Destinasi

Terbius Kecantikan Pesona 5 Danau Berwarna Biru di Indonesia

Kalau kamu suka menikmati pemandangan alam yang memesona, harus cobain nih berkunjung ke berbagai danau cantik yang ada di Indonesia. Warna airnya yang biru bahkan ada yang sampai jernih banget, bakalan bikin kamu betah lama-lama di sini.

Jadi, kalau kamu ingin berwisata air jangan hanya pergi ke pantai. Danau juga punya keindahan, kok! Ada di mana saja ya? Yuk, simak di bawah ini.

1. DANAU LABUAN CERMIN, BIDUK-BIDUK

Di Kalimantan, tepatnya di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, ada Danau Labuan Cermin. Sesuai namanya, kamu serasa bercermin saat melihat warna air di danau ini. Pantulan yang jelas di danau berasal dari lapisan air asin yang ada di permukaan danau. Sedangkan warna biru danau berasal dari air tawar yang ada di dasar danau. Dua jenis air yang ada di satu danau menambah keunikan Danau Labuan Cermin.

Perjalanan menuju Danau Labuan Cermin memerlukan perjuangan yang ekstra. Kamu harus melalui perjalanan darat sekitar 6-7 jam dari ibu kota Kabupaten Berau. Tapi usaha kamu tentu akan terbayar lunas dengan pemandangan yang ada di danau. Belum lagi, pepohonan rindang yang mengelilingi danau akan membuat suasana semakin sejuk. Pasti bakal betah, deh!

2. DANAU WEEKURI, SUMBA

Kalau ngomongin keindahan alam di Sumba, kayaknya nggak akan ada habisnya, ya? Salah satunya adalah Danau Weekuri. Danau ini terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang, sehingga membentuk laguna tersendiri. Jadi, dapat dipastikan kalau danau ini merupakan danau air asin. Saking tingginya kadar garam di danau ini, kamu bisa mengambang tanpa harus menggunakan pelampung, lho.

Kalau cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat gradasi tiga warna yang dipancarkan air danau. Waktu terbaik untuk berkunjung ke danau ini dimulai dari jam 4 sore. Saat matahari mulai turun hingga pemandangan sunset yang cantik bisa kamu nikmati di sini. Jangan lupa abadikan indahnya pemandangan di sini, ya!

3. DANAU BIRU, PULAU BINTAN

Saat melangkahkan kaki ke sisi Danau Biru yang ada di Kelurahan Kawal, Pulau Bintan, kamu akan terbius oleh keindahannya. Ditambah pasir putih yang mengelilingi danau ini, mata akan sangat dimanjakan. Padahal, Danau Biru ini ada di lokasi bekas penambangan, lho. Tapi sekarang danau ini telah berubah menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Bintan.

Saat berkunjung ke sini, kamu tidak disarankan untuk berenang di danau, ya. Hal ini disebabkan karena dasar danau yang terbuat dari pasir lembut. Jika kamu menapakkan kaki di dasar danau, pasir tersebut akan berubah menjadi pasir hisap yang berbahaya. Beberapa pengunjung sebelumnya ada yang menjadi korban karena minimnya informasi mengenai berenang di danau. So, sebaiknya cukup nikmati pemandangannya saja saat ke sini.

4. DANAU KAOLIN, BELITUNG

Buat kamu pecinta fotografi, Danau Kaolin nggak boleh terlewatkan, nih. Danau yang ada di Pulau Belitung ini jadi salah satu destinasi wisata favorit. Tempat ini juga merupakan tambang kaolin yang menjadi salah satu bahan dasar pembuatan kosmetik. Perpaduan warna air yang biru dan kaolin yang berwarna putih, pasti bikin kamu pengin lama-lama di sini.

Kamu juga dilarang untuk berenang di danau ini karena berbahaya. Ada pagar di sekeliling danau agar pengunjung tidak terlalu dekat ke sisinya. Jadi kamu cukup nikmati pemandangan danau dari kejauhan, ya.

5. DANAU BIRU CISOKA, TANGERANG

Ternyata kawasan Tangerang juga punya danau biru, lho. Danau ini dikenal dengan nama Danau Biru Ciskoka atau Telaga Biru Cisoka. Kamu bisa berkunjung ke sini kalau nggak mau jauh-jauh dari Jakarta. Danau ini juga dikelilingi oleh tebing batu yang berwarna putih. Jadi, pemandangannya nggak kalah sama danau biru lainnya. Kamu juga bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu dengan harga sekitar Rp20.000. Pas ke sini, kamu bisa menikmati pemandangan dan foto-foto sepuas hati.

Nah, jadi mau berkunjung ke danau biru yang mana dulu, nih? Jangan lupa untuk pesan tiket pesawathotel, dan tiket kereta lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah pesan tiket kereta api murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top