User Review

Tebing Keraton, obyek wisata Bandung yang ‘Instagrammable’

Tebing Keraton Wisata Bandung

Wisata Bandung ternyata bukan hanya melulu shopping dan Kawah Putih ataupun villa villa Lembang, travelers. Bandung memang tersohor sebagai pusat shopping, namun dijamin deh, tempat wisata yang bernama ‘Tebing Keraton’ ini pasti kamu bakal makin jatuh cinta dan kepengen tinggal lama-lama di kota yang mendapat julukan Kota Kembang ini.

Tebing Keraton

foto: www.landscapes.org

Mungkin baru beberapa dari kamu aja yang pernah mendengar nama Tebing Keraton dan nggak percaya kalo Bandung pun punya tempat wisata di areal pegunungan seindah Bukittinggi atau Malang. Wajar sih, karena Tebing Karaton baru ‘ditemukan’ di bulan Mei 2014 oleh penduduk setempat yang bernama Pak Asep.

Solusi buat kamu yang bosan melihat hutan beton

Kisahnya, suatu hari Pak Asep iseng-iseng trekking ke suatu bagian tebing yang masih masuk wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda, dan takjublah beliau memandangi hamparan hutan yang meliuk-liuk di punggung perbukitan. Kabut yang turun menutupi sebagian hutan, kadang bersembunyi di sela-selanya. Pokoknya, hanya ada warna hijau sejauh mata memandang.

Kalo kamu merasa bosan ngeliat hutan beton di kotamu, pergilah ke sini dan biarkan keindahan panorama Tebing Karaton mengusir stressmu jauh-jauh. Pengen nonton atau selfie-selfian dengan panorama sunset dan sunrise? Datanglah ke sini menjelang pagi atau sore, travelers. Tapi jangan lupa bekali dirimu dengan pakaian hangat seperti jaket, syal dan sarung tangan karena hawa di ketinggian 1200 mdpl Tebing Karaton ini sedikit menusuk tulang, apalagi buat kamu yang nggak biasa tinggal di tempat berhawa dingin.

tebing keraton

rezaaprilda.wordpress.com

Cara menuju Tebing Keraton Bandung
Bagaimana mengunjungi tempat wisata di Bandung ini? Sebenarnya gampang aja sih, travelers. Karena kamu (apalagi yang warga Bandung dan sekitarnya) cuma perlu berkendara ke arah Dago Pakar, trus ke Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda. Dari pintu gerbang belok kanan dan di sini kamu bakal disambut sebuah perkampungan kecil yang bernama Kampung Ciharegem Puncak. Di sinilah kamu akan tau kenapa harus memilih jenis kendaraan yang cocok atau paling tidak tubuh kamu benar-benar fit sebelum jalan ke sini.

Jalan yang menanjak, curam, licin di musim hujan dan pastinya berdebu di musim kemarau adalah tantangan kecil yang harus kamu taklukkan sebelum mencapai Tebing Karaton. Apalagi fasilitas pengamanan di sini, menurut rekan Pegipegi, belum maksimal dan bisa mengancam nyawa karena jalan setapak berdampingan dengan jurang yang ‘lumayan’ dalam.
Panorama Tebing Karaton yang luar biasa ini mungkin akan bikin kamu malas pulang. Jika ada kekurangan dari tempat eksotis ini, Pegipegi rasa itu adalah tiket masuk yang sedikit mahal, fasilitas pengaman yang memaksa pengunjung harus hati-hati melangkah dan kamu yang fobia ketinggian mungkin mikir berpuluh kali buat menyambangi Tebing Karaton. Namun, sekali kamu merasakan keasyikan menikmati panorama hijaunya hutan dari ketinggian, dengan terpaan angin dingin yang menyegarkan, pasti akan membuatmu ketagihan!

Setelah mengunjungi Tebing Karaton untuk melihat indahnya panorama sunset, tak ada salahnya ‘turun’ dan meneruskan petualangan selanjutnya, travelers. Baik melanjutkan dengan berwisata kuliner menikmati minuman – minuman hangat di pusat kuliner Bandung, maupun melanjutkan shopping keesokan harinya di pusat distro di Jl. Riau. Tak perlu khawatir, ada banyak hotel murah di Bandung yang dapat kamu jadikan alternatif pilihan menginap yang nyaman tanpa menguras kantongmu.

So, next time berlibur ke Kota Bandung, jangan lupa masukkan Tebing Keraton sebagai salah satu daftar kunjung wajibmu ya!

(Visited 4,553 times, 1 visits today)

Comments

To Top