Destinasi

Teluk Hijau, surga tersembunyi di Selatan Banyuwangi

pantai-teluk-hijau-banyuwangi

Travelers, dijamin kamu nggak bakal menyangka kalau Banyuwangi punya surga tersembunyi. Teluk Hijau. Yap, bener banget. Tempatnya yang ‘terpencil’ dan perjuangan berat untuk mencapainya membuat banyak travelers penasaran untuk mengintip kecantikan. Media sosial yang mempromosikan Teluk Hijau Banyuwangi pun membuatnya semakin naik pamor.

pantai-teluk-hijau-banyuwangi

foto : nativeindonesia.com

Cara menuju Teluk Hijau

Teluk Hijau terletak di Desa Rajegwesi, Sarongan, Banyuwangi, Jawa Timur atau ada di sebelah barat Pantai Rajegwesi. Cara praktis untuk bisa sampai ke Teluk Hijau Banyuwangi tentu saja dengan motor karena akses untuk mobil hanya akan menyita waktu perjalanan. Sedangkan alat transportasi umum masih belum ada yang bisa menjangkaunya.

Sebenarnya Teluk Hijau bisa dijangkau dari berbagai arah hingga akhirnya mengikuti rute menuju ke Desa Pesanggaran – Desa Sukamade – Desa Sarongan. Atau arah yang sama menuju ke Pantai Sukamade yang ada di Taman Nasional Merubetiri. Karena sebagian besar akses jalan belum diaspal, kamu wajib pasang mata lebar-lebar kalau nggak mau terjebak dalam lumpur. Apalagi kalau malamnya turun hujan.

Pohon-pohon kakao, kelapa, dan karet terlihat banyak berjejer di kanan kiri jalan karena kawasan menuju ke Teluk Hijau adalah perkebunan milik PTPN XII Sumberjambe. Pengunjung yang datang ke Teluk Hijau akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp7.500* per orang setibanya di pintu masuk Taman Nasional Merubetiri.

Travelers, perjalanan masih belum selesai lho karena Teluk Hijau ada di balik bukit dan untuk langsung menuju ke TKP, kamu masih harus mengambil 2 cara alternatif, pertama dengan naik perahu (1 x jalan Rp25.000* per orang dan Rp35.000* pp) dan altenatif kedua adalah dengan treking, yaitu dengan menyusuri jalan setapak dan anak tangga dari tempat parkir di pinggir pantai. Dengan treking, Teluk Hijau bisa dijangkau sejauh 2 km dengan kondisi jalan berbatu hingga sampai ke puncak. Setelah itu ada tangga yang akan mengantarkanmu hingga  sampai ke Teluk Hijau yang kereeen abis!

Waktunya mengeksplorasi Teluk Hijau

Siapa sih yang nggak akan luluh dan terbuai hatinya saat melihat betapa cantik Teluk Hijau. Biarpun perjalanan yang harus dilalui cukup menguras keringat, tapi pemandangan laut dengan air berwarna hijau toska membuatmu ingin segera mendinginkan kaki dan menghela napas untuk menghirup segarnya angin laut di bagian selatan Banyuwangi.

Teluk sendiri adalah kondisi laut yang menjorok ke darat dan Teluk Hijau mendapatkan namanya karena kondisi tersebut serta warna airnya yang kehijauan oleh alga atau ganggang yang tumbuh subur di sana. Gradasi warnanya yang mencolok bisa terlihat dengan jelas jika dipantau dari ketinggian. Benar-benar terlihat eksotis. Nah kalau kamu hobi renang, nggak usah nunggu lama untuk menceburkan diri ke tengah laut. Tapi jangan jauh-jauh ya karena kamu nggak bisa nebak kapan datangnya ombak.

Setelah puas berenang, travelers bisa langsung mengeksplorasi kawasan di sekitar Teluk Hijau. Yang paling khas dan Teluk Hijau banget tentu saja bebatuan berukuran cukup besar yang terlihat berserakan serta pasir putihnya yang terasa begitu lembut. Kalau ombak lagi keras, riak-riaknya yang berwarna putih bisa naik cukup tinggi sehingga kalau terjepret kamera nampak begitu manis.

Oh ya, di Teluk Hijau juga ada air terjun lho. Tingginya mencapai 8 meter-an dan lokasinya cukup tersembunyi, dekat dengan bebatuan di sebelah barat. Tempat ini lebih sering dimanfaatkan oleh travelers sehabis berenang untuk bersih-bersih diri. Kalau sudah puas, kamu bisa beristirahat sejenak sambil selonjoran sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

Travelers, main-main dengan air sudah, mengintip air terjun di Teluk Hijau sudah, memori kamera juga sudah penuh dengan foto-foto Teluk Hijau. Nah, membayangkan untuk treking lagi untuk bisa balik ke rumah pasti cukup menegangkan ya? Eit, jangan khawatir. Pulangnya kamu bisa naik perahu kok dan tiap kapal bisa ditumpangi sekitar 4 penumpang hingga sampai ke tempat parkir.  Praktis ‘kan? Happy holiday!

(Visited 205 times, 1 visits today)

Comments

To Top