di atas tandu dan terlihat begitu gembira.

Selesai Heleran, acara pementasan di Saung Angklung Udjo dilanjutkan dengan Tari Topeng Cirebon yang dibawakan oleh anak-anak gadis yang memakai baju merah. Pertunjukan makin meriah ketika Calung dan Arumba di perdengarkan. Calung sendiri adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan bila diketuk menghasilkan nada yang sangat unik, sedangkan irama Arumba (Alunan Rumpun Bambu) yang juga dimainkan pun semakin memeriahkan panggung Saung Angklung Udjo.

Atraksi puncak di Saung Angklung Udjo berupa permainan angklung yang dilakukan secara bersama-sama dan ini membuat atmosfer di Saung Angklung Udjo makin meriah. Anak-anak akan memberi satu alat musik angklung pada tiap pengunjung dan semua yang hadir akan diberi instruksi bagaimana cara memainkan dan kapan harus gerakan. Lagu-lagu keren yang dihasilkan dari angklung dipastikan akan memukau pengunjung yang menyesaki Saung Angklung Udjo. Gimana nggak? Lagu seperti Que Sera Sera, Bengawan Solo, You Raise Me Up, Bohemian Rapsody, Indonesia Pusaka, Cant Help Falling In Love, Ni Wen Wo Ai, dan We are the world dimainkan dengan begitu apik.

Dan terakhir, pengunjung yang datang di Saung Angklung Udjo akan diajak bermain bersama-sama sehingga suasana pun cair kembali. Benar-benar petunjukan yang keren. Tidak terasa, waktu 2 jam berlalu. Namun karena suasananya menyenangkan dan sangat menghibur, kamu tidak akan merasa bosan. Apa sekarang kamu penasaran untuk menyaksikannya secara langsung? Segera saja meluncur ke Saung Angklung Udjo di Bandung.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 424 times, 1 visits today)

Comments

To Top