Destinasi

Tenang, sejuk dan nyaman di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin menghabiskan waktu dengan suasana tenang, nyaman dan sejuk. Bagaimana tidak? Lokasinya yang berada di ketinggian 1.275 mdpl membuat hawa dingin begitu khas di tempat ini. Biar infonya lebih lengkap, kali ini Pegipegi mau ajak travelers untuk tamasya ke Kebun Raya Cibodas Puncak.

Kebun Raya Cibodas

foto: bogor.net

 

Lokasi dan cara menuju Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, atau tepatnya di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango. Karena lokasinya berada di bawah area pegunungan, topografi yang paling khas dari kebun raya ini adalah berbukit-bukit dan bergelombang.

Travelers bisa mencapai tempat ini dengan mobil atau motor. Dari Cipanas, rutenya : Cipanas – Simpang Tiga Paragrejen (5 km). Sedangkan bila menggunakan angkutan umum dari Bandung, Bogor dan Jakarta, rutenya adalah : naik bus atau angkutan umum – turun di Pertigaan Cibodas – naik angkutan umum Cipanas – Rarahan – Balai Taman Nasional Gede-Pangrango – jalan kaki ke kebun raya. Harga tiket masuknya adalah Rp9.500* per orang dengan Rp5.000* untuk parkir motor dan Rp16.000* untuk parkir mobil.

 

Eksplorasi Kebun Raya Cibodas

Datang ke Taman Wisata Cibodas berarti harus mengalokasikan waktu lebih banyak karena kamu tidak bisa terburu-buru di sini. Tidak hanya itu, kondisi tanah yang berbukit-bukit juga menuntutmu memiliki fisik prima. Oh ya, sebenarnya kalau membawa motor atau mobil, saat hari kerja kendaraanmu bisa digunakan untuk berkeliling. Jadi travelers tidak perlu bersusah payah berjalan kaki mengelilingi Kebun Raya Cibodas yang luasnya hampir 85 hektar.

 

Kebun  Raya Cibodas Jabar

foto: ppgctour.com

Kecantikan kebun raya bisa dilihat dari banyaknya koleksi pepohonan yang ditata rapi dengan warna-warnyanya yang cantik. Menurut catatan, terdapat sekitar 5.831 contoh tanaman dari hampir 1.206 spesies yang hidup dengan baik di sini. Jadi buat kamu yang memang lagi mencari tempat yang sejuk, rindang, tenang, dan alami, Kebun Raya Cibodas bisa dijadikan pilihan.

Berkunjung bersama keluarga sangatlah tepat karena Kebun Raya Cibodas memiliki banyak spot yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Anak-anak bisa bermain di taman yang terlihat begitu cantik, atau bahkan menyegarkan diri di air terjun yang letaknya ada di dalam kebun raya. Kalau berani, kamu bisa bermain-main dengan air.

Tapi jangan kaget ya saat tahu airnya dingin banget. Apalagi kalau habis turun hujan. Tapi kalau hanya ingin menikmatinya dari jauh, kamu bisa duduk-duduk di sekitar air terjun sambil menikmati indahnya suasana alami serta mendengarkan irama yang bergemericik dari air terjun. Benar-benar menenangkan jiwa lho travelers.

Sebagai kebun botani yang lebih fokus pada tanaman dataran tinggi basah tropika seperti paku-pakuaan pegunungan, runjung, dan tusam, Kebun Raya Cibodas pun sering dijadikan sebagai tempat penelitian. Koleksi yang harus kamu intip tentu saja Taman Lumut Cibodas yang punya koleksi hampir 216 jenis lumut hati dan lumut yang hidup dengan baik di atas tanah seluas 1200 m2. Taman ini pun dinobatkan sebagai taman lumut satu-satunya di dunia yang letaknya di luar. Hebat kan travelers?

 

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas

Travelers, di Taman Wisata Cibodas juga terdapat lapangan rumput yang cukup luas sehingga cocok sekali digunakan untuk acara kumpul-kumpul keluarga atau kantor. Fasilitasnya juga lengkap, seperti tempat parkir yang luas, toilet, mushola, pendopo, tempat bermain anak-anak, shelter, teater alam, serta tempat kemping seluas 3 hektar yang dapat menampung hampir 200 tenda. Wah, banyak sekali ya travelers?

Dan kalau lagi beruntung, travelers juga bisa ketemu dengan artis-artis ibukota. Kok bisa ya? Ternyata oh ternyata, Kebun Raya Cibodas ini sering dijadikan lokasi film dokumentasi, film pendidikan, shooting iklan, sinetron, video klip, serta pemotretan komersil dan nonkomersil.

Bagaimana, travelers tertarik jalan-jalan ke Kebun Raya Cibodas, yuk pesen hotel dulu di Pegipegi.com. Selamat berlibur.

 

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

(Visited 10,501 times, 1 visits today)

Comments

To Top