Rekomendasi

Tempat-tempat keren untuk hunting foto satwa liar di Indonesia

Taman Nasional Tanjung Puting

Travelers, kamu suka berpetualang dan fotografi? Hmm, mencari objek yang eksotis dan spektakuler pasti jadi buruan utama kalau lagi liburan ya. Nah kalau sekarang kamu lagi mau hunting fauna liar di alam terbuka, ada beberapa tempat di Indonesia yang bisa kamu tuju. Tahu sendiri ‘kan kalau Indonesia jadi tempat habitat paling klop buat satwa liar karena memiliki banyak hutan, savanah, sungai, danau, serta iklim yang kondusif. So kali ini, Pegipegi mau kasih rekomendasi tentang tempat untuk memotret satwa liar yang tersebar di Indonesia.

 

  1. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Dekat dengan Jakarta, Taman Nasional Ujung Kulon bisa dijadikan tempat untuk mendapatkan foto satwa liar terbaik. Bisa dibilang kalau badak bercula satu jadi primadona dan populer di sini. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa mendapatkan foto hewan lain seperti babi hutan, monyet, biawak, burung elang, rusa, badak Jawa, anjing hutan, kijang, berang-berang, trenggiling, macan tutul, banteng, lutung, dan masih banyak lagi hewan endermik lain. Dan karena mendapatkan predikat sebagai Situs Warisan Alam Dunia dari UNESCO pada tahun 1991, nggak mengherankan kalau Taman Nasional Ujung Kulon menjadi tempat untuk hunting foto satwa liar.

 

  1. Padang Savana Sumba, NTB

Sumbawa adalah tempat berburu foto satwa liar cukup populer yang ada di Indonesia bagian timur. Dan yang paling khas dari satwa liar di Sumbawa tentu saja kuda liar. Alam yang mendukung dengan hamparan savana begitu luas menjadi tempat sempurna bagi kuda liar untuk mencari makan dan ‘bercengerama’. Sedangkan kalau pengin mencari spot berburu foto liar, travelers bisa langsung menuju ke Kabupaten Dompu. Di sana ada banyak sekumpulan kuda liar yang sudah menjadikan savana sebagai tempat tinggal. Jumlahnya banyak lho. Kamu hanya perlu mencari spot yang tepat untuk mendapatkan potret sempurna kawanan kuda liar yang sedang makan rumput di Sumbawa dengan latar savanah.

 

  1. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

 

Taman Nasional Baluran

foto: describeindonesia.com

Tempat lain di Indonesia yang bisa kamu datangi untuk berburu foto fauna liar tidak lain adalah Taman Nasional Baluran yang letaknya ada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Landscape-nya asyik banget lho, mirip banget sama Afrika. Target foto satwa liar yang bisa kamu bidik juga sangat variatif, mulai dari macan tutul, kucing bakau, rusa liar, kerbau, kijang, elang, banteng, merak hijau, dan masih banyak lagi spesies satwa yang bisa kamu ambil fotonya. Dengan latar pegunungan, hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa, hutan pegunungan bawah, rerumputan tinggi, dan tanah lapang, kamu bisa mendapatkan incaran sempurna untuk kameramu.

 

  1. Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur
Alas Purwo 2

foto: sihujantanpapetir.wordpress.com

Jawa Timur juga punya tempat selain Taman Nasional Baluran yang bisa kamu tuju untuk hunting foto-foto fauna liar. Tempat itu tidak lain adalah Taman Nasional Alas Purwo. Memang sih tempat ini terkenal banget dengan kesan angker tapi buat kamu yang hobi fotografi terutama tentang binatang liar, Alas Purwo wajib kamu datangi. Binatang yang menjadi penghuni taman nasional ini juga cukup beragam, mulai dari rusa, banteng, ayam hutan, kerbau, babi hutan, kijang, macan tutul, kera abu-abu, biawak, lutung, merak, serta aneka spesies burung lain. Dengan topografi tanah yang bergelombang dan datar, kamu bisa dengan mudah mendapatkan foto-foto eksotis satwa penghuni Taman Nasional Alas Purwo.

 

  1. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah
Taman Nasional Tanjung Puting

foto: stevebloom.com

Pemeran utama dari satwa liar yang ada di Taman Nasional Tanjung Puting tentu saja orangutan. Binatang yang dilindungi oleh Undang-undang ini bisa jadi foto lucu dan menggemaskan karena spesies berlengan panjang ini cukup gesit saat memanjat pohon dan bergelantungan dari satu dahan ke dahan yang lain. Orangutan yang hidup dengan baik di Taman Nasional Tanjung Puting juga sudah familiar dengan manusia sehingga kamu bisa dengan mudah mengajaknya bercengkerama. Tapi, harus tetap hati-hati ya saat mengambil gambar karena insting binatang tidak dapat ditebak. Ekosistem yang mendukung perkembangbiakan satwa liar, berupa dataran rendah, hutan tropika, hutan rawa gambut, hutan pantai, hutan bakau, hutan tanah kering, dan hutan rawa tawar juga cocok sekali untuk habitat satwa selain orangutan, seperti bekantan, beruang madu, kijang, rusa, serta berbagai spesies burung langka di dunia.

 

  1. Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatra Utara – Aceh
Taman Nasional Gunung Leuser

foto: wikipedia

Kalau yang ada di Pulau Jawa, NTB, dan Kalimantan masih belum cukup, travelers bisa meluncur ke Pulau Sumatra, tepatnya ke Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Sumatra Utara dan Aceh untuk berburu foto fauna liar. Hewan yang bisa kamu buru dalam bidikan kamera juga sangat variatif, mulai dari orangutan, merak, siamang, beruk, monyet ekor panjang, beruang madu, harimau Sumatra, macan dahan, badak Sumatra, gajah Sumatra, dan masih banyak lagi spesies reptil, amphibi dan ikan di Taman Nasional Gunung Leuser. Ekosistem berupa hutan hujan tropis yang cukup lebat membuatnya menjadi latar sempurna dalam bidikan kamera.

(Visited 1,225 times, 1 visits today)

Comments

To Top