Rekomendasi

Temukan Nuansa Jadul dan Cerita Sejarah di Hotel-hotel Ini

majapahit surabaya

Apa sih asyiknya menginap di hotel kuno? Bukannya bangunan kuno itu biasanya jadi sarang para hantu dan arwah penasaran? Wah, jangan salah, travelers. Justru hotel yang dibangun di masa lalu dan masih beroperasi sampai sekarang memiliki kelebihan dalam hal arsitektur dan nilai sejarah. Bahkan kamu bukan hanya sekedar tidur atau santai-santai aja. Beberapa hotel kuno di Indonesia memiliki atmosfer suasana yang berbeda dengan hotel modern. Bisa jadi suasana hati kamu akan meleleh dan kamu pun akan menemukan sebuah inspirasi saat menginap di hotel-hotel ini. Hotel apa aja ya?

1. Hotel Candi Baru, Semarang

hotel candi baru
Hotel yang dulunya bernama Hotel Bellevue ini didirikan tahun 1919 oleh Van Demen Wars di masa pendudukan Belanda. Kurang jelas apa yang menimpa sang pemilik saat masa pendudukan berakhir, karena sebuah catatan yang tersimpan di hotel mengatakan bahwa hotel ini kemudian menjadi milik seseorang berkewarganegaraan Tionghoa. Oleh sang pemilik Hotel Bellevue dijual pada perusahaan rokok Gentong Gotri di tahun 1971 dan namanya diubah menjadi Hotel Candi Baru.

Gaya arsitektur Rococo dan ornamen ukiran yang menghiasi hotel ini tetap dipertahankan hingga sekarang. Dan hal inilah yang menjadikan hotel ini terkenal di kalangan wisatawan mancanegara, terutama wisatawan Belanda yang sempat melewatkan masa kecil mereka di Indonesia. Hotel yang terletak di Jalan Rinjani 21 ini tarifnya cukup terjangkau kok, sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu per malamnya. Selain dapat menikmati pemandangan dari atas Kota Semarang, para tamu juga bisa mengunjungi tempat nongkrong seperti Balck Canyon Café dan Rinjani View Resto & Karaoke yang nggak jauh dari hotel ini. Hotel Candi Baru juga dilengkapi sebuah pub yang bernama On On Pub, sebuah pub yang yang cukup terkenal di Semarang.

Tertarik merasakan langsung suasana masa lalu di Hotel Candi Baru? Kamu bisa langsung kunjungi website Pegipegi untuk melakukan reservasi.

 

2. Hotel Majapahit, Surabaya

majapahit surabaya
Kamu pasti pernah baca kan tentang sejarah ditetapkannya tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan, travelers? Ya, benar. Pada tanggal yang sama di tahun 1945 para pejuang di Surabaya menyerbu Hotel Oranje yang menjadi markas tentara pendudukan Belanda. Mereka menurunkan bendera Belanda yang berwarna merah putih biru, merobek bagian birunya, dan mengibarkannya kembali menjadi Sang Saka Merah Putih, bendera Tanah Air kita.

Kini Hotel Oranje telah berubah menjadi sebuah hotel mewah berbintang lima dengan nama Hotel Majapahit. Hotel ini diakuisisi oleh PT Sekman Wisata sejak tahun 2006 dengan 143 kamar di dalamnya. Ada sebuah taman lanskap yang sejuk di bagian dalam, kolam renang, spa, lapangan tenis, gym dan akses WiFi gratis. Semua kemewahan ini bisa kamu nikmati dengan menyewa kamar seharga Rp 1,1 juta – Rp 4,8 juta per malam. Mahal? Maklumlah, Hotel Majapahit terletak di Jalan Tunjungan 65 yang merupakan jantung kota Surabaya. Kamu cukup berjalan kaki selama 12 menit kalo mau mengunjungi Monumen Kapal Selam Surabaya dan beberapa restoran serta kafe di sekitarnya.

Supaya gak penasaran, langsung aja yuk rasakan sendiri pengalaman menginap di Hotel Majapahit yang indah ini. Kamu bisa melakukan pemesanannya di sini ya!

 

3. Hotel Salak, Bogor

hotel_salak
Binnenhof adalah nama asli Hotel Salak ketika pertama kali didirikan tahun 1856. Hotel ini awalnya menjadi milik salah satu keluarga Gubernur Hindia Belanda yang sedang menjabat saat itu. Hotel Binnenhof beralih fungsi menjadi markas Kempetai di era pendudukan Jepang dan diserahkan oleh pemiliknya kepada pemerintah RI di tahun 1948. Sejak saat itu nama Binnenhoff diubah menjadi Hotel Salak dan menjadi saksi sejarah beberapa peristiwa penting. Di antaranya adalah Pertemuan Persiapan Konferensi Asia Afrika di tahun 1955 dan Konferensi APEC di tahun 1994.

Hotel yang memiliki 120 kamar ini terletak di dataran tinggi, nggak jauh dari Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Dengan masih mempertahankan desain klasik Eropa, Hotel Salak menawarkan aneka fasilitas, seperti kamar lengkap dengan kulkas, televisi, WiFi dan pendingin udara. Ada juga kolam renang dan Raffles Fitness Centre buat kamu yang ingin tetap bugar selama liburan. Sering lapar di tengah malam? Tenang aja, travelers. Kanari Café siap melayani pesanan kamu selama 24 jam nonstop. Cukup dengan memesan salah satu kamar yang bertarif Rp 700 ribu sampai Rp 1,2 juta per malam kamu sudah bisa menikmati suasana klasik tak terlupakan di Hotel Salak.

Keren banget ya, travelers? Untuk reservasi Hotel Salak, kamu bisa kunjungi situs Pegipegi dan dapatkan harga terbaik dari kita!

4. Roemahkoe Heritage Hotel, Solo

rumahkoe heritage solo
Tjokrosoemarto adalah satu pedagang batik yang berjaya di tahun 1900-an, putra asli dari Kampung Laweyan, Solo. Bayangkan aja, travelers, pada jaman itu beliau bisa mengekspor 50 gerbong kain batik ke luar negeri lewat Pelabuhan Semarang dan Cirebon. Sebagian dari hasil usaha disumbangkan Tjokrosoemarto secara sukarela demi perjuangan merebut kemerdekaan RI. Beliau juga mengumpulkan sumbangan dari para pedagang batik Laweyan lain dan diberikan pada Bung Karno saat sang legenda berkunjung ke rumah Tjokrosoemarto di Jalan Dr. Rajiman 501, Solo.

Kini keturunan dari Tjokrosoemarto mengubah rumah itu menjadi sebuah hotel klasik yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Siapa sih yang nggak kagum pada keagungan rumah bergaya Eropa, tapi juga kental dengan unsur-unsur tradisional Jawa di dalamnya? Dengan memesan kamar bertarif Rp 530 ribu-Rp 800 ribu per malam kamu sudah bisa menikmati fasilitas kamar yang nyaman, lengkap dengan kamar mandi dalam dan akses internet gratis. Trus TV-nya mana? Wah, belum pernah dengar gerakan ‘matikan TV-mu’ ya .. Kenapa nggak nyoba mengganti aktifitas menonton TV dengan sesuatu yang beda, travelers? Di Roemahkoe Heritage Hotel kamu bisa mencoba permainan congklak, atau nonton pertunjukan musik gamelan yang diadakan tiap malam Minggu. Atau bisa juga lho membaca di perpustakaan Roemahkoe Heritage Hotel yang punya banyak sekali koleksi buku-buku kuno yang masih terawat baik.

Tunggu apa lagi? Segera lakukan pemesanan di Roemahkoe Heritage Hotel lewat Pegipegi untuk mendapat harga terbaik!

 

 

(Visited 604 times, 3 visits today)

Comments

To Top