Tips

Tips naik pesawat bersama balita

tips naik pesawat

Kamu sudah berkeluarga dan memiliki buah hati yang lucu, tentunya mau dong berlibur bareng dengan mereka?  Tapi, kalau destinasi liburan kamu harus dicapai menggunakan pesawat, mungkin yang pertama kali terpikir adalah repotnya membawa anak kecil dalam perjalanan panjang. Sebenarnya, terbang bersama anak kecil tidak perlu merepotkan lho, travelers. Asal kamu tahu trik-triknya, kamu dan si buah hati bisa menikmati perjalanan nyaman di pesawat. Simak ya beberapa tips naik pesawat bersama balita yang Pegipegi rangkum dari berbagai sumber!

tips naik pesawat

foto: babyology.com.au

 

1. Sesuaikan flight dengan waktu istirahat anak            

Yang pertama dan cukup penting dari tips naik pesawat bersama balita adalah menyesuaikan jadwal penerbangan dengan waktu istirahat anak. Seandainya memungkinkan, coba terbang siang hari ketika jam tidur siang anak, atau malam hari ketika mereka sudah harus beristirahat. Ini untuk mencegah mereka merasa tidak nyaman saat penerbangan dan menjadi rewel.

 

2. Cek peraturan soal membawa stroller atau car seat

Sleeping-On-Southwest-600-x-400

Beberapa maskapai membolehkan kamu membawa stroller ataupun car seat tanpa dikenakan tambahan biaya. Tapi, sebaiknya kamu mengecek hal ini jauh-jauh hari agar nantinya tidak kaget ketika harus mengeluarkan biaya yang tidak kamu ketahui.

 

3. Pesan tempat duduk di dekat lorong

Supaya kamu bisa leluasa mengantar si kecil ke toilet atau menenangkannya sambil berjalan-jalan di lorong, jangan pesan tempat duduk dekat jendela. Kamu bisa menikmati pemandangan setelah kamu sampai di tempat tujuan.

 

4. Cek batasan membawa cairan di kabin pesawat

Batasan membawa cairan ke dalam kabin pesawat untuk penerbangan internasional (maksimal 100 ml) biasanya tidak termasuk obat-obatan atau makanan dan minuman bayi. Namun, untuk mengantisipasi, sebelum membawa semua itu ke dalam kabin, ada baiknya kamu mengecek aturan di destinasi yang kamu tuju.

 

5. Membawa popok lebih banyak

Jika balita masih mengenakan popok, sebaiknya memang mempersiapkan cadangan popok lebih banyak karena perubahan tekanan udara dapat mempengaruhi ataupun mengakibatkan gangguan pada perut anak.

 

6. Tiba 1-2 jam sebelum boarding

Berikan jeda waktu yang cukup lama sebelum flight kamu boarding supaya kamu bisa memenuhi kebutuhan si kecil. Jika mereka masih memakai popok, kamu bisa mengganti dulu popok mereka di bandara. Kamu juga bisa mengantisipasi banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan berbagai barang saat pemeriksaan.

 

7. Bawa selimut, mainan, ataupun buku bacaan bayi

Suhu udara di dalam pesawat bisa terasa sangat dingin untuk anak-anak. Jadi, pastikan kamu membawa selimut supaya si kecil tetap hangat. Jangan lupa juga untuk membawa buku bacaan penuh gambar sehingga perhatian anak kamu terfokus ke sana. Untuk balita yang sudah mulai aktif, bisa dibawakan buku mewarnai agar ia tetap sibuk dan perhatiannya teralihkan.

 

8. Satukan dokumen-dokumen penting dalam satu tempat

Sebelum berangkat liburan, ada baiknya kamu membuat beberapa copy dokumen-dokumen penting seperti passport, kartu kredit maupun kartu identitas lain. Simpan satu set copy itu di rumah dan bawa set lainnya bersama dokumen asli. Jadi, jika dokumen kamu hilang di perjalanan karena kamu sedang sibuk mengurus anak, kamu masih memiliki salinannya.

 

(Visited 598 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top