Kuliner

Tempe Mendoan Slawi, Camilan Gurih Khas Kota Tegal

Kamu termasuk traveler yang suka melintasi jalur Pantura? Jangan lupa berburu kulinernya!

Sejak dulu, Pantura dikenal sebagai jalur favorit para pemudik. Maklum, selain berbatas langsung dengan laut Jawa, Pantura menyajikan banyak sekali spot wisata kuliner, salah satunya tempe mendoan Slawi.

Berasal dari Slawi, Tegal, tempe mendoan yang satu ini berbeda dengan kebanyakan tempe goreng di ibukota, yang mana tekstur kulitnya renyah dan cenderung keras.

Tempe mendoan khas Slawi justru bertekstur lembek dan mudah untuk digigit. Aroma dan cita rasa rempah-rempah sangat kuat, bahkan hingga gigitan terakhir yang menjadikan tempe mendoan Slawi sebagai kuliner wajib di Pantura.

Rahasianya ternyata ada pada adonan tepung terigu. Para penjaja tempe mendoan Slawi hanya menggoreng tempe yang sudah dilumuri terigu setengah matang.

Biar makin nikmat, tempe mendoan Slawi disajikan di atas daun jati. Sehingga meninggalkan aroma menggoda selera yang juga jadi ciri khas dari tempe mendoan Slawi.

Ada Temannya

Tiap penjaja di kota Tegal nggak cuma menjajakan tempe mendoan. Tetapi juga tahu Slawi-nya.

Sajian yang satu ini spesial banget. Tahu goreng ditumpuk dengan topping kanji rempah, menciptakan rasa gurih yang nggak terlupa. Keduanya pun nikmat disajikan dengan maupun tanpa nasi.

Mungkin terdengar nggak bijak untuk mengklaim jika kota Tegal adalah kota asal tempe mendoan. Pasalnya, beberapa kota “Banyumasan” lainnya seperti Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Cilacap hingga Brebes punya model tempe mendoan masing-masing.

A post shared by Just Traveler (@mr.andipermadi) on

Namun, tempe mendoan Slawi mampu membuktikan eksistensi dengan menembus pasar ibukota. Salah satunya hadir kedai Tempe Mendoan dan Tahu Slawi, di kawasan Blok M, Jakarta yang sudah ada sejak 2007 lalu.

Nah, kira-kira tertarik buat bertandang ke Tegal untuk mencicipi tempe mendoan?

Seru kan kalau bisa hunting jajanan Indonesia, salah satunya tempe mendoan Slawi! Yuk, keliling Indonesia dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top