Kuliner

Teh Hitam atau Teh Hijau, Mana Lebih Sehat?

Minuman teh sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu minuman yang menyehatkan. Kini, ada dua jenis teh yang paling populer di kalangan masyarakat yakni teh hitam dan teh hijau. Keduanya berasal dari tanaman yang sama, camellia sinensis.

Walaupun begitu, teh hitam dan teh hijau diproses dengan cara yang berbeda. Sehingga masing-masing teh juga memiliki khasiat yang berbeda. Jadi, mana yang lebih sehat ya?

TEH HITAM SI PENAMBAH STAMINA

Foto: Pixabay

Teh hitam diproses melalui cara pengeringan dan fermentasi. Cara inilah yang menyebabkan warna daun teh dan hasil seduhannya menjadi kehitaman. Proses ini juga menjadikan teh hitam memiliki antioksidan yang lebih sedikit dibanding teh hijau. Tapi kandungan kafein pada teh hitam lebih tinggi, yakni sekitar 40-70 mg per cangkir. Jadi, teh hitam cocok untuk diminum di pagi hari sebelum jalan-jalan atau beraktivitas agar kamu lebih bersemangat.

Proses pembuatan teh hitam juga menambah kandungan zat theaflavins dan thearubiger. Zat-zat ini berguna sebagai antibodi pada sistem pencernaan. Ternyata kandungan baik di teh hitam ini juga bisa membantu kamu untuk lebih fokus dan melancarkan peredaran darah menuju otak.

TEH HIJAU KAYA AKAN ANTIOKSIDAN

Foto: Pixabay

Diproses tanpa melalui proses pengeringan, teh hijau menjadi kaya akan antioksidan. Senyawa ini bermanfaat sebagai pencegah risiko penyakit berat seperti jantung, kanker, Parkinson, dan Alzheimer. Selain kaya akan antioksidan, teh hijau juga mengandung polyphenols yang bisa membantu program diet kamu. Cocok nih, buat kamu yang suka bermasalah soal berat badan setelah liburan.

Mengonsumsi teh hijau juga dipercaya dapat menenangkan pikiran. Jadi, kamu bisa meminum teh hijau di sore hari atau setelah meditasi. Kalau kamu minum teh hijau yang organik, akan ada efek detoksifikasi yang membuat kulit kamu lebih bercahaya, membuat tubuh jadi punya metabolisme tinggi, dan imun yang lebih kuat.

SAMA-SAMA PUNYA MANFAAT

Kesimpulannya, teh hitam maupun teh hijau sama-sama memiliki manfaat buat tubuh kamu. Selain itu, ternyata teh juga bisa membersihkan gigi berkat kandungan fluoride alaminya, lho. Kamu tinggal pilih teh sesuai dengan selera dan apa tujuan kamu meminum teh.

Saat pergi liburan, kamu bisa langsung beli teh hitam atau teh hijau yang mudah ditemukan di mana saja. Yuk, atur liburan kamu sekarang dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Wikimedia

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top