Berita

Tega Siksa Satwa Dilindungi? Siap-Siap Masuk Penjara 5 Tahun

Kasus pencekokan minuman beralkohol terhadap satwa di Taman Safari Indonesia, beberapa waktu cukup bikin prihatin. Satwa liar yang dilindungi secara tega disakiti oleh orang yang nggak bertanggung jawab.

Akibat peristiwa tersebut, dua anak muda harus berurusan dengan pihak yang berwajib. Nggak cuma itu, hujatan demi hujatan harus diterima keduanya dari publik yang marah.

Konsekuensi atas perbuatan kriminal tersebut nggak cuma berupa hukuman moral. Pemerintah Indonesia melalui Undang Undang Negara sudah mengatur jerat hukum bagi para penganiaya binatang lho.

Nggak percaya? Coba deh cek Pasal 21 ayat (2) UU 5/1990  yang berbunyi:

Setiap orang dilarang untuk:

a. Menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup;

b. Menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan mati;

c. Mengeluarkan satwa yang dilindungi dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia;

d. Memperniagakan, menyimpan atau memiliki kulit, tubuh atau bagian-bagian lain satwa yang dilindungi atau barang-barang yang dibuat dari bagian-bagian satwa tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia;

e. Mengambil, merusak, memusnahkan, memperniagakan, menyimpan atau memiliki telur dan/atau sarang satwa yang dilindungi.

Tindakan hukum yang berlaku jika kelima poin dalam undang-undang tersebut dilanggar lumayan berat, lho. Semuanya merujuk ke Pasal 40 ayat (2) UU 5/1990.

Dalam undang-undang tersebut, ada hukuman kurungan maksimal 5 tahun serta denda maksimal Rp 100 juta buat mereka yang nekat menyakiti hewan yang dilindungi.

Kalau kamu melihat seseorang yang melakukan hal tersebut, silahkan diperingatkan.

Nah, untuk kamu yang ingin liburan ke Taman Safari Cisarua, Bogor, lebih berhati-hati saat memperlakukan binatang di sana, ya! Terutama saat memberinya makanan. Agar liburanmu lebih maksimal di sana, jangan lupa cari hotel murah di Bogor lewat Pegipegi! Selamat liburan!

cari hotel murah di bogor

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 84 times, 1 visits today)

Comments

To Top