Destinasi

Tempat wisata keren di Kalimantan, ada nggak sih?

Ke Bali, udah bosan. Ke Sumatera, udah pernah. Mau ke Raja Ampat, berat di ongkos. Trus mau jalan-jalan kemana lagi ya liburan mendatang?

Bagaimana kalau ke Kalimantan, travelers? Pulau yang satu ini memang kalah pamor dibandingkan pulau-pulau lainnya di Indonesia di bidang pariwisata akibat pemberitaan media yang lebih tertarik meng-cover industri pertambangan yang marak di wilayah itu. Padahal, Kalimantan bukan hanya melulu tentang batubara, minyak atau gas bumi. Ada sisi lain di pulau ini yang menarik untuk dikunjungi dan dicatat dalam hati.

Ini dia beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Kalimantan:

1. Danau Baruh Bahinu Dalam, Balangan, Kalimantan Selatan

baruh bahinu dalam

Kamu suka memancing, travelers? Danau yang terletak di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan ini merupakan lokasi yang tepat buat mereka penggemar memancing, mengingat danau yang nampak masih alami dan, tentu saja, masih banyak ikannya. Air danau yang tenang menjadikannya sebagai lokasi uji coba bagi para atlet dayung yang hendak berlaga di kompetisi internasional, dan lomba dayung juga sering diselenggarakan disini. Selain itu, kamu juga bisa berkemah atau sekedar menikmati pemandangan danau dari tiga buah jembatan gantung yang melintas di atas danau.

Satu lagi yang khas dari Danau Baruh Bahinu Dalam adalah kehidupan masayarakatnya, travelers. Di wilayah ini kamu akan menjumpai warga pedalaman Balangan, yaitu suku Dayak Hulu Banyu yang masih hidup secara tradisional meski telah dikepung oleh arus modernisasi. Salah satu upacara adat yang secara rutin diadakan oleh suku Dayak Hulu Banyu disebut Upacara Aruh Ganal, yaitu sebuah upacara yang dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Sang Pencipta dan permohonan agar dijauhkan dari segala marabahaya.

2. Taman Bukit Bougenville, Singkawang, Kalimantan Barat

taman bukit bougenville

Saat yang tepat berkunjung ke Singkawang adalah saat penyelenggaraan upacara menyambut Tahun Baru Imlek, atau yang lazim disebut Cap Go Meh. Namun, bukan berarti Singkawang tak menarik untuk dikunjungi di luar Tahun Baru Imlek, travelers.

Kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata asyik yang tersebar di seluruh penjuru kota, salah satunya Taman Bukit Bougenville. Sesuai dengan namanya, taman yang berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Singkawang ini dipenuhi berbagai jenis tanaman bunga dimana bunga Bougenville adalah tanaman bunga yang paling banyak dijumpai. Di sini kamu bisa menikmati udara yang sejuk dan bebas polusi di hutan pohon gaharu yang terdapat di dalam kawasan Taman Bukit Bougenville. Ada berbagai fasilitas seperti kolam renang anak-anak, kafeteria, pondok-pondok untuk berteduh dan musholla yang bisa kamu gunakan saat mengunjungi tempat ini.

3. Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

danau sentarum

Danau yang terletak 700 kilometer di timur laut Kota Pontianak ini merupakan danau unik yang tak bisa kamu jumpai di tempat lain, travelers. Danau Sentarum merupakan gabungan dari sekitar 20 danau besar dan kecil yang terjadi akibat luapan air Sungai Kapuas dan air dari pegunungan di sekitarnya pada musim hujan. Selama 9-10 bulan dalam setahun Danau Sentarum akan dipenuhi dengan air sampai dengan 14 meter, dan akan mengering pada musim kemarau panjang. Kondisi ini menyebabkan Danau Sentarum memiliki aneka flora dan fauna dengan jumlah sekitar 510 spesies tumbuhan dan 141 spesies satwa. 10 spesies tumbuhan diantaranya merupakan spesies baru. Danau Sentarum juga menjadi rumah untuk ikan arwana dan ulang-uli yang harganya selangit.

Namun, sayang sekali aktifitas illegal logging mengancam kelestarian danau yang menggantungkan persediaan air dari hutan yang terdapat di sekitarnya. Nah, ada baiknya kamu segera mengunjungi danau unik ini sebelum benar-benar musnah.

4. Pantai Melawai, Balikpapan, Kalimantan Timur

pantai melawai

Kota Balikpapan memang terkenal sebagai kota minyak dan eksplorasi emas hitam dilakukan untuk pertama kalinya di wilayah ini. Tapi bukan berarti Balikpapan tak punya daya tarik selain minyak, travelers. Pantai yang terletak di sepanjang Jalan Sudirman Balikpapan ini mirip banget dengan Tanah Lot. Selain bisa duduk-duduk di tempat yang disediakan, kamu juga bisa mendatangi Pulau Tukung yang letaknya tak jauh dari pantai cukup dengan berjalan kaki saja di saat air laut sedang surut. Selanjutnya kamu bisa menikmati pemandangan cantik matahari terbenam hingga matahari benar-benar menghilang. Fenomena matahari terbenam ini bisa dibilang unik karena secara geografis Balikpapan menghadap ke timur, dan secara logika nggak mungkin bisa melihat matahari terbenam di kota ini.

Di malam hari suasana pantai makin ramai dengan adanya pusat kuliner yang ditata menarik dan banyaknya remaja yang berkumpul membuat tempat ini tak kalah dengan tempat nongkrong anak muda di kota besar. Beberapa fasilitas hiburan yang disediakan diantaranya adalah layar lebar untuk menonton siaran langsung sepak bola maupun film-film terlaris. Paduan panorama keren berupa tebaran lampu-lampu kapal dan lampu-lampu kota di kejauhan serta makanan yang lezat menggugah selera dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama disini.

Nah, tunggu apa lagi, travelers? Segera kunjungi dan pesan tiket ke Kalimantan melalui Pegipegi sekarang juga!

 

(Visited 717 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top