Event & Festival

Tari Saman Pecahkan Rekor Dunia Jadi Kado Kemerdekaan Indonesia

Indonesia kembali membuat sejarah. Sekitar puluhan ribu pria berhasil memecahakan rekor tarian kolosal dengan penari terbanyak di dunia’ di Gayo Lues, Aceh Tenggara, Minggu (13/8) lalu.

Sekitar 12.262 pria yang datang dari empat kabupaten, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Aceh Timur berkumpul di Stadion Seribu Bukit untuk melakukan Tari Saman. Tampak luwes, Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan momen tersebut ke dalam buku rekornya.

Foto: atjeh

Yang menarik, jika awal pengumuman hanya akan diikuti 10.001 orang, saat hari H, jumlahnya bertambah sekitar 2.261 orng. Tari Saman dari Seribu Bukit memecahkan rekor sebelumnya yang hanya diikuti oleh 5,057 penari.

Pemecahan rekor ini sekaligus merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 pada 17 Agustus mendatang. Semua persiapan hingga pelaksanaan diinisiasi langsung oleh Pemerintah Daerah Gayo.

Warisan Budaya Dunia

Sejak ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada 2011 lalu, Tari Saman menjadi senjata promosi Indonesia. Bahkan, tari tradisional asal Aceh ini sering tampil di pentas kebudayaan tingkat dunia.

Adalah sosok pria asal Australia, Gaura Mancacarita yang membantu Saman Gayo dikenal oleh duna. Berkat hasil penelitiannya, Saman masuk ke dalam daftar warisan budaya dan menjadi kiblat budaya persatuan dunia hingga saat ini.

Dianggap sebagai tari pemersatu, tiap penari Saman memiliki kekerabatan khusus dengan penari lainnya yang dikenal dengan Sirinen Gayo. Ikatan batin tersebut dapat disaksikan langsung saat pentas dilaksanakan. Di mana, gerakan demi gerakan dari Tari Saman terlihat sangat presisi. Wah, salut deh!

Anyway, yang penasaran mau lihat keseruan pemecahan rekor tersebut, bisa cek video di bawah ini.

Mau wisata Tari Saman di Aceh? Sekalian liburan, deh! Jangan lupa pesan tiket pesawat murah dan cari hotel murah Aceh  lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Aceh cari hotel murah lain di Aceh

(Visited 297 times, 1 visits today)

Comments

To Top